fbpx

Hari Ibu Tanggal 22 Desember – Ucapan Selamat Hari Ibu, Ide Kado Bermakna, Sejarah

Hari Ibu

Adalah hari peringatan atau perayaan untuk menghormati peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya. Di Indonesia hari ibu dirayakan pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional.

Peringatan Hari Ibu adalah salah satu bentuk ucapan terimakasih dari anak untuk seorang ibu yang telah melahirkan, membesarkannya dan mendidik secara baik. Walaupun peringatan Hari Ibu berbeda-beda tanggal perayaannya di setiap negara tetapi bagi para anak di dunia setiap hari bagi mereka merupakan Hari Ibu.

 

Contoh Ucapan Selamat Hari Ibu

  • Seorang wanita yang telah memberi kami cinta dan pengorbanan. Selamat Hari Ibu!

  • Terkadang, Ibu mengatakan dan melakukan hal-hal yang sepertinya tidak disukai anak… tapi ketika aku melihat lebih dekat, aku menyadari bahwa itu untuk membantu aku dikemudian hari. Ibu hanya ingin memberikan kehidupan yang lebih baik. Selamat Hari Ibu!

  • Hari Ibu berarti lebih dari bunga dan hadiah. Mungkin ucapan terima kasihku tidak akan cukup. I love you Mom!

  • Engkau adalah Ibuku, temanku hari ini dan disetiap harimu. Selamat Hari Ibu!

  • Seorang Ibu adalah teman pertamaku, teman terbaikku, walau apapun yang terjadi… Ibu adalah teman selamaku. Selamat Hari Ibu!

  • Ibu memegang tangan anak-anak mereka hanya untuk sementara waktu, tapi hati mereka untuk selamanya. Selamat Hari Ibu!

  • Seorang Ibu mengerti walaupun anak tidak mengatakan apa-apa. Selamat Hari Ibu!

  • Pelukan Ibu lebih menenangkan daripada yang lainnya. Anak-anak tidur nyenyak dalam pelukannya. Selamat Hari Ibu!

  • Seorang Ibu berpakaian dengan kekuatan dan martabat, tertawa tanpa takut akan masa depan. Saat dia mengucapkan kata-katanya bijak dan dia memberi instruksi dengan baik. Selamat Hari Ibu!

  • Tidak ada beludru yang begitu lembut seperti pangkuan Ibu, tidak ada mawar secantik senyumnya, tidak ada jalan yang begitu berbunga seperti yang tercetak dengan jejaknya. Selamat Hari Ibu!

  • Hari spesial bagi kaum Ibu, dia adalah sahabat terbaik saya dan jauh lebih baik. Selamat hari ibu!

  • Hanya Ibu yang membuat saya tersenyum hari ini adalah melihat, memeluk, tertawa dan bekerja dengan Ibu saya. Selamat hari Ibu!

Ucapan hari ibu

Engkau adalah Ibuku, temanku hari ini dan disetiap harimu. Selamat Hari Ibu!

 

Mama

Bunda dan Mama adalah sebutan lain untuk Ibu. Pemanggilan Ibu dengan sebutan “Mama” sudah menjadi hal yang umum di masyarakat Indonesia. Bunda itu mengandung konotasi yang lemah lembut, tenang, kalem dan segala sifat kelembutan seorang Ibu. Sebagian besar untuk bayi menyebut “Bunda”, akan sedikit mengalami kesusahan dalam mengucapkannya. Tahukah Anda bahwa Hari Ibu di Indonesia diperingati setiap tanggal 22 Desember?

Jadi lebih gampang buat bayi menyebut ayah atau mama papa, bahkan ibu. Kebanyakan bayi baru bisa mulai menyebut “bunda” dengan sempurna di usia sekitar 20 bulanan.

Di dunia paling banyak manggil “Papa-Mama”. Orang Turki manggil “Baba-Anne”, orang melayu “Bapak-Emak”, orang Mesir “Baba-Mama”, orang Teluk Arab manggil “Abuya-Ummi” dan masih banyak lagi…

 

 

Selamat hari ibu

Selamat Hari Ibu – 22 Desember.

