fbpx

TOP 10 Tips Melawan Stres Di Sekolah Atau Tempat Kerja

Bertahan Hidup Di Sekolah & Tempat Kerja Dengan Cara Pintar

Menjadi manusia itu selalu repot. Kita stress untuk mencari sekolah yang dimana mau menerima murid atau pekerjaan ketika kita tidak memiliki satupun. Kemudian setelah kita mendapatkan sekolah / pekerjaan, kita akan mendapatkan stres di sekolah / pekerjaan. Temukan 10 tips melawan stres di sekolah atau tempat kerja.

Singkatnya, untuk satu alasan atau alasan-alasan lain kita selalu stres. Kita harus tahu cara menghadapi dan mengatasinya.
Berikut adalah 10 tips untuk mengatasi stres belajar / kerja.

 

Tips Melawan Stres di Sekolah atau Tempat Kerja

1. Persiapan, Persiapan & Persiapan

Kebanyakan dari kita berpikir bangun lebih awal Itu adalah inti dari semua masalah kita. Tapi, seperti yang tidak bisa bangun pagi, cobalah untuk bangun dan makan sarapan, mandi, mungkin bahkan untuk berlatihan olah raga. Dengan cara ini kita akan memulai hari secara santai dan siap untuk sekolah / bekerja.

Tanpa persiapan yang baik, andaikan Anda pergi ke medan perang tanpa senjata!

 

2. Jaga Waktu Tidur Dan Kesehatan

Tidurlah yang nyeyak setidaknya 7 sampai 8 jam dan makan sarapan pagi yang cukup & baik. Tidur yang cukup berkualitas juga penting untuk mendapatkan manajemen stres yang efektif. Buatlah kebiasaan tidur yang sehat dengan membatasi asupan kafein Anda di siang hari dan meminimalkan aktivitas stimulasi, seperti penggunaan handphone, komputer dan televisi, di malam hari.

Mencoba untuk mendapatkan beberapa vitamin C, jeruk, lemon, raspberry, dll. Vitamin C membantu tubuh Anda mencegah stres. Makan dengan baik juga akan menjaga otak Anda dalam kondisi prima.
Banyak minum kopi atau teh yang mengandung kafein, tidak baik juga dan tidak membantu menenangkan Anda juga.

3. Gunakan Manajemen Waktu & Bekerja Secara Teroganisir

Buatlah daftar yang terpenting terlebih dahulu dan lacak tugas-tugas dengan seksama.

Mencari tahu apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Setelah Anda tahu, biasanya Anda akan merasa kurang stres dan suasana hatijauh lebih baik. Sayangnya, memeriksa Facebook Anda atau skor dari pertandingan sepak bola tidak akan membantu secara signifikan.

Semua yang Anda butuhkan, seharusnya selalu dalam jangkauan tangan Anda, tidak semua yang Anda miliki harus berada didalam jangkauan tangan Anda. Berpikirlah secara logis tentang pentingnya bahan-bahan yang Anda gunakan atau perlukan.

Menjadi orang yang terorganisir adalah cara yang cepat untuk mendapatkan hasil, menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin, dan mengetahui apa yang Anda harus lakukan. Singkirkan segala sesuatu yang menghalangi Anda dan bangunlah segala sesuatu yang dapat memotivasi Anda.

Orang yang bijaksana mengatakan “siapkan payung sebelum hujan”. Memang benar bahwa kalau Anda tidak pernah bersiap-siap, Anda akan mendapatkan kejutan, entah dari guru atau boss Anda.
Ini adalah tips melawan stress yang paling penting “Waktu yang terbuang tidak bisa dikembalikan lagi”.

 

4. Jangan Menunda-Nunda

Membuat hal yang kecil-kecil seperti PR atau laporan, apabila ditunda-tunda terus, akhirnya bertambah lebih banyak & bisa-bisa kewalahan.
Untuk tips melawan stress lainnya; semakin Anda tidak menunda sesuatu, semakin Anda bisa bernapas. Anda akan merasa di kontrol dan itulah rasanya stress. Apakah Anda-memiliki sejuta hal yang harus dilakukan atau hanya beberapa hal yang harus dilakukan, langsung kerjakan hal itu, pasti terkontrol Anda langsung berkurang.

Pecahkanlah permasalahan sesegera mungkin dan cari jalan keluarnya. Jika rumah Anda perlu dibersihkan, lakukanlah bertahap dibanding melakukannya sekaligus per dua bulan. Butuh pekerjaan? Langsung cari. Perlu bicara pada seseorang? Lakukanlah sekarang. Permasalahan yang besar timbul ketika Anda berjanji untuk melakukannya esok hari namun Anda tidak melakukannya.


5. Ber-aksilah dari pada Cuma Ber-reaksi

Kita akan mengalami stres yang berlebihan, ketika kita merasa bahwa situasi berada di luar kendali kita. Apabila ada PR atau laporan yang harus diselesaikan, jangan dilihat saja, tetapi lebih baik langsung dikerjakan. Jika Anda tidak mengerti, sebaiknya tanya kepada orang yang lebih mengerti.


6. Pelajari cara untuk Bersantai

Jika Anda merasa kewalahan tariklah nafas dalam-dalam kurang lebih 5 detik ataupun bermeditasi. Ini adalah salah satu tips melawan stress yang bagus dan akan mengembalikan keseimbangan, mendapatkan ketenangan dan dapat membantu menghilangkan stres.

Mulailah dengan mengambil beberapa menit setiap hari untuk fokus pada aktivitas sederhana seperti bernapas, berjalan atau menikmati makanan. Keterampilan untuk dapat berfokus “secara sengaja” pada satu aktivitas tanpa gangguan akan semakin kuat dengan latihan dan Anda akan mendapati bahwa Anda dapat menerapkannya pada berbagai aspek kehidupan Anda.


7. Tetapkan Batas-Batas

Di dunia digital saat ini, mudah merasakan tekanan agar tersedia 24 jam sehari. Tetapkan batas-batas kerja untuk diri Anda sendiri apabila Anda bekerja atau hinghilangkan ganguan-ganguan jika Anda bersekolah.

Sebagian besar dari kita dibombardir oleh email, panggilan telepon, SMS… Abaikan semua ini saat Anda sedang disekolah atau bekerja. Karena interupsi / gangguan dapat mempengaruhi konsentrasi dan kualitas pekerjaan. Meskipun Anda tidak bisa mengendalikannya, buatlah daftar prioritas.


8. Disiplin, Selalu Berpikir Positif & Ubah Mindset Anda

Itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan – tetapi sekali Anda melakukannya, tingkat stres Anda pasti menurun. Berusahalah, biarpun hanya 10 menit dan kalau bisa secara bertahap, agar tidak menambah pikiran menjadi lebih tegang.

Baca disini 10 Cara Menjadi Disiplin Untuk Mencapai Sebuah Tujuan Atau Target

Tidak ada “masalah”, yang ada hanya jalan keluar dan solusinya.

Jika tidak ada jalan keluar atau solusi, berarti bukan sebuah masalah.


9. Jangan Menyerah Dahulu Sebelum Pernah Melakukannya

Cobalah untuk membuatnya terlebih dahulu, mintahlah pendapat atau cara-cara untuk membuatnya dari guru, rekan kerja atau boss Anda.
Jangan takut untuk mengatakan tidak kepada “Tanggung Jawab” jika Anda tidak bisa menangani tambahan stres / tekanan untuk melakukannya. Apabila Anda gagal, jangan takut untuk memulainya lagi.

Apabila Anda mencoba sesuatu, masih belum tentu Anda berhasil. Akan tetapi, bila Anda tidak mencoba terlebih dahulu, pasti tidak berhasil!


10. Hindari Multitasking

Anda akan merasa lebih baik dan kurang stres jika Anda hanya melakukan satu hal pada satu waktu. Tidak masalah jika sedang bekerja, di sekolah atau di kehidupan pribadi Anda. Ini akan memudahkan Anda untuk berfokus dan melakukan hingga menyelesaikan pekerjaan dengan kualitas lebih tinggi.

Seperti contoh, Anda tidak dapat mengerjakan PR matematika dengan baik dan tidak fokus, jika tangan kanan Anda sedang menggengam handphone dan sedang membalas dinding FaceBook teman Anda.

Jangan biarkan Anda terjebak pada hal-hal yang tidak penting; pilihan tersebut bisa saja menggoda Anda, khususnya jika kita fokus pada waktu yang ‘sekarang’ daripada masa depan.

 

Apabila Anda gunakan waktu dengan seksama, Anda akan merasa lebih santai dan siap untuk menghadapi setiap stres di sekolah atau tempat kerja.

 

tips melawan stress

 


Bacaan Lainnya

 

Sumber: CognifitSt. Catherine UniversityAmerican Psychological Association

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-04-01T08:25:40+07:00 Januari 23rd, 2017|Sehat & Cantik, Top 10|0 Comments

Leave A Comment