Gempa Bumi Tektonik

3 min read

Gempa bumi tektonik

Gempa Bumi Tektonik

Gempa bumi tektonik adalah getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa tektonik disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi (lempeng Bumi).

 

Getaran Lempeng Bumi Yang Mengakibatkan Gempa Bumi

Saat lempeng bergerak, mereka menyebabkan getaran yang menghasilkan gempa bumi tektonik. Ribuan gempa terjadi setiap tahun, namun hanya sedikit di antaranya yang cukup merusak untuk dianggap bencana. Banyak gempa bumi sangat ringan sehingga sedikit orang yang memperhatikannya.

Para ilmuwan telah mengembangkan sebuah instrumen yang disebut seismograf, yang mengukur dan mencatat intensitas gempa bumi. Karena seismograf sangat sensitif, mereka membantu ilmuwan memprediksi gempa bumi juga.

Mereka dapat merekam bahkan “kejutan” kecil dan perubahan di lapisan bumi dan ini membantu untuk memantau penumpukan tekanan yang mengarah pada gempa bumi. Dengan membandingkan data dari seismograf di berbagai lokasi di seluruh dunia, para ilmuwan bisa mendapatkan gambaran yang lebih baik mengenai kekuatan di tempat kerja di bawah tanah.

 

Gempa bumi tektonik

 

Gempa bumi lempeng tektonik


Gempa Bumi Vulkanik

Gempa bumi vulkanik (gunung api) terjadi akibat adanya aktivitas magma, yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus. Mohon klik disini untuk mengetahui lebih lanjut tentang gempa bumi vulkanik.


Gempa Bumi Runtuhan

Gempa bumi runtuhan biasanya terjadi pada daerah kapur ataupun pada daerah pertambangan. Untuk mengetahui gempa bumi runtuhan, mohon klik disini.


Gempa Bumi Buatan

Gempa bumi buatan adalah gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas dari manusia, seperti peledakan dinamit, nuklir atau palu yang dipukulkan ke permukaan bumi. Info lebih detail tentang gempa bumi buatan, mohon klik disini.


Gempa Bumi Tumbukan

Gempa bumi tumbukan diakibatkan oleh tumbukan meteor atau benda langit yang besar seperti asteroid yang jatuh ke Bumi. Info lebih detail, mohon klik disini.


Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Earth EclipseCalifornia State University – Long Beach

       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.