 

Panggilan Ibu Versi Bahasa Daerah

Jangan pernah lupakan dan malu untuk mengatakan panggilan Ibu versi bahasa daerah asal. Biar anak tidak pernah lupa, walau tinggal di tengah kota. Contohnya: “Emak”, “Mbok”, “Nyak”, “Ambu” dan “Amak”.

Sebagai generasi penerus, kita harus bangga memiliki bahasa daerah masing-masing dan ini akan menambah warna-warni “terutama bagi Anda yang tinggal di kota besar.

Dalam bahasa gaul Ibu disebut dengan Nyokap.

 

Selamat hari Ibu

Selamat Hari Ibu – 22 Desember.

 

Beberapa Panggilan Lain Untuk Ibu

  • Amak, Mandeh (Minangkabau)
  • Enyak (Betawi dan Bali)
  • Emak (Sunda)
  • Ibuk (Jawa)
  • Inaq (Lombok)
  • Inang (Batak Toba)
  • Mak / mamak / bonda(Kepulauan Riau)
  • Nande (Batak Karo)
  • Umai (Dayak Ngaju)
  • Umak (Basemah)

 

Selamat Hari Ibu

Kongres Perempoean Indonesia tahun 1938 di Bandung menetapkan bahwa tanggal 22 Desember menjadi “Hari Ibu”. Keputusan ini dikukuhkan dengan keputusan Presiden RI No. 316 tanggal 16 Desember 1959 menjadi Hari Nasional.

 

Selamat hari Ibu

Selamat Hari Ibu. Semoga semua impian dan keinginan Anda terwujud!

 

Hari Ibu Nasional 22 Desember

 

Sejarah Hari Ibu Nasional

1. Diawali ketika gema Sumpah Pemuda dan lantunan lagu Indonesia pada 28 Oktober 1928

Digelorakan dalam kongres Pemuda Indonesia, menggugah semangat para pimpinan perkumpulan kaum perempuan untuk mempersatukan diri dalam satu kesatuan wadah mandiri.

Pada saat itu sebagian besar perkumpulan masih merupakan bagian dari organisasi pemuda pejuang pergerakan bangsa.

2. Atas prakarsa para Perempuan Pejuang Pergerakan Kemerdekaan pada 22-25 Desember 1928 digelarlah kongres perempuan Indonesia yang pertama kali di Yogyakarta

Salah satu keputusannya adalah dibentuknya satu organisasi federasi yang mandiri dengan nama Perikatan Perkoempoelan Perempoean Indonesia (PPPI).

Melalui PPPI tersebut, terjalin kesatuan semangat juang kaum perempuan bersama-sama dengan kaum laki-laki berjuang meningkatkan harkat dan martabat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka dan berjuang bersama-sama kaum perempuan untuk meningkatkan harkat dan martabat perempuan Indonesia menjadi perempuan yang maju.

Pada 1929, Perikatan Perkoempoelan Perempuan Indonesia (PPPI) berganti nama menjadi Perikatan Perkoempoelan Istri Indonesia (PPII). Pada 1935 diadakan kongres perempuan Indonesia II di Jakarta. Kongres tersebut disamping berhasil membentuk Badan Kongres Perempuan Indonesia, juga menetapkan fungsi utama Perempuan Indonesia sebagai Ibu Bangsa, yang berkewajiban menumbuhkan dan mendidik generasi aru yang lebih menyadari dan lebih tebal rasa kebangsaannya.

Pada 1938, Kongres Perempuan Indonesia III di Bandung menyatakan bahwa tanggal 22 Desember sebagai hari Ibu.

3. Kepres 316 tahun 1959

Presiden Soekarno kemudian mengukuhkannya melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional yang Bukan Hari Libur tertanggal 16 Desember 1959, yang menetapkan bahwa Hari Ibu tanggal 22 Desember merupakan hari Nasional dan bukan hari libur.

Tahun 1946, Badan ini menjadi Kongres Wanita Indonesia disingkat Kowani, yang sampai saat ini terus berkiprah sesuai aspirasi dan tuntutan zaman.

