Fakta Zebra – Coba Temukan 3 Gambar Zebra Yang Berbeda

Coba Temukan 3 Gambar Zebra Yang Berbeda

 

Fakta Zebra

Fakta Zebra

 

1. Kecepatan berlari cukup cepat untuk melampaui predator seperti singa

Zebra adalah hewan yang sangat cepat bergerak, dan bisa mencapai kecepatan hingga 65 km/jam saat berderap melintasi dataran. Ini cukup cepat untuk melampaui predator seperti singa. Mereka menggabungkan ini dengan stamina yang sangat baik, serta mampu berlari dalam gerakan zig-zag untuk menghindari predator yang mengejar mereka.

Anak-anak kuda dapat berlari bersama kawanan itu dalam beberapa jam setelah kelahiran.

 

2. Satu Spesies Zebra Punah

Saat ini ada tiga jenis zebra di dunia, yaitu Plains zebra, Mountain zebra, dan Grevy zebra. Sebenarnya ada satu jenis lagi yaitu quangga zebra, namun telah punah di akhir abad ke-19. Sekarang, jenis Mountain dan Grevy pun telah terancam punah.

Zebra adalah keluarga / famili kuda.

Terdapat 3 jenis zebra:

  • Gunung: Equus
  • Primitif: Equus grevyl
  • Dataran: Equus quagga.

 

Zebra Burchell yang hidup di daerah Afrika Timur, zebra Grevy yang hidup di wilayah utara Kenya, dan zebra Equus yang hidup di daerah Afrika bagian selatan.

Zebra kehilangan habitatnya karena berbagai ancaman, termasuk diburu untuk kulitnya dan persaingan mereka sendiri atas makanan, air dan sumber lainnya. Perluasan lahan pertanian di daerah tertentu juga menjadi ancaman bagi habitatnya.


3. Para Peniliti Menggunakan Sistem Scan Barecode Untuk Identifikasi

Pola garis di detiap individu zebra adalah unik, sama seperti sidik jari manusia. Pola garis yang unik ini membuat peneliti dengan mudah mengidentifikasi individu zebra yang sedang mereka pelajari. Metode ini seperti scan terhadap barcode pada sebuah produk.


4. Setelah Bayi Zebra Lahir, Hampir Langsung Dapat Berlari

Zebra betina melahirkan 1 anak, yang hampir langsung dapat berdiri dan berlari sekitar 1 jam setelah dilahirkan.


5. Sistem Reproduksi

Zebra betina siap kawin saat berumur tiga tahun. Sedangkan zebra jantan siap kawin setelah berumur lima tahun. Seekor zebra betina dapat melahirkan seekor anak setiap 12 bulan sekali.


6. Fakta Zebra Tidur Berdiri

Seperti kuda, zebra dapat tidur sambil karena mereka dapat mengunci oto-otot kaki mereka. Biasanya hanya tidur bila dalam keamanan dan dalam sebuah kelompok.


7. Rata-Rata Umur Kehidupan Zebra 25 Tahun. 50% Anak zebra meninggal di tahun pertama

Di habitat aslinya, zebra bisa hidup hingga 25 tahun. Jumlah ini dapat bervariasi tergantung kelangkaan makanan dan predator. Juga, mereka dapat dipengaruhi oleh berbagai penyakit yang mempersingkat masa hidup mereka.

 

Dalam beberapa kasus, mereka bahkan bisa hidup hingga 30 tahun. Namun, bilangan real jauh lebih rendah dari itu. Umur rata-rata zebra sekitar sembilan tahun di alam bebas. Jumlah ini nampaknya rendah karena predator dan fakta bahwa 50% anak kuda zebra meninggal di tahun pertama mereka.


8. Sistem Perlindungan Yang Unik Dengan Garis-Garis Belang

Jika salah satu anggotanya cedera atau hingga terkapar, maka kerumunan terdekatnya akan melindunginya dengan cara mengelilinginya membentuk pagar.

Tujuannya untuk mengaburkan predator yang sedang mengincar. Belang-belang tersebut membantu sistem pertahanan zebra terhadap predator. Belang pada tubuh zebra memecah kontur rata hewan, menyamarkan bentuk asli zebra. Ketika zebra bergerak, pola itu lebih membingungkan lagi.


9. Warna Zebra Sebenarnya Hitam Dengan Garis Putih

Pertanyaan ini sering muncul. Warna zebra adalah hitam dengan garis putih atau putih dengan garis hitam? Sebuah studi baru-baru ini mencari data embriologi yang ditemukan adalah bahwa zebra benar-benar memiliki warna hitam dengan garis putih dan berada di bawah perut.

Tujuan utama garis hitam dan putih pada tubuh zebra adalah untuk kamuflase. Studi juga menunjukkan bahwa garis-garis itu baik untuk mencegah serangga menghisap darah, seperti serangga pikat horsefly (lalat berukuran besar dan pengisap dan penjilat darah), dari menyerang mereka.

 

10. Zebra Adalah Hewan Yang Bersosial

Zebra merupakan hewan sosial, mereka dapat menghabiskan waktu dalam kelompok kawanan. Mereka mencari rumput bersama-sama dan zebra jantan akan saling menjilati atau menggigit-gigit satu sama lain untuk membersihkan tubuh dari kotoran.

Zebra juga kerap bergabung dengan kelompok zebra lainnya dan akan membentuk kawanan besar, ratusan hingga berjumlah ribuan.

 

Bacaan Lainnya

 

Sumber bacaan: Discover WildlifeOne Kind PlanetNational GeographicZebra FactsCNN Indonesia

  

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-05-02T09:20:31+07:00 Mei 12th, 2017|IPA, Top 10|0 Comments

Leave A Comment