fbpx

Gempa Bumi Buatan Yang Disebabkan Oleh Aktivitas Manusia

Gempa Bumi Buatan

Gempa bumi buatan adalah gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas dari manusia, seperti peledakan dinamit, nuklir atau palu yang dipukulkan ke permukaan bumi.

 

Gempa Bumi Buatan

 

Rongga-Rongga

Seperti contoh, pertambangan meninggalkan rongga-rongga yang umumnya mengubah keseimbangan kekuatan di dalam bukit / gunung. Kekosongan dan rongga-rongga ini dapat menyebabkan keruntuhan dan dapat membuat gelombang seismik dan dalam beberapa kasus menyebabkan gempa bumi kecil.

 

Gempa Bumi Buatan


Gempa Bumi Yang Diakibatkan Oleh Nuklir

Ini memiliki skala yang lebih besar, ledakan bisa menyebabkan bumi bergetar demi jarak yang cukup jauh. Para ilmuwan menggunakan seismograf untuk memantau uji coba nuklir laut, bawah tanah dan sebagainya. Beberapa pemerintah seperti Amerika, Inggris, Cina dan negara lainnya, menganalisis gelombang kejut (gempa bumi) yang dihasilkan oleh ledakan nuklir untuk mempelajari efek dari tes nuklir dan untuk memantau pengujian di tempat-tempat lainnya.


Gempa Bumi Runtuhan

Gempa bumi runtuhan biasanya terjadi pada daerah kapur ataupun pada daerah pertambangan. Untuk mengetahui gempa bumi runtuhan, mohon klik disini.


Gempa Bumi Tumbukan

Gempa bumi tumbukan diakibatkan oleh tumbukan meteor atau benda langit yang besar seperti asteroid yang jatuh ke Bumi. Info lebih detail, mohon klik disini.


Gempa Bumi Tektonik

Getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Detail dari gempa bumi tektonik, mohon klik disini.


Gempa Bumi Vulkanik

Gempa bumi vulkanik (gunung api) terjadi akibat adanya aktivitas magma, yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus. Mohon klik disini untuk mengetahui lebih lanjut tentang gempa bumi vulkanik.


Artikel-Artikel Pinter Pandai Tentang Gempa Bumi

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Science ABCCalifornia State University – Long Beach

    
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-05-07T10:10:28+00:00 November 14th, 2015|Geografi & Sejarah, Lainnya|0 Comments

Leave A Comment