fbpx

Feng Shui

Feng Shui

Feng shui secara harafiah berarti “angin dan air”, merupakan sebuah gaya hidup dan pengarahan pendidikan. Konsep Feng Shui adalah filosofi Taoisme merupakan ajaran Lao Zi (Lao Tzu) yang berdasarkan filsafat yang terpopuler di negri Cina. Feng Shui disebut juga Hong Shui dalam bahasa Hokkien. Konsep feng shui, dari filosofi Taoisme, berakar dan berdasarkan pada pengamatan yang tepat dari alam.

Yang dimana, Feng Shui memperhitungkan berbagai faktor psikologis yang mempengaruhi alam bawah sadar. Mereka mempelajari pengaruh lingkungan pada vitalitas, kreativitas, energi atau perilaku individu.

Feng Shui mengajarkan bagaimana untuk menyelaraskan lingkungannya dengan alam, dalam rangka meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan dalam kehidupan.

Gaya hidup ini memungkinkan kita untuk bertindak pada semua aspek kehidupan kita, sosial, keluarga, emosional, pekerjaan, fisik, dll

Kata kebajikan yang dikenang Lao Zi (Lao Tzu):

Kebaikan dalam kata-kata menciptakan keyakinan, kebaikan dalam berpikir menciptakan kebesaran hati, kebaikan dalam tindakan menciptakan cinta.
Keramah-tamahan dalam perkataan menciptakan keyakinan, keramahtamahan dalam pemikiran menciptakan kedamaian, keramahtamahan dalam memberi menciptakan kasih.
Orang hebat mampu mengendalikan orang lain, tetapi lebih hebat lagi kalau dia mampu mengendalikan dirinya sendiri.


Apakah Feng Shui Berhubungan Dengan Sains?

Studi sebelumnya yang dilakukan oleh ahli psikologi lingkungan dan antropolog dan penelitian terbaru yang dilakukan oleh ahli sosiologi neuro seperti Dr. John Zeisel (“Penyelidikan oleh Desain: Lingkungan / Perilaku / Neuroscience dalam Arsitektur, Interior, Lansekap dan Perencanaan”) telah membuktikan tanpa keraguan bahwa lingkungan kita dapat mempengaruhi dan memiliki efek terhadap lingkungan dan mereka dapat diukur dengan mudah.


Energi Qi [baca Chi]

Qi (气) (dibaca “chi” dalam bahasa indonesia) adalah dasar dari semuanya. Sebuah kekuatan yang tidak dapat terlihat dan penting, yang dimana menghubungkan semua makhluk hidup  diantara mereka.

Kekuatan alam yang bersifat positif dan negatif dan memerankan peran penting atas kualitas feng shui suatu tempat. Menurut feng shui, Qi mengacu pada energi dan kekuatan yang hidup. Sedangkan menurut penjelasan feng shui tradisional, Qi mencakup orientasi struktur, usia dan lingkungan, termasuk kemiringan, vegetasi dan kualitas tanah.


Yin dan Yang

Feng Shui Yin Yang

 

Feng Shui memiliki asal-usul dalam interaksi dengan yin dan yang, putih dan hitam, siang dan malam, pria dan wanita, atau diri sendiri dan kebalikannya!

Energi yin reseptif, yang menghasilkan ketenangan, sunyi, gelap, lembab dan dingin. Ini menggabungkan yin ke sisi perempuan dan bola bulan.

Yang adalah energi kreatif yang menghasilkan gerakan, kekuatan, cahaya dan panas. Kita kaitkan Yang sisi maskulin dan bintang surya.


Aktifkan Elemen Dekorasi Dengan Kompas Ba Gua (atau Pa Kua)

Lima elemen Feng Shui: kayu, tanah, logam air dan api.

Jika Anda tidak membuat unsur-unsur di tempat-tempat tertentu yang dimana ruang tamu Anda berada, penempatan furnitur yang tidak tepat akan kurang memberi kompensasi karena tidak adanya aktivasi elemen-elemen feng shui.

Cara lain untuk mengaktifkan energi chi adalah dengan menambahkan elemen yang berkorelasi dengan arah kompas dimana ruang tamu Anda berada.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan elemen yang memberi nutrisi pada elemen utama untuk memperkuat energi elemen-elemen lainnya.


5 Elemen Feng Shui

5 Elemen Feng Shui

 

Anda dapat menempatkan elemen-elemen dekorasi berdasarkan empat unsur: air, api, kayu, logam. Setiap orang, berdasarkan bulan kelahirannya, membawa unsur dominan dalam diri. Anda bisa menentukan unsur dominan dengan melihat bulan kelahiran dan mencocokkannya dengan empat musim: musim dingin yang berarti didominasi unsur air, musim semi didominasi unsur kayu, musim panas didominasi unsur api, dan musim gugur didominasi unsur logam. Anda bisa menghitung unsur-unsur dalam diri Anda melalui situs bazi-calculator.com

Setelah mengetahui unsur dominan Anda, Anda bisa menentukan elemen dekorasi ruang kerja dengan unsur-unsur penyeimbang. Misalnya, unsur air yang dominan harus diimbangi unsur api atau kayu. Apa saja benda dekorasi yang mengandung empat unsur dalam prinsip fengsui?

Elemen Kayu

Elemen kayu mewakili pertumbuhan dan kreativitas. Kayu mendorong pertumbuhan pribadi dan intuisi meningkat.
Mewakilkan: tumbuh-tumbuhan, rotan dan anyaman, buku dan semua barang yang berelevan dengan kertas.
Tips dekorasi: lantai parkit dari kayu, barang-barang dekoratif dari kayu, tanaman hias.

Elemen Tanah

Elemen Tanah membantu untuk tumbuh dan menstabilkan. Dari semua unsur feng shui, Elemen Tanah adalah elemen yang paling damai, menenangkan, dan stabil. Percantik rumah Anda dengan elemen ini jika Anda mencari landasan, memperkuat, atau memelihara.
Mewakilkan: batu, batu bata, karpet, porselen, marmer, temikar.
Tips dekorasi: kontainer dan benda-benda dekoratif tanah liat, gerabah atau keramik.

Elemen Logam

Elemen Logam berhubungan dengan kekuatan mental dan ketajaman. Elemen Logam mempengaruhi kecerdasan.
Mewakilkan: lemari es, peralatan, panci, loyang.
Tips dekorasi: benda sepeti kursi / meja dari besi timpa, furnitur dan rak-rak yang terbuat dari bahan metal.

Elemen Api

Elemen Api merupakan transformasi dan ekspansi. Elemen Api adalah elemen yang paling stabil dari semua lima unsur feng shui.
Mewakilkan: lilin, listrik, TV, AC, kompor.
Tips dekorasi: lukisan bergambar api atau matahari, lilin dekorasi.

Elemen Air

Elemen Air sangat berguna sebagai perilis dan pembaharuan. Gunakan elemen ini untuk kejelasan, relaksasi, inspirasi dan untuk menghadirkan kerelaan.
Mewakilkan: cendela, benda yang terbuat dari kaca, pipa ledeng, wastafel.
Tips dekorasi: lukisan bergambar sungai dan air terjun, akuarium dengan pompa / gelembung air, air mancur dengan air yang mengalir di atas batu-batu halus kecil.


Harmoniskan Dengan Feng Shui Untuk Kebaikan Anda Dan Sekitarnya


5 Hewan Mistis Dari Feng Shui

5 Hewan mistis dari Feng Shui mewakili kepribadian kita, cara kita bertindak dan menjadi seseorang. Mengenai hal rumah, mereka melambangkan lingkungan yang ideal dari sebuah rumah.

Burung phoenix

Adalah… tenggara, api, musim panas, merah dan “yin”.

Menurut legenda, burung phoenix hanya timbul setiap 1000 tahun sekali. Burung phoenix ada di hadapan kita, melambangkan proyek atau pekerjaan dan realisasi atas impian kita.

Jadi untuk rumah, akan lebih baik jika ada di ruangan bagian depan, di luar pintu depan untuk sebuah apartemen. Sebuah pintu masuk depan yang berantakan menghasilkan perasaan ketidaknyamanan dan visi yang terbatas.

Naga

Adalah… timur, kayu, musim semi, hijau dan “yang”.

Tidak adanya naga bisa menimbulkan kelelahan, putus asa.

Naga terletak di sebelah kiri pada rumah dan dapat juga disiratkan dalam lukisan dengan adanya gedung atau gunung; bisa juga interior rumah dengan kursi, meja yang tinggi atau benda yang menjulang tinggi.

Ular

Adalah… pusat (tengah), mewakili bangunan sebenarnya, rumah atau orang yang menempati kursi bisnis.

Melambangkan bahan materi, kestabilan, kecerdasan yang dimana benda-benda lain yang mengelilingi Anda dan berputar ke arah yang berbeda-beda.  Itu adalah titik pusat yang penting, yang dimana seperti juga basement atau ruang bawah tanah rumah; harus bersih, berlampu, teratur, dll.

Ular memegang posisi sentral,  Ini adalah simbol kecerdasan, dan ini membuat seseorang agar waspada seperti ular dalam posisi melingkar dengan kepala terangkat lurus. Ini adalah tempat kekuasaan.

Harimau

Adalah… barat, metal, musim gugur, putih dan “yin”.

Harimau yang berstatus lebih rendah daripada naga, berdiri disebelah kanan kita. Harimau mewakilkan kekuatan, kekuasan dan yang mencerminkan sebagai tangan kanan kita. Letakkan benda-benda kecil seperti bangunan yang kuat, sedikit tinggi tetapi memiliki tatakan dasar yang baik. Untuk di dalam rumah, letakkan meja kopi rendah, bangku, bantal, dll.

Kura-kura penyu

Adalah… utara, air, musim dingin, hitam dan “yang”.

Kura-kura penyu memiliki cangkang yang tebal dan melambangkan sebuah perlindungan. Dengan tidak adanya kura-kura penyu, membuat kita bingung, malu dan perasaan yang membuat gelisah karena tidak ada perlindungan.

Lindungilah Anda! untuk itu, idealnya adalah memiliki atap rumah kuat dan baik yang melambangkan cangkang kura-kura penyu yang kuat.

Di dalam rumah, Anda dapat meletakkan lukisan atau benda-benda yang berbentuk seperti kura-kura penyu yang terletak di bagian belakang rumah.

 

Bacaan Lainnya

 

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Sunny RayHowardThe New York TimesMind Body GreenThe SpruceHealing With Balance

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-05-02T08:41:56+00:00 Juni 17th, 2017|Lainnya, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment