Mengapa Gempa Bumi Vulkanik Bisa Terjadi?

3 min read

Gempa bumi vulkanik

Apakah Gempa Bumi Vulkanik?

Gempa bumi vulkanik (gunung api) terjadi akibat adanya aktivitas magma, yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus.

Apabila keaktifannya semakin tinggi maka akan menyebabkan timbulnya ledakan yang juga akan menimbulkan terjadinya gempa bumi. Gempa bumi tersebut hanya terasa di sekitar gunung api tersebut.

 

Mengapa Gempa Bumi Vulkanik Bisa Terjadi?

Anda mungkin tahu bahwa gempa bumi bisa menjadi bencana alam yang sangat besar. Tapi kenapa mereka terjadi?

Gempa bumi vulkanik adalah gempa bumi yang disebabkan oleh adanya peningkatan aktifitas gunung berapi. Getaran yang dirasakan saat gempa vulkanik diakibatkan oleh adanya pergerakan magma pada perut bumi sehingga menyebabkan getaran-getaran di sekitar gunung berapi tersebut.

Gempa bumi dan gunung berapi terjadi di sepanjang tepi lempeng Bumi. Para ilmuwan telah mengembangkan sebuah teori yang menjelaskan bagaimana lempeng raksasa ini bergerak, sehingga menciptakan, menghancurkan dan membentuk kembali benua dan samudra dalam jangka waktu yang lama. Teori ini disebut teori lempeng tektonik.

Secara lebih detail, permukaan bumi terbentuk dari lempengan batu besar yang disebut pelat. Pelat ini, juga disebut lempeng tektonik, selalu bergerak. Terkadang mereka saling mendorong satu sama lain. Di lain waktu mereka benar-benar bertabrakan satu sama lain. Gerakan lempeng menyebabkan penumpukan sejumlah besar energi di bebatuan.

Ketika energi dilepaskan, ia menghasilkan getaran yang berjalan melalui batu, yang menyebabkan gempa bumi. Selama gempa bumi, kesalahan, atau keretakan raksasa, dihasilkan oleh tekanan batu yang bergerak.


Magma Dari Gunung Berapi

Magma meletus dari gunung berapi tidak datang langsung dari mantel, tetapi dari ruang magmatik besar atau “kaldera” dan terletak di dalam kerak bumi. Kaldera tersebut terletak pada beberapa kilometer di bawah gunung berapi, langsung berhubungan dengan kawahnya.

 

Website yang menunjukkan dan menyiarkan gempa bumi secara langsung (bahasa Inggris)
http://earthquaketrack.com/recent


Gempa bumi vulkanik

 

Gempa bumi vulkanik

 

Gempa Bumi Runtuhan

Gempa bumi runtuhan biasanya terjadi pada daerah kapur ataupun pada daerah pertambangan. Untuk mengetahui gempa bumi runtuhan, mohon klik disini.


Gempa Bumi Buatan

Gempa bumi buatan adalah gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas dari manusia, seperti peledakan dinamit, nuklir atau palu yang dipukulkan ke permukaan bumi. Info lebih detail tentang gempa bumi buatan, mohon klik disini.


Gempa Bumi Tumbukan

Gempa bumi tumbukan diakibatkan oleh tumbukan meteor atau benda langit yang besar seperti asteroid yang jatuh ke Bumi. Info lebih detail, mohon klik disini.


Gempa Bumi Tektonik

Getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Detail dari gempa bumi tektonik, mohon klik disini.


Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

    

Sumber bacaan: Edu PlaceEarth Eclipse

 

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.