Wajah Atau Muka Terutama Digunakan Untuk Ekspresi Wajah

3 min read

Ekspresi wajah

Ekspresi Wajah

Wajah/muka terutama digunakan untuk ekspresi wajah, penampilan, serta identitas. Tidak ada satu wajahpun yang serupa mutlak, bahkan pada manusia kembar identik sekalipun.

Ekspresi gerak dan ekspresi wajah menambahkan penandasan visual dan emosional pada semua orang. Ekspresi tubuh dapat menggugah perasaan Anda dan oleh karenanya membuat suara Anda terdengar lebih hidup. Terkadang dalam komunikasi pun tak semua orang mampu untuk memahami maksud antara para komunikan yang terjadi. Untuk itu maka penting sekali kita mempelajari cara membaca gestre seseorang. Dalam kesempatan kali ini kita akan belajar menerka pesan bahasa tubuh sebagai bagian cara membaca gesture.


Maksud Dari Ekspresi Wajah

Sebagian ekspresi wajah dapat diketahui maksudnya dengan mudah, bahkan oleh anggota spesies yang berbeda, misalnya kemarahan dan kepuasan. Namun, beberapa ekspresi lainnya sulit diartikan, misalnya ketakutan dan kejijikan kadang sulit dibedakan. Selain itu, kadang-kadang suatu wajah dapat disalahartikan mengalami emosi tertentu, karena susunan otot-otot wajah orang tersebut secara alami menyerupai wajah seseorang yang mengalami ekspresi tertentu, misalnya wajah seseorang yang tampak selalu tersenyum.


Kenapa Penting Untuk Membaca Ekpresi Wajah?

Membaca ekpresi wajah adalah keterampilan yang vital. Saat mencoba berkomunikasi dengan orang lain, sangat membantu untuk memahami potensi emosi yang mungkin dialami seseorang. Dalam hubungan interpersonal, Anda bisa lebih memperhatikan orang-orang yang dekat dengan Anda.

Ketika ekpresi wajah dilontarkan ke dalam pekerjaan profesional, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang rekan kerja dan klien Anda. Namun, Anda harus memperhatikannya, karena sedikit pergeseran ekspresi wajah dapat mewakili perasaan yang sangat berbeda. Kuncinya adalah, tatap mata mereka agar Anda dapat mengetahui lebih jelas.


Mikro Ekspresi Wajah

Wajah adalah obyek penting utama dalam kehidupan kita sehari-hari. Wajah memberitahu kita identitas orang tersebut. Kita dapat melihat dan memberikan informasi tentang jenis kelamin, daya tarik dan usia, di antara banyak lainnya. Mengetahui bagaimana membaca dan menafsirkan ekspresi mikro merupakan bagian penting dalam memahami perilaku nonverbal dan membaca orang. Inilah panduan singkat untuk memahami 7 micro expression.

Ekspresi wajah

N° 1-3. Bahagia/ senang

Ekspresi singkat 1/15 samapi 1/25 detik, yang dimana dapat menunjukkan seseorang itu, sedang bahagia ataukah senang dapat ditunjukkan melalui senyuman. Kita dapat melihat indikatornya yaitu di bagian otot pipi yang bergerak naik dan juga kedua sisi atau tepi bibir membentuk senyuman. Senyuman merupakan sebuah ekspresi positif yang dapat menunjukkan seseorang tersebut sedang merasakan kebahagiaan ataukah menyenangi sesuatu. Hal ini tergantung pada perasaan bahagia Anda. Apalagi kalau kita sedang dilanda perasaan jatuh cinta… pastinya sering tersenyum 🙂

N°4. Menganggap remeh

Kebanyakan pada oang yang sombong, sehingga ia kerap menganggap remeh oleh orang lain, seolah – olah taka da perasaan hormat sama sekali pada lawan bicaranya. Ekspresi ini dapat ditunjukkan dari gerakan yang menaikkan salah satu sudut bibir atau alis.

N° 5. Takut

Hal ini adalah salah satu ekpresi yang normal atau manusiawi. Ketakutan yang dirasakan biasanya muncul karena ia mengalami ketidakmampuan untuk mengatasi segala sesuatu hal. Terkadang pada suasana yang dianggap seram ekspresi dari rasa takut ini dapat dilihat dari kedua alis yang mana naik secara bersamaan, kelopak mata menegang, dan juga bibir yang terbuka membentuk horizontal.

N° 6. Terkejut atau kaget

Muncul saat seseorang memperoleh pesan yang belum ia ketahui sebelumnya. Pesan ini pun biasanya bersifat mendadak, di luar dugaan atau penting. Raut wajah yang kaget ini dapat diidentifikasi dari kedua alis mata yang naik, mata terbuka lebar, serta mulut yang refleks terbuka.

N° 7. Sedih

Melihat wajah yang sedih dapat ditinjau daripada bagian mata yang kehilangan fokus, lalu pada bagian bibir tertarik ke arah bawah dan juga kelopak mata atas terkulai. Perasaan sedih dapat mucul daripada kekecewaan ataupun rasa kehilangan sesuatu.

N° 8 Muak

Kemuakan biasanya timbul dikarenakan melihat segala sesuatu yang tidak pada tempatnya ataupun mendengar yang tak layak ataupun mau untuk di dengar. Ekspresi orang yang sedang muak dapat kita baca di area batang hidung yang berkerut dan bibir atas naik.

N° 9. Marah atau Jengkel

Ekspresi wajah jengkel ini biasanya akan muncul dikarenakan rasa ketidaknyamanan ataupun timbul dari kesesuaian antara apa yang diharapkan dengan sebuah kenyataan. Kita pun dapat melihat ekspresi ini dari pada sisi alis di bagian dalam yang menyatu dan ia condong ke bawah, lalu bibir yang menyempit dan juga pandangan mata yang menajam.


Bacaan Lainnya

 

Sumber bacaan: American Psychological AssociationMediumNCBIPaul EkmanJournal of Machine Learning Research 

 


       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya