fbpx

10 Cara Mengatasi Keringat Pada Ketiak Secara Efektif

Ketiak Adalah

Daerah lipatan tubuh manusia yang menghubungkan lengan atas dengan bahu. Ketiak atau dalam bahasa Latin disebut axilla. Keringat ketiak yang berlebihan dapat memberi rasa kurang percaya diri. Dibawah ini Anda dapat menemukan cara untuk mengurangi keringat ketiak yang efektif.

Para ilmuwan menemukan bahwa kulit di bagian ketiak manusia merupakan tempat terfavorit bagi bakteri. Dalam penampang kulit seluas satu inci (6.4516 centi meter) persegi, di ketiak bisa terdapat 516.000 bakteri.


Keringat

Menariknya, keringat itu sendiri tidak berbau, karena hanya merupakan campuran air, garam dan elektrolit.

Bau terbentuk ketika kelenjar apokrin, yang ada di ketiak dan selangkangan, melepaskan zat kental yang mengandung lemak, protein dan feromon.

Zat kental ini kemudian bercampur dengan keringat dan bakteri di permukaan kulit, menciptakan bau tidak sedap yang Anda kaitkan dengan keringat.


Masalah Dan Gangguan Ketiak

Bau badan

Bau badan sering menjadi masalah klasik pada bagian ketiak. Bau badan timbul akibat hasil metabolisme sebum pada mikroorganisme di ketiak. Sebum diproduksi oleh kelenjar apokrin pada ketiak. Bau badan dapat dikurangi dengan produk deodoran atau antiperspiran. Bau badan juga dapat dihilangkan dengan ramuan herbal. Cara yang paling murah dan efektif adalah dengan mandi minimal 2 kali sehari. Jika merasa sedikit repot atau malah tidak berhasil dihilangkan, maka bisa dicoba dengan pengobatan laser.

Biasanya, bau badan wanita terasa lebih asin karena disebabkan bakteri micrococcaceae.Sedangkan bau badan pria terasa lebih asam karena disebabkan organisme mikroskopik ”lipophile diphteriode”. Bau badan juga dapat menjadi lebih terasa dan kuat jika berkeringat dengan dipicu oleh tekanan emosi.

bau badan timbul jika bakteri alami pada kulit memecah protein sehingga menjadi asam. Kedua jenis asam yang melepaskan bau tidak sedap, adalah: – Asam propionat atau asam proponat, yang memiliki bau seperti cuka. Asam ini merupakan hasil penguraian keringat oleh propionibacteria, yaitu sejenis bakteri yang hidup di saluran kelenjar sebasea manusia remaja dan dewasa. – Asam isovalerik, yang memiliki bau seperti keju yang sangat kuat dan merupakan hasil penguraian keringat dengan bakteri staphylococcus.

Bau badan tetap dapat timbul meskipun keringat hanya bercampur 1% saja dengan bakteri.Oleh karena itu, bagi orang yang aktivitasnya cukup padat sebaiknya memakai deodoran atau antiperspiran sebelum beraktivitas.

Bau badan juga dapat menjadi lebih menyengat bila sering memakan makanan dengan banyak bumbu. Selain itu makanan pedas dan berminyak juga dapat menambah bau badan.

Ketiak hitam

Ketiak hitam disebakan karena masuknya suatu zat atau suatu mikroorganisme ke dalam pori-pori ketiak yang terbuka atau iritasi. Faktor penyebabnya adalah karena mencukur ketiak secara sembarangan, sering mencabut rambut ketiak, menggaruknya dengan kasar, akibat penyakit pada kulit ketiak, maupun penggunaan deodoran yang berlebihan.

Keringat berlebihan

Keringat ketiak berlebih atau dalam bahasa latin disebut axillary hyperhydrosis disebabkan oleh kelenjar keringat yang terlalu aktif. Faktor penyebab lainnya adalah kelainan anatomi, atau kondisi jiwa seseorang.


Cara Mengatasi Keringat Ketiak Yang Berlebihan

1. Diagnosis masalah pada ketiak Anda

Anda tidak dapat menghentikan tubuh Anda dari keringat sepenuhnya tanpa prosedur medis, yang biasanya hanya dilakukan dalam kasus ekstrim. Jika tubuh Anda berhenti mengeluarkan kotoran dan racun melalui kulit, berarti Anda akan mati.

2. Gunakan deodoran antikeringat (antiperspirant)

Antiperspirant lebih tepat digunakan untuk mengatasi masalah ketiak basah, karena antiperspirant bekerja menghambat sebagian dari produksi keringat di ketiak.

Pakai antikeringat juga di malam hari. Ini mungkin terdengar mengejutkan, tetapi dokter merekomendasikan pemakaian antikeringat pada waktu malam, tepat sebelum tidur. Alasannya adalah bahwa diperlukan waktu sekitar enam sampai delapan jam bagi antikeringat untuk memasuki saluran keringat dan menyumbat pori-pori secara memadai.

3. Gunakan kaos dalam

Dengan menggunakan kaos dalam, secara langsung, keringat lebih sulit tembus ke baju atau hem luar Anda.

4. Jenis pakaian

Gunakan bahan pakaian dari katun alami. Dengan memakai pakaian yang agak longgar, secara otomatis denngan adanya ruang yang lebih kulit Anda dapat bernapas lebih baik.

5. Bawa baju ganti jika perlu

Siapkan baju dalam, baju atau kemeja cadangan (yang tidak kusut) dalam tas bila Anda menderita keringat berlebih. Hanya dengan mengetahui bahwa Anda selalu memiliki baju ganti bersih yang siap dipakai dapat menurunkan level kecemasan dan membuat Anda merasa lebih aman.

6. Kurangi stress

Stres dapat menyebabkan keringat berlebihan, oleh karena itu Anda harus mencoba untuk menurunkan tingkat stress Anda, dengan cara lebih berfokus pada solusinya. Stres juga bisa dikelola dengan cara bersantai, mengobrol dengan teman dan bercanda tawa.

7. Jaga makanan Anda

Mengurangi konsumsi makanan pedas dan panas secara langsung membuat anda menghindari peningkatan suhu tubuh, sehingga tidak terbentuk keringat yang berlebihan. Kurangi atau hindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol dan kafein.

8. Mandi

Segera mandi apabila berkeringat berlebih. Dengan mandi, temperatur tubuh Anda akan menurun sedikit, secara otomatis keringat akan berkurang.

9. Minta resep obat Dokter

Ada beberapa obat yang bisa mengendalikan keringat berlebih. Obat-obatan ini bekerja dengan menghalangi komunikasi antara saraf di otak dan kelenjar keringat.

  • Pil semacam ini terbukti efektif pada beberapa pasien, jadi bila Anda tertarik, bicarakan pada dokter apakah Anda bisa mendapatkan resep.
  • Beberapa pasien melaporkan efek samping obat-obatan ini termasuk pandangan mengabur, masalah kandung kemih dan mulut kering.

10. Gunakan perawatan alami

Jika Anda lebih memilih perawatan secara alami, Anda dapat menggunakan pati jagung atau soda kue (baking soda). Soda kue dan pati jagung adalah produk hebat untuk digunakan pada area berkeringat yang rentan iritasi, seperti kaki atau di bawah payudara. Bedak bayi juga sama bagusnya.


Keringat Yang Berlebihan

Keringat diproduksi oleh tubuh sebagai mekanisme pengaturan suhu tubuh. Keringat yang dikeluarkan secara berlebihan disebut dengan hiperhidrosis. Jenis hiperhidrosis yaitu:

  • Hiperhidrosis fokal primer: keringat berlebih muncul pada bagian tubuh tertentu seperti telapak tangan, telapak kaki, lipat paha, ketiak, kepala, wajah, dll
  • Hiperhidrosis general sekunder: keringat berlebih yang terjadi di seluruh tubuh dan biasanya terjadi pada malam hari.


Penyebab Hiperhidrosis (Keringat Berlebihan)

  • Masalah / gangguan sistem saraf pada hiperhidrosis primer
  • Menopause
  • Kehamilan
  • Konsumsi alkohol berlebih
  • Penyakit medis tertentu: gangguan tiroid, stroke, artritis reumatoid, diabetes, parkinson, tuberkulosis, limfoma, leukemia, gagal jantung, endokarditis, malaria
  • Stress dan masalah psikologis lainnya
  • Efek samping obat-obatan tertentu


Jika Anda Masih Merasa Terganggu Dengan Keringat Yang Berlebihan

Apabila anda telah melakukan cara-cara di atas namun anda masih terganggu dengan keringat berlebih,  berkonsultasi dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui adakah kondisi medis tertentu yang menyebabkan keringat berlebih. Penanganan medis yang dapat diberikan yaitu:

  • Pemberian obat-obatan tertentu untuk menghentikan kerja kelenjar keringat
  • Penatalaksanaan bila ada penyakit yang mendasari
  • Suntik botox
  • Operasi
  • Prosedur iontophoresis


Bacaan Lainnya

 

Sumber bacaan: IndependentWeb MD

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2017-07-26T16:28:54+07:00 Juli 20th, 2015|Sehat & Cantik, Top 10|0 Comments

Leave A Comment