Hugh Hefner – Pendiri Majalah Playboy

2 min read

Majalah Playboy

Hugh Marston Hefner adalah seorang penerbit majalah gaya hidup pria, pengusaha dan playboy, termasuk majalah PlayBoy terkenal asal Amerika Serikat. Hefner berasal dari Chicago, Illinois dan mantan jurnalis untuk Esquire.

Majalah Playboy

Playboy adalah nama sebuah majalah dewasa yang terkenal dengan foto-foto wanita bugilnya. Didirikan di Chicago pada tahun 1953, oleh Hugh Hefner dan rekan-rekannya dan sebagian didanai oleh pinjaman $ 1.000 dari ibu Hefner. Perusahaannya sendiri menjadi Playboy Enterprise Inc., di mana Playboy tidak berhenti pada majalah saja, tetapi merambah keberbagai bentuk media seperti: penerbitan, perizinan penggunaan nama Playboy komersial, Playboy TV dan hiburan.

Selain photo-photo sensual, Playboy juga memuat artikel mode, olahraga, barang-barang komersial, dan wawancara dengan tokoh tokoh ternama seperti: Bob Dylan, Michael Jordan, Bill Gates, dan Mohammad Ali. Playboy juga pernah melakukan wawancara fenomenal dengan Fidel Castro, Yasser Arafat, Moammar Khadafi dan Malcolm X. Selain itu, banyak penulis fiksi kawakan seperti: Margaret Atwood, Tom Clancy, Roald Dahl dan Arthur C. Clark mengontribusikan cerita pendek mereka di Playboy yang kemudian menjadi tulisan yang terkenal.

Majalah Playboy
Cover majalah Playboy pertamakali – Desember 1953.

Majalah Playboy Indonesia

Playboy Indonesia adalah edisi majalah Playboy dalam bahasa Indonesia. Edisi perdananya terbit pada bulan 7 April 2006 dan ditutup pada Maret 2007.

Pengelola Playboy Indonesia adalah Erwin Arnada, Pemimpin Redaksi; Ponti Corolus, Penerbit/Direktur PT Velvet Silver Media; dan Stephen Walangitang, Penerbit/Direktur PT Velvet Silver Media

Pada edisi perdananya, Playboy Indonesia memuat wawancara panjang dengan sastrawan Pramoedya Ananta Toer dalam rubrik Playboy Interview. Artikel ini merupakan wawancara terakhir yang dilakukan media massa dengan Pram yang meninggal dunia pada 30 April 2006, sekitar tiga pekan setelah wawancaranya diterbitkan oleh Playboy.

Pembelian izin (lisensi) penerbitan Playboy Indonesia dikabarkan mencapai 3 miliar rupiah. Model sampul Playboy edisi perdana adalah Andhara Early dan Playmate pertama Kartika Oktaviani Gunawan. Menurut pemimpin redaksi Playboy Indonesia, majalah Playboy Indonesia berbeda dari pendahulunya di mana isinya 70 persen adalah isi