fbpx

Apakah Produk Pembalut Wanita Aman? – Macam-Macam Produk Pembalut Wanita

Pembalut Wanita / Softex Aman?

Seorang wanita pada umumnya memakai lebih dari 12.000 pembalut (lembaran) atau tampon selama beberapa dekadedan pada saat mengalami menstruasi atau haid. Tapi apakah jangka panjang penggunaan perlindungan saniter aman? Apakah Produk Pembalut Wanita Aman? Baca artikel dibawah ini untuk mengetahuinya…


Produk Pembalut Wanita Manakah Yang Tepat untuk Anda?

Saat ini, anak perempuan yang memulai menstruasi mereka memiliki banyak pilihan dalam produk saniter: pembalut wanita biasa (sekali pakai), tampon, pembalut kain cuci ulang dan bahkan cangkir menstruasi (cup). Cobalah beberapa pilihan untuk mengetahui apa yang paling nyaman untuk Anda. Segera Anda akan memiliki preferensi. Inilah beberapa informasi dasar tentang pilihan Anda.

Pembalut (lembaran/pad)

disposable sanitary napkin

Terdapat beberapa jenis, tetapi tiga jenis pembalut yang umum dijual bebas. Berbentuk oval, dengan sayap dan khusus untuk malam hari. Penggunaan pembalut memang dibilang lebih aman karena penggunaannya diluar vagina. Walau terbilang aman, kita juga harus bijak saat menggunakannya ya. Penggunaan pembalut yang benar, menggantinya tiap kali pembalut terasa penuh atau setiap 3 jam sekali. Supaya tidak terjadi penyebaran bakteri atau virus jahat yang bisa mempengaruhi fungsi reproduksi wanita.

Pilih pembalut dengan bantalan berdasarkan seberapa berat cairan menstruasi dan jenis pakaian apa yang akan Anda kenakan. Anda mungkin ingin membeli dua jenis tipe bantalan: yang lebih tebal untuk hari-hari dengan aliran yang lebih dan yang tipis untuk hari-hari yang baru saja menstruasi Anda temukan.

Jika Anda merasa tidak nyaman meletakkan sesuatu didalam vagina Anda, pembalut bantalan ini adalah cara terbaik untuk memulai. Cobalah beberapa jenis produk sanitasi untuk melihat dan mengetahui mana yang terbaik. Dan ingat, bicarakan dengan ibu, kakak perempuan, dokter atau konselormu tentang masalah apa pun.

Tampon

Tampon adalah tabung katun dengan tali di salah satu ujungnya. Anda memasukkannya ke dalam vagina untuk menyerap darah menstruasi. Tali dari tampon membantu Anda untuk menarik keluar tampon. Dengan berbagai ukuran yang disesuaikan; tipis, biasa dan ketebalan super. Seringkali anak perempuan mulai dengan tampon ringan atau tipis. Tapi ukuran yang Anda pilih harus bergantung pada seberapa berat cairan menstruasi Anda.

“Gaya hidup dan aktivitas Anda akan menentukan produk mana yang tepat untuk Anda,” kata dokter anak Atlanta Deborah Pollack, MD. “Jika Anda berenang atau berpartisipasi dalam olahraga lain, tampon adalah hal yang paling praktis dan masuk akal. Tampon langsing sangat bagus untuk memulai. ”

Cup / Cangkir Menstruasi

disposable softcupMenstrual cup

Hampir sama seperti tampon biasa, pemakaian tampon berbentuk cup juga dimasukan kedalam vagina dengan bentuknya yang melebar. Harus lebih sering dicek tampon ini karena bahannya yang terbuat dari silikon dan dikhawatirkan cup terlalu penuh dengan cairan menstruasi. Cup ini jadi populer karena lebih praktis dan ekonomis. Dapat digunakan berulang-ulang dengan cara mencuci cup sampai bersih.

Pembalut Penggunaan Ulang / Reusable

Sama seperti pembalut biasa akan tetapi pembalut yang ini bisa digunakan berkali-kali. Pembalut ini biasanya dibuat dari bahan katun, baby terry atau handuk yang aman dan nyaman dipakai saat menstruasi dengan cara mencuci bantalan kainnya. Pembalut ini adalah metode tradisional yang digunakan wanita selama berabad-abad selama menstruasi. Anda bisa membelinya secara online atau membuat sendiri.


Bahan Kimia dalam Pembalut Wanita (Lembaran)

Bahan kimia yang digunakan dalam pembalut (lembaran), tampon dan popok menimbulkan kekhawatiran di seluruh dunia – terutama menjelang pergantian abad ke-21 – karena pertanyaan tentang keamanan bahan kimia tertentu yang digunakan dalam pembuatannya dan juga masalah lingkungan dari pembuangan mereka. Karena faktor risiko potensial, beberapa wanita memilih pembalut organik sebagai alternatif dan yang lainnya memutuskan untuk menggunakan alat sanitasi yang dapat digunakan kembali. Beberapa bahan kimia yang berbahaya dan ditemukan dari beberapa produk sanitasi wanita, yang dimana membahayakan bagi kesehatan dalam pemaikaian jangka panjang:

Rayon, viscose dan bubuk kertas kayu selulosa

Banyak produk pembalut wanita saat ini mengandung rayon, vicose dan bubuk kertas kayu selulosa… bukan terbuat dari kapas. Rayon dan viscose dapat memberikan bahaya potensial, karena serat penyerapnya yang sangat tinggi, yang bisa menempel pada dinding vagina Anda. Setelah dihilangkan, serat tersebut, masih juga bisa tertinggal, meningkatkan risiko TSS Anda. Toxic Shock Syndrome (TSS), adalah kondisi langka berupa keracunan darah yang berbahaya akibat racun bakteri, yang disebabkan oleh racun dari bakteri Staphylococcus aureus atau kelompok A streptococcus.

Dioxin

Dioxin adalah salah satu dari ratusan senyawa kimia beracun yang larut dalam lemak dan sangat stabil di lingkungan, sehingga bakteri di alam pun tidak dapat menguraikannya. Dioxin adalah produk sampingan dari proses pemutihan klorin yang digunakan dalam pembuatan produk kertas, termasuk tampon, pembalut, pelapis panty dan popok. Proses pemutihan klorin telah ditemukan untuk meninggalkan racun dioksin (dikenal sebagai karsinogen atau zat yang menyebabkan penyakit kanker) residu dalam serat barang jadi tersebut.

Sifat dioksin adalah larut dalam lemak dan dapat bertahan dalam tubuh karena stabilitas kimianya. Zat Dioksin akan dilepaskan melalui proses penguapan dengan suhu sangat tinggi yaitu 446,5 C.

Kementerian Kesehatan Indonesia melarang penggunaan gas Chlorin dalam proses bleaching/pemutihan terhadap bahan baku yang digunakan untuk pembalut wanita karena penggunaan gas chlorine dapat menghasilan senyawa dioksin yang bersifat karsinogenik. Bahan baku pembalut wanita yang diizinkan untuk digunakan harus menggunakan metode EFC atau TFC tersebut di atas dan tidak diperbolehkan menambahkan chlorine selama proses produksi.

Phthalates

Sebuah kelompok zat yang tidak berwarna, kekentalannya mirip minyak goreng, sedikit atau tanpa bau serta tidak mudah menguap. Yang memberi aplikator tampon kertas sebagai hasil akhir yang mulus, diketahui menguraikan ekspresi gen, dan DEHP (sejenis bahan plastik) yang dapat menyebabkan kerusakan beberapa organ.

Pestisida, Herbisid Dan Defoliant (zat yang dipergunakan untuk menggugurkan daun supaya memudahkan panen)

Ini adalah bahan kimia yang digunakan untuk menyemprot tanaman kapas. Bahan kimia bernama FURAN tetap berada di kapas lama setelah dipanen, yang merupakan bahaya potensial yang dapat menyebabkan kerusakan pda beberapa organ tubuh.
Ini telah dikaitkan dengan efek berikut di dalam tubuh:
Kelahiran cacat keturunan, berat lahir rendah, ketidaksuburan, gangguan hormonal, kerusakan tiroid, diabetes, endometriosis dan depresi.

Pengharum / Pewangi

Zat ini ditambahkan ke produk tampon dan pembalut wanita selama pemrosesan. Meskipun mereka juga dapat memasuki aliran darah dengan cara yang sama dengan pestisida dan dioksin, mereka juga dapat memiliki efek lokal di vagina dan menyebabkan alergi dan reaksi pada kulit.


Produk Pembalut Wanita Aman Yang Mana Harus Digunakan?

Bahan baku pembalut wanita yang diizinkan untuk digunakan harus menggunakan metode EFC atau TFC tersebut di bawah dan tidak diperbolehkan menambahkan chlorine selama proses produksi.

Pada proses produksinya pembalut wanita yang berasal dari selulose dilakukan proses bleaching/pemutihan.

Metode bleaching yang dibolehkan sesuai dengan Guidance US FDA adalah Elemental Chlorine-Free (ECF) Bleaching dan Totally Chlorine-Free (TCF) Bleaching. EFC Bleaching adalah pemutihan yang tidak menggunakan elemen gas chlorine. Metode ini menggunakan chlorine dioxide sebagai agen pemutihan, dan dinyatakan bebas dioksin. Sementara TFC Bleaching adalah pemutihan yang tidak menggunakan senyawa chlorine, biasanya menggunakan Hidrogen Peroksida. Metode ini dinyatakan bebas dioksin.

Kekhawatiran terhadap chlorine yang menyebabkan kanker tidak beralasan karena semua pembalut wanita yang beredar di pasaran telah memenuhi persyaratan keamanan, mutu dan kemanfaatan serta dilakukan pengawasan rutin melalui pengujian ulang.


Penyebab Dan Cara Mengatasi Iritasi Atau Lecet Akibat Pembalut Wanita

Untuk membaca penyebab dan mengatasi iritasi tersebut, mohon klik disini.

 

Produk Pembalut Wanita Aman


Bacaan Lainnya

 

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Live StrongHuffington PostLadyWomen’s VoicesSmall Foot Print FamilyDepartemen Kesehatan Indonesia

          

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-07-16T21:15:29+00:00 Juli 15th, 2017|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment