Lukisan Paling Terkenal di Dunia

10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia

Berikut 10 daftar lukisan paling terkenal di dunia. Karena “terkenal” adalah istilah subjektif, PINTERpandai.com beralih ke Google untuk melihat lukisan mana yang menduduki puncak hasil penelusuran di seluruh dunia selama lima tahun terakhir.

10 lukisan paling terkenal sepanjang masa! Setiap tahun jutaan Dollar dihabiskan oleh kolektor seni yang ingin memiliki lukisan paling dicari di dunia.

Baca juga: Lukisan Termahal di Dunia

Namun, lukisan termahal belum tentu merupakan lukisan paling terkenal. Yang paling terkenal dari semua ini umumnya berada di tangan museum, yang sangat jarang dijual, dan karena itu secara harfiah tak ternilai harganya. Di sini kami memberikan 10 lukisan paling terkenal di dunia.

1. Monalisa

Artis: Leonardo da Vinci
Perkiraan tanggal: 1503 hingga 1519
Tempat melihatnya: Museum Louvre (Paris)

Tidak mengherankan jika lukisan paling terkenal di dunia adalah wanita misterius dengan senyum penuh teka-teki. Tapi itulah salah satu dari sedikit kepastian tentang karya seni ini.

Wanita dalam lukisan itu diduga Lisa Gherardini, istri pedagang Florence Francesco del Giocondo, tetapi para ahli tidak yakin. Itu memang mewakili inovasi dalam seni – lukisan itu adalah potret Italia paling awal yang diketahui fokus begitu dekat pada pengasuh dalam potret setengah panjang, menurut Louvre, tempat lukisan itu pertama kali dipasang pada 1804.

Monalisa lukisan paling terkenal di dunia

Monalisa lukisan paling terkenal di dunia. Sumber foto: Wikimedia Commons

Tahukah kamu? Sebelum abad ke-20, sejarawan mengatakan “Mona Lisa” sedikit dikenal di luar lingkungan seni. Tetapi pada tahun 1911, seorang mantan karyawan Louvre mencuri potret itu dan menyembunyikannya selama dua tahun. Pencurian itu membantu memperkuat tempat lukisan itu dalam budaya populer sejak itu dan membuat jutaan orang terpapar pada seni Renaisans.

2. Perjamuan Terakhir (The Last Supper)

Artis: Leonardo da Vinci
Perkiraan tanggal: 1495 sampai 1498
Tempat melihatnya: Santa Maria delle Grazie (Milan, Italia)

Last Supper by Leonardo da Vinci

Leonardo, “Manusia Renaisans” yang asli, adalah satu-satunya artis yang muncul di daftar ini dua kali.
Dilukis di era di mana citra religius masih menjadi tema artistik yang dominan, “The Last Supper” menggambarkan terakhir kali Yesus memecahkan roti bersama murid-muridnya sebelum penyalibannya.
Lukisan itu sebenarnya adalah sebuah lukisan dinding besar – tinggi 4,6 meter (15 kaki) dan lebar 8,8 meter (28,9 kaki), yang membuat pemandangannya tak terlupakan.

Perjamuan Terakhir (The Last Supper)

Perjamuan Terakhir (The Last Supper) dari Leonardo Da Vinci. Sumber foto: Wikimedia Commons

Tahukah kamu? Lukisan itu selamat dari dua ancaman masa perang – pasukan Napoleon menggunakan dinding ruang makan tempat lukisan itu dilukis sebagai latihan sasaran. Itu juga terkena udara selama beberapa tahun ketika pemboman selama Perang Dunia II menghancurkan atap biara Santa Maria delle Grazie Dominika di Milan.

3. The Starry Night (Malam Berbintang)

Artis: Vincent Van Gogh
Tanggal: 1889
Tempat melihatnya: Museum of Modern Art (New York City)

Lukisan yang relatif abstrak adalah contoh tanda tangan dari penggunaan sapuan kuas tebal yang inovatif dan berani dari van Gogh. Warna biru dan kuning lukisan yang mencolok serta atmosfer yang berputar-putar telah membuat penasaran pecinta seni selama beberapa dekade.

The starry night van gogh

The Starry Night – Van Gogh. Sumber foto: Wikimedia Commons

Tahukah kamu? Van Gogh tinggal di rumah sakit jiwa di Saint-Rémy, Prancis, dirawat karena penyakit mental, ketika dia melukis “The Starry Night.” Dia terinspirasi oleh pemandangan dari jendela kamarnya.

4. Jeritan (The Scream)

Artis: Edvard Munch Tanggal: 1893 Tempat melihatnya: Museum Nasional (Oslo, Norwegia – dibuka pada 2020) dan Museum Munch (Oslo – hingga Mei 2020) Hal pertama yang pertama – “The Scream” bukanlah sebuah karya seni.

Menurut blog British Museum, ada dua lukisan, dua pastel, dan kemudian cetakan dalam jumlah yang tidak ditentukan. Lukisan-lukisan itu berada di Museum Nasional dan Museum Munch, dan pada 2012, salah satu pastel terjual hampir $ 120 juta di pelelangan.

Sama seperti kasus “Mona Lisa”, pencurian online (1994 dan 2004) dari dua versi lukisan “The Scream” membantu meningkatkan kesadaran publik tentang karya seni. (Keduanya akhirnya ditemukan).

Lukisan ekspresionis The Scream Edvard Munch

Lukisan ekspresionis The Scream Edvard Munch. Sumber foto: Wikimedia Commons

Tahukah kamu? Sosok androgini yang berada di garis depan lukisan bergaya Art Nouveau ini tidak menghasilkan teriakan melainkan berusaha memblokir jeritan tajam yang datang dari alam. Itu terinspirasi oleh pengalaman nyata yang dialami Munch saat berjalan-jalan saat matahari terbenam di Oslo ketika rona merah yang dramatis membanjiri indranya.

Baca juga 👉 Lukisan Ekspresionis: The Scream Edvard Munch “Jeritan”

5. Guernica

Artis: Pablo Picasso
Tanggal: 1937
Di mana melihatnya: Museo Reina Sofía (Madrid)

Ini adalah lukisan terbaru dalam daftar ini, dan lukisan itu menggambarkan pengeboman udara Jerman di kota Guernica di wilayah Basque selama Perang Saudara Spanyol. Lukisan itu memiliki gaya Picasso yang khas, dan pemeriksaannya yang tak kenal lelah terhadap kengerian perang menjadikannya bagian penting dari budaya dan sejarah abad ke-20.

Lukisan terkenal guernica pablo picasso

Lukisan terkenal “Guernica” dari hasil karya Pablo Picasso. Sumber foto: Wikimedia Commons

Tahukah kamu? “Guernica” dipindahkan ke Museum Seni Modern Metropolitan di New York selama Perang Dunia II untuk diamankan. Picasso meminta agar masa tinggal diperpanjang sampai demokrasi kembali ke Spanyol. Akhirnya kembali ke Madrid pada tahun 1981, enam tahun setelah kematian diktator Spanyol lama Jenderal Francisco Franco.

6. Ciuman (The Kiss)

Artis: Gustav Klimt
Perkiraan tanggal: 1907 hingga 1908
Tempat melihatnya: Museum Upper Belvedere (Wina, Austria)

Dengan No. 6, kami beralih dari studi tentang kebencian ke studi tentang cinta dengan “Der Kuss” atau “The Kiss” kesayangan Gustav Klimt. Dari “Periode Emas” Klimt, pengaruh artistik Bizantium dapat dilihat pada jubah yang sangat dekoratif yang dikenakan oleh pasangan seukuran yang penuh gairah.

The Upper Belvedere mengatakan bahwa dengan “Ciuman”, Klimt membuat “pernyataan alegoris umum tentang cinta berada di jantung keberadaan manusia.” Mengingat daya tarik magnetisnya, tampaknya orang setuju.

The Kiss (Der Kuß) The Kiss (Lovers), minyak dan daun emas di atas kanvas, 1907–1908. Österreichische Galerie Belvedere, Vienna, 180 cm × 180 cm. Sumber foto: Wikimedia Commons

Tahukah kamu? Sementara “The Kiss” tidak untuk dijual, karya lain dari Klimt dibeli dan dijual dengan harga yang sangat mahal. Oprah Winfrey melepas karya seni 1907 “Potret Adele Bloch-Bauer II” seharga US$ 150 juta pada tahun 2016 – dengan keuntungan US$ 60 juta.

7. Girl With a Pearl Earring (Gadis Dengan Anting Mutiara)

Artis: Johannes Vermeer
Perkiraan tanggal: 1665
Tempat melihatnya: Mauritshuis (Den Haag, Belanda)

Salah satu lukisan paling terkenal di dunia yang favorit dan menarik ini sering dibandingkan dengan “Mona Lisa”. Selain perbedaan gaya, secara teknis “Girl With a Pearl Earring” bukanlah potret, melainkan “tronie” – kata dalam bahasa Belanda untuk lukisan sosok imajiner dengan fitur yang berlebihan. Karya seni minyak di atas kanvas sangat brilian dalam kesederhanaannya.

Gadis itu – mengenakan turban biru dan emas serta anting mutiara besar – adalah fokus utama dengan hanya latar belakang gelap di belakangnya.

Girl with a Pearl Earring | Lukisan Terkenal oleh Johannes Vermeer

Girl with a Pearl Earring | Lukisan Terkenal oleh Johannes Vermeer. Sumber foto: Wikimedia Commons

Tahukah kamu? Saat keluarga Mauritshuis menjalani renovasi dari 2012 hingga 2014, “Girl With a Pearl Earring” melakukan tur di Amerika Serikat, Italia, dan Jepang. Ini menarik banyak orang, semakin memperkuat statusnya sebagai salah satu karya seni paling terkenal di dunia.

8. The Birth of Venus (Kelahiran Venus)

Artis: Sandro Botticelli
Perkiraan tanggal: 1485
Tempat melihatnya: Le Gallerie Degli Uffizi (Florence, Italia)

Lukisan tertua di 10 besar dan bersaing dengan “The Kiss” untuk yang paling sensual, “The Birth of Venus” mungkin dipesan oleh seorang anggota keluarga Medici yang kaya dan pencinta seni, yang memerintah Florence dan daerah sekitarnya selama berabad-abad.

Menikahi minat baru dalam budaya Yunani klasik dengan gaya Renaisans Awal, Botticelli menciptakan sosok yang tak terlupakan dengan Dewi Cinta yang muncul dari cangkang kerang besar.

Lukisan terkenal botticelli birth of venus kelahiran venus

Menggambarkan dewi Venus, muncul dari laut sebagai wanita dewasa, tiba di tepi laut. Kerang tempat dia berdiri adalah simbol kuno klasik untuk vulva wanita. Diperkirakan sebagian didasarkan pada Venus de ‘Medici, sebuah patung marmer Yunani kuno Aphrodite. Sumber foto: Wikimedia Commons

Tahukah kamu? “Venus” Botticelli menampilkan dua penyimpangan signifikan dari kebanyakan karya lain sezamannya. Pertama, dia melukis di atas kanvas, bukan kayu yang lebih populer. Kedua, ketelanjangan jarang terjadi saat ini – jadi Venus berani sekali terbuka tanpa rambutnya yang panjang dan tergerai serta tangan (nyaris) menutupi bagian tubuhnya yang paling intim.

9. Las Meninas (Ladies-in-waiting atau dayang)

Artis: Diego Velázquez
Tanggal: 1656
Tempat melihatnya: Museo del Prado (Madrid)

Madrid adalah satu-satunya kota dalam kumpulan ini di mana Anda akan menemukan dua dari 10 lukisan paling terkenal, yang pertama adalah “Guernica” di No. 5 dan “Las Maninas” di sini di No. 9.

Bertempat di Prado yang populer (dan luas), “Las Meninas” bukan hanya lukisan paling terkenal Diego Velázquez, tapi juga salah satu lukisan terbesarnya. Kompleksitas karya tersebut telah memesona kritikus seni dan publik selama berabad-abad. Lukisan itu berfungsi ganda sebagai potret.

Ini berfungsi sebagai potret kelompok keluarga kerajaan Spanyol, tetapi juga potret diri Velázquez sendiri di tempat kerja (di sebelah kiri).

Tahukah kamu? “Las Meninas” ditugaskan oleh Raja Philip IV dari Spanyol, yang memerintah dari 1621 hingga 1665. Itu tinggal di istana kerajaan sampai 1819, ketika pergi ke Prado di Spanyol.

Lukisan Las Meninas dari Diego Velázquez

Lukisan Las Meninas dari Diego Velázquez. Sumber foto: Wikimedia Commons

10. Creation of Adam (Penciptaan Adam)

Artis: Michelangelo
Tanggal: 1508 hingga 1512
Tempat melihatnya: Kapel Sistina (Kota Vatikan)

Karya paling terkenal dari seniman terkenal Michelangelo meliputi bagian langit-langit Kapel Sistine – Anda harus melihat ke atas untuk melihatnya. Adegan tersebut menggambarkan Tuhan dan Adam dengan tangan terentang, jari-jari mereka hampir bersentuhan.

Ini adalah salah satu gambar yang paling banyak direplikasi dalam sejarah. Bentuk otot Adam menunjukkan bakat lain Michelangelo – “David” -nya mungkin adalah patung paling terkenal di dunia. Anda dapat melihat patung marmer yang menjulang tinggi di Galleria dell’Accademia di Florence.

Lukisan terkenal di dunia  creation of adam michelangelo

Lukisan Creation of Adam (Penciptaan Adam) karya Michelangelo. Sumber foto: Wikimedia Commons

Tahukah kamu? Langit-langit Kapel Sistina telah kusam oleh paparan asap penggunaan lilin sebagai pencahayaan selama berabad-abad, di antara banyak hal lainnya. Setelah pembersihan yang lama dan ekstensif yang berakhir pada tahun 1989, orang-orang terkejut melihat warna cerah yang awalnya digunakan Michelangelo.

Sumber bacaan: Culture Trip, Biography Online, CNN, 10 Most Today, BrushWiz

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-04-14T14:30:01+07:00 Januari 20th, 2021|Geografi & Sejarah, Lainnya|0 Comments

Leave A Comment