Peristiwa besar yang terjadi pada 22 Desember itu kemudian dijadikan tonggak sejarah bagi Kesatuan Pergerakan Perempuan Indonesia. Hari Ibu oleh bangsa Indonesia diperingati tidak hanya untuk menghargai jasa-jasa perempuan sebagai seorang ibu, tetapi juga jasa perempuan secara menyeluruh, baik sebagai ibu dan isteri maupun sebagai warga negara, warga masyarakat dan sebagai abdi Tuhan Yang Maha Esa.

 

Hari Ibu Nasional

Ibu dapat melihat melalui mata seorang anak dan melihat keesokan harinya.
Selamat Hari Ibu!

 

Mengapa kita merayakan Hari Ibu?

Peringatan Hari Ibu dimaksudkan untuk mengingatkan seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda akan makna hari bu sebagai hari kebangkitan dan persatuan serta kesatuan perjuangan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan perjuangan bangsa.

Semangat perjuangan kaum wanita Indonesia tersebut sebagaimana tercermin dalam lambang Hari Ibu berupa setangkai bunga melati dengan kuntumnya yang menggambarkan:

1. Kasih sayang kodrati antara Ibu dan anak.
2. Kekuatan, kesucian antara Ibu dan pengorbanan anak.
3. Kesadaran wanita untuk menggalang kesatuan dan persatuan, keikhlasan bakti dalam pembangunan bangsa dan negara.

 

Aku cinta Ibu

Cinta seorang ibu lebih indah daripada bunga lainnya.
Selamat Hari Ibu!

 

Ide kado untuk Hari Ibu yang bermakna

  • Hanya mengucapkan selamat Hari Ibu dengan sepenuh hati. Karena hadiah akan tinggal menjadi hadiah. Tetapi kenang-kenangan di hati akan terkenang sepanjang masa.

  • Berdoa, berterima kasih untuk segalanya dan selalu berkelakuan baik terhadap Ibu setiap saat. Tidak hanyak pada Hari Ibu saja!

  • Membuat album foto kenangan.

  • Daripada ke restoran, berisik dan penuh orang… bagaimana kalau piknik di taman yang berbunga dan rindang? Anda dapat pergi berdua saja atau dengan seluruh keluarga.

  • Masak salah satu makanan favoritnya dan biarkan dapur tetap bersih saat Anda selesai. Atur meja dan biarkan dia rileks dan nikmati makanannya saat Anda melayaninya.

  • Tidak ada yang mencerahkan perayaan keluarga seperti musik. Tapi jika Anda ingin benar-benar bersenang-senang, buatlah kontes karaoke. Untuk memulai, mintalah setiap anggota keluarga memilih lagu favorit dari CD, tape, atau video yang Anda miliki saat ini.

  • Jika Anda memiliki beberapa ruang ekstra di kebun Anda, Anda bisa menciptakan kanvas Hari Ibu yang baik dan nyata. Pertama, beli berbagai paket bibit bunga yang tumbuh cepat dan baik di wilayah Anda. Kemudian mintalah anak-anak Anda menggambar atau menulis pesan singkat (seperti “We love Mom”) di kebun dengan tongkat. Jatuhkan bibit bunga ke garis; lalu tutupi. Jangan lupa untuk menyemprot air secukupnya. Tak lama kemudian, gambar (atau pesan) Anda akan mekar; dan Anda akan memiliki hadiah Hari Ibu yang terus berkembang.

  • Akhirnya, apa jadinya Hari Ibu tanpa pelukan dan ciuman? Salah satu cara untuk mengatasinya pada hari Anda adalah dengan membuat jadwal “pelukan dan ciuman” dan memasangnya di kulkas atau tempat lain yang terlihat. Misalnya, Anda bisa menulis, “10:30 pagi: Semua orang berjalan mengelilingi sofa dan memeluk dan mencium Ibu.” atau “2:15 siang: Semua orang melompat mengelilingi pohon jambu dengan satu kaki dan merakit pelukan bersama.” Buatlah arahan Anda sendiri dan hal-hal yang menyenangkan untuk dilakukan – tapi pastikan untuk memasukkan banyak pelukan, ciuman dan tawa di hari Anda.

 

Selamat hari Ibu

Ibu memegang tangan anak-anak mereka hanya untuk sementara waktu, tapi hati mereka untuk selamanya. Selamat Hari Ibu!

 

Tanggal perayaan Hari Ibu di berbagai negara

Kalender Gregorian

Definisi

Tanggal

Negara

Pekan ke dua bulan Februari

14 Februari 2010

Bendera Norwegia Norwegia

2 Februari

Bendera Yunani Yunani

30 Shevat

(Antara tanggal 30 Januari dan 1 Maret)

Bendera Israel Israel

3 Maret

Bendera Georgia Georgia[12]

8 Maret

 Afganistan

 Albania†

Bendera Armenia Armenia

 Azerbaijan

Bendera Belarus Belarusia†

Bendera Bosnia dan Herzegovina Bosnia dan Herzegovina

Bendera Bulgaria Bulgaria†

Bendera Kazakhstan Kazakhstan†

Bendera Laos Laos

Bendera Republik Makedonia Makedonia†

Bendera Moldova Moldova

Bendera Montenegro Montenegro

Bendera Rumania Romania

Bendera Rusia Rusia†*

Bendera Serbia Serbia

Bendera Ukraina Ukraina†

Pekan ke empat Lent

14 Maret 2010

Bendera Republik Irlandia Irlandia

Bendera Nigeria Nigeria

Bendera Britania Raya Britania Raya

21 Maret

(Ekuinoks vernal)

Bendera Bahrain Bahrain

Bendera Mesir Mesir

Bendera Yordania Yordania

Bendera Kuwait Kuwait

Bendera Libya Libya

Bendera Lebanon Lebanon

Bendera Oman Oman

Bendera Negara Palestina Palestina

Bendera Arab Saudi Arab Saudi

Bendera Sudan Sudan

 Somalia

 Suriah

Bendera Uni Emirat Arab Uni Emirat Arab

Bendera Yaman Yaman (Seluruh Flag of the Arab League.svg Liga Arab pada umumnya)

25 Maret

Bendera Slovenia Slovenia

7 April

Bendera Armenia Armenia

24 April +/- 5 hari BaisakhAmavasya (Mata Tirtha Aunsi)

Bendera Nepal Nepal

Pekan pertama bulan Mei

2 Mei 2010

Bendera Hongaria Hungaria†

 Lituania

Bendera Mozambik Mozambik

Bendera Portugal Portugal

Bendera Makau Makau

Bendera Spanyol Spanyol

8 Mei

Bendera Albania Albania (Hari Orangtua)

Bendera Korea Selatan Korea Selatan (Hari Orangtua)

10 Mei

Bendera El Salvador El Salvador

Bendera Guatemala Guatemala

Bendera Meksiko Meksiko

Pekan ke dua bulan Mei

9 Mei 2010

Bendera Anguilla Anguilla

Bendera Aruba Aruba

Bendera Australia Australia

Bendera Austria Austria

Bendera Bahama Bahama

Bendera Bangladesh Bangladesh

Bendera Barbados Barbados

Bendera Belgia Belgia

Bendera Belize Belize

Bendera Bermuda Bermuda

Flag of Bonaire.svg Bonaire

Bendera Brasil Brasil

Bendera Brunei Brunei

Bendera Bulgaria Bulgaria

Bendera Kanada Kanada

Bendera Chili Chili

Bendera Republik Rakyat Tiongkok Republik Rakyat Tiongkok†[13]

Bendera Republik Tiongkok Taiwan

Bendera Kolombia Kolombia

Bendera Kroasia Kroasia

Bendera Kuba Kuba[14]

Flag of Curaçao.svg Curaçao

Bendera Siprus Siprus

Bendera Ceko Republik Czech

Bendera Denmark Denmark

Bendera Dominika Dominika

Bendera Ekuador Ekuador

Bendera Estonia Estonia

Bendera Ethiopia Ethiopia

Bendera Fiji Fiji

Bendera Finlandia Finlandia

Bendera Jerman Jerman

Bendera Ghana Ghana

Bendera Yunani Yunani

Bendera Grenada Grenada

Bendera Honduras Honduras

Bendera Hong Kong Hong Kong

Bendera Islandia Islandia

Bendera Italia Italia

Bendera Jamaika Jamaika

Bendera Jepang Jepang

Bendera Latvia Latvia*

Bendera Liechtenstein Liechtenstein*

Bendera Malaysia Malaysia

Bendera Malta Malta

Bendera Myanmar Myanmar

Bendera Belanda Belanda

Bendera Selandia Baru Selandia Baru

Bendera Pakistan Pakistan

Bendera Papua Nugini Papua Nugini

Bendera Peru Peru[15]

Bendera Filipina Filipina

Bendera Puerto Riko Puerto Riko

Bendera Saint Kitts dan Nevis Saint Kitts dan Nevis

Bendera Saint Lucia Saint Lucia

Bendera Saint Vincent dan Grenadine Saint Vincent dan the Grenadines

Bendera Samoa Samoa

Bendera Singapura Singapura

Flag of Sint Maarten.svg Sint Maarten

Bendera Slowakia Slowakia

Bendera Afrika Selatan Afrika Selatan

Bendera Sri Lanka Sri Lanka

Bendera Suriname Suriname

Bendera Swiss Switzerland

Bendera Tonga Tonga

Bendera Trinidad dan Tobago Trinidad dan Tobago

Bendera Turki Turki

Bendera Uganda Uganda

Bendera Ukraina Ukraina

Bendera Amerika Serikat Amerika Serikat

Bendera Uruguay Uruguay

Bendera Venezuela Venezuela

Bendera Zambia Zambia

Bendera Zimbabwe Zimbabwe

15 Mei

Bendera Paraguay Paraguay

26 Mei

Bendera Polandia Polandia “Dzień Matki”

27 Mei

Bendera Bolivia Bolivia

Pekan ke empat bulan Mei

30 Mei 2010

Bendera Aljazair Aljazair

Bendera Republik Dominika Republik Dominika

Bendera Perancis Perancis (Minggu pertama pada bulan Juni yang bertepatan dengan Pentakosta)

Bendera Perancis Perancis Antilles(Minggu pertama pada bulan Juni yang bertepatan Pentakosta)

Bendera Haiti Haiti[16]

Bendera Mauritius Mauritius

Bendera Maroko Moroko

Bendera Swedia Swedia

Bendera Tunisia Tunisia

30 Mei

Bendera Nikaragua Nikaragua

1 Juni

Bendera Mongolia Mongolia† (Hari Ibu dan Anak)

Pekan ke dua bulan Juni

13 Juni 2010

Bendera Luksemburg Luksemburg

Minggu terakhir bulan Juni

27 Juni 2010

Bendera Kenya Kenya

12 Agustus

Bendera Thailand Thailand (hari ulang tahun Ratu Sirikit)

15 Agustus (Hari Maria Diangkat ke Surga)

Bendera Antwerp| Antwerp (Belgia)

Bendera Kosta Rika Kosta Rika

19 Agustus(Pâthâre Prabhu di India Selatan)

Bendera India India

Senin ke dua bulan Oktober

11 Oktober 2010

Bendera Malawi Malawi

14 Oktober

Bendera Belarus Belarusia

Pekan ke tiga bulan Oktober

17 Oktober 2010

Bendera Argentina Argentina (Día de la Madre)

Pekan ke empat bulan November

28 November 2010

Bendera Rusia Rusia

8 Desember

Bendera Panama Panama

22 Desember

 Indonesia

Kalender lainnya

Shevat 30 ( bulan kelima tahun sipil dan bulan kesebelas tahun eklesiastikal dalam Kalender Yahudi.)

Antara 30 Januari dan 1 Maret

 Israel

BaisakhAmavasya (Mata Tirtha Aunsi)

Antara 19 April dan 29 April

   Nepal

20 Jumadil akhir (bulan keenam dalam penanggalan hijriyah dan penanggalan Jawa)

14 Juni 2009

 Iran

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

                        

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-05-07T09:56:37+07:00 Desember 22nd, 2015|Ilmu Pengetahuan, Lainnya|0 Comments

Leave A Comment