Hall of Mirrors (Galerie des Glaces)|Simbol kemegahan di Istana Versailles

Hall of Mirrors Simbol kemegahan di Istana Versailles

Simbol kemegahan Istana Versailles, Hall of Mirrors (Aula Cermin) telah membuat Prancis terkenal di seluruh dunia, dengan gaya barok yang terletak di Istana Versailles, yang merupakan salah satu simbol ruangan yang sangat menonjol. Mahakarya, dirancang dan dibangun dari tahun 1678 hingga 1684 oleh arsitek Jules Hardouin-Mansart dan pelukis Charles Le Brun untuk kejayaan raja Prancis; Louis XIV telah mendapatkan kembali kilau aslinya. Jelajahi salah satu harta Prancis yang paling indah…

Untuk apa Hall of Mirrors digunakan?

Dia sangat terkenal sehingga Anda membayangkan dia selalu ada di sana! Namun, Raja Matahari tidak memutuskan untuk membangun Aula Cermin yang menakjubkan ini – sebagai pengganti teras bergaya Italia yang ditata oleh Le Vau menghadap taman – hanya pada akhir Perang Belanda. Ini terjadi pada tahun 1678, tahun yang menandai puncak pemerintahan Louis XIV. Sementara Versailles akan menjadi pusat pemerintahan, Grande Galerie, demikian sebutannya pada saat itu, dimaksudkan untuk mengabadikan kemuliaan penguasa. Bahkan hari ini, ketika Anda memasuki ruangan yang dirancang oleh arsitek Jules Hardouin-Mansart, Anda merasa kecil…

Panjang tujuh puluh tiga meter, lebar sepuluh meter, tinggi dua belas meter, galeri yang tidak proporsional ini bermandikan cahaya yang masuk melalui tujuh belas jendela besar dan tercermin dalam tujuh belas panel kaca di dinding seberangnya. Itu dibingkai di sebelah kiri (ke barat) oleh Salon de la Paix, dan di sebelah kanan (ke timur) oleh Salon de la Guerre.

Plafon Galeri Hall of Mirrors

Mustahil untuk tidak melihat ke atas: langit-langit kubah yang dicat menggambarkan eksploitasi politik dan militer Raja Matahari. Sejarah lebih dari seribu meter persegi! Komposisi yang mengesankan ini dihiasi dengan alegori dan pujian trompe-l’oeil dengan penekanan pada tahun-tahun pertama pemerintahan Louis XIV, dari tahun 1661 hingga perdamaian Nijmegen, pada tahun 1679. Penulis karya keberanian ini? Pelukis raja, Charles Le Brun, tentu saja, yang ada di puncak seninya. Di lemari besi yang sangat besar ini, ini adalah masalah kebijakan dalam negeri – oval di tengah menggambarkan empat fondasi pemerintahan: Keadilan, Keuangan, Perdagangan, Seni – tetapi juga kebijakan luar negeri. Kiasan khusus dibuat untuk perang Belanda dan Devolusi, tetapi di atas semua itu adalah tuduhan – bukan tanpa humor, apalagi – terhadap kekuatan Eropa, saingan kerajaan.

Seberapa besar tempat ini?

Panjangnya 73 m (240 kaki) dan kedalaman 10,50 m (34,4 kaki). Dengan ketinggian 12,30 m (40,4 kaki) mencapai lantai loteng Corps de Logis. Jendela persegi di lantai atas, yang dapat dilihat dari luar, hanya berfungsi untuk tujuan estetika, karena tidak ada ruangan di dalamnya. Pemasangan jenis perapian apa pun tidak pernah dipikirkan karena Hall of Mirrors terlalu besar untuk dipanaskan secara efektif. Galeri ini ditutupi dengan 357 cermin, yaitu 21 cermin di masing-masing dari 17 lengkungan menghadap 17 jendela.

Apa pentingnya Aula Cermin di Versailles?

