Mengapa Gunung Es Iceberg Dapat Mengapung Di Laut?

Mengapa Gunung Es Iceberg Dapat Mengapung Di Laut?

Mereka adalah mimpi buruk bagi setiap nahkoda kapal.

Pembentukan blok gunung es atau iceberg raksasa yang terkadang berberat ratusan ribu ton dapat mengapung di permukaan laut.

Meskipun ukuran mereka yang mengesankan, bagian dari permukaan mereka – selalu 10% – muncul atau timbul ke permukaan. Hal flotasi ini dimungkinkan karena “Hukum Archimedes“. Suatu benda yang dicelupkan sebagaian atau seluruhnya ke dalam zat cair akan mengalami gaya ke atas yang besarnya sama dengan berat zat cair yang dipindahkan oleh benda tersebut.


 

Gunung Es Dapat Mengapung Di Laut Karena

Kepadatan es lebih rendah dari air laut. Dan bongkahan es terbuat dari air tawar yang menjadikan air laut menjadi lebih padat dibanding dengan air tawar. Hal ini menambah daya mengapung pada bongkahan es tersebut.

Karena densitas es (920 kg/m3) lebih rendah dari air laut (1025 kg/m3), umumnya, sekitar 90% volume gunung es berada di bawah permukaan laut dan bentuk bagian tersebut sulit diperkirakan hanya berdasarkan apa yang tampak di permukaan.

Dan massa es tertentu yang terjadi lebih kosong daripada ketika massa yang sama sebagai air. Hal ini terkait dengan “ikatan hidrogen”.


 

Gunung Es Iceberg


 

Ikatan Hidrogen

Molekul air terdiri dari dua tom hidrogen (H) dan satu atom oksigen (O). Atom-atom hidrogen dan oksigen terikat dengan membagi electron mereka antara satu dan lainnya.

Ikatan ini disebut “ikatan kovalen”

Bagaimanapun, karena atom oksigen menarik electron lebih kuat dari atom hidrogen, atom oksigen dalam molekul air sedikit lebih negative dan atom hidrogen sedikit lebih positif. Jadi molekul air yang berdekatan tertarik antara satu dengan yang lainnya melalui atom oksigen yang sedikit lebih negative dan atom hidrogen yang sedikit lebih positif. Interaksi ini disebut “ikatan hidrogen”. Ikatan hidrogen lebih lemah daripada ikatan kovalen, namun, ikatan jenis ini memiliki efek yang besar karena terdaat banyak ikatan hidrogen


 

Struktur Es Dan Air

Es memiliki struktur intan karena ikatan hidrogen. Air tidak memiliki struktur yang demikian teratur, tai molekul air mendekat satu dan lainnya karena ikatan hidrogen. Lihatlah struktur sebenarnya antara es dan air (lihat gambar di bawah, gambar diberikan oleh MathMol). Bola merah mewakili atom oksigen dan bola putih mewakili atom hidrogen


Gunung Es Iceberg Terbesar Di Bumi

Gunung es terbesar yang tercatat adalah tabel gunung es Antartika dari lebih dari 31.000 km² terlihat 240 km sebelah barat dari Pulau Scott, di Samudra Pasifik Selatan, oleh USS Glacier pada tanggal 12 November 1956.


Bacaan Lainnya


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: ReferenceNational Snow and Ice Data Center

 

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-05-02T09:20:44+07:00 Mei 11th, 2017|IPA|0 Comments

Leave A Comment