Perjanjian Versailles, 1919

Hall of Mirrors adalah lokasi yang pedih untuk penandatanganan perjanjian karena menyaksikan kebangkitan dan kejatuhan Jerman selama periode 50 tahun. Pada tahun 1871 galeri adalah tempat berdirinya Kekaisaran Jerman dideklarasikan, setelah Prancis dikalahkan dalam perang Prancis-Prusia. Perjanjian Versailles adalah perjanjian utama yang dihasilkan oleh Konferensi Perdamaian Paris pada akhir Perang Dunia I. Itu ditandatangani pada 28 Juni 1919, oleh Sekutu dan kekuatan terkait dan oleh Jerman di Hall of Mirrors di Istana Versailles dan mulai berlaku pada tanggal 10 Januari 1920.

Berapa banyak lampu gantung di aula cermin?

43 Lilinstick
Aula Cermin dan 43 Lampu Gantung => Aula Cermin, ruangan paling terkenal di Istana Versailles, dibangun untuk menggantikan teras besar yang dirancang oleh arsitek Louis Le Vau dan memberikan penghormatan kepada kesuksesan politik, ekonomi, dan artistik dari Prancis.

Tips Mengunjungi Aula Cermin (Hall of Mirrors) Versailles

Waktu terbaik untuk mengunjungi Hall of Mirrors idealnya antara pagi dan sore hari, sebaiknya pada hari kerja. Ini membantu Anda mengalahkan kerumunan dan antrian. Saat pergi ke Versailles, jangan lewatkan pertunjukan air mancur yang terkenal.

Hall of Mirrors, tempat sejarah

Selama masa pemerintahan Louis XIV, galeri pada dasarnya adalah tempat perjalanan, raja lebih memilih untuk menerima tamu-tamu terhormat di salon-salon apartemen besar. Namun, beberapa audiensi diberikan di sana, termasuk kepada Doge of Genoa pada tahun 1685, kepada duta besar Siam pada tahun 1686 dan kepada orang-orang dari Shah Persia pada tahun 1715. Louis XV juga menerima kedutaan Raja Mahmud I dari Turki pada tahun 1742 Secara anekdot, galeri melihat penangkapan Pendeta Agung Prancis Kardinal de Rohan yang ceroboh pada tahun 1785, sebelum pemenjaraannya di Bastille (epilog urusan kalung ratu).

Aula Cermin juga merupakan tempat untuk perayaan besar seperti pernikahan calon Dauphin Louis XVI dengan Marie-Antoinette dari Austria pada tahun 1770, resepsi oleh Jenderal De Gaulle dari Presiden John Fitzgerald Kennedy dan istrinya, yang diberikan dalam kehormatan Syah terakhir Iran Mohammad Reza Pahlavi oleh Valéry Giscard d’Estaing pada tahun 1974 atau undangan perwakilan “G7” oleh Presiden François Mitterrand dari 4 hingga 6 Juni 1982.

Galeri Hall of Mirrors berubah menjadi rumah sakit militer selama Perang Prancis-Prusia tahun 1870

Runtuhnya Kekaisaran Kedua pada tahun 1870 setelah kemenangan tentara Jerman disertai dengan kemajuan cepat musuh ke Paris, berubah menjadi kamp yang bercokol. Orang Prusia berkemah di ketinggian sekitar, di mana pertempuran putus asa terjadi (Buzenval). Setelah pertempuran Vélizy pada 19 September 1870 dan ketika tentara Jerman memasuki Versailles, yang terluka pertama mulai berdatangan ke sana, dipimpin oleh Dokter Kirchner.

Galeri Hall of Mirrors berubah menjadi rumah sakit militer selama Perang Prancis-Prusia tahun 1870

Galeri Hall of Mirrors berubah menjadi rumah sakit militer selama Perang Prancis-Prusia tahun 1870. Sumber foto: Wikimedia Commons

Pada tanggal 21, Pangeran Kerajaan Prusia, calon Frederick III, memberi perintah untuk memasang ambulans di kastil yang ditinggalkan tanpa pengawasan. Sayap Selatan ditempati terlebih dahulu, kemudian Aula Cermin, dan sebagian dari layanan medis diperluas ke Sayap Utara juga. Penjaga dan sipir kastil diperbantukan untuk merawat tentara Jerman yang terluka.

Sumber bacaan: Cleverly Smart,

Sumber foto (foto utama): Wikimedia Commons

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-06-28T10:00:41+07:00 Juni 23rd, 2021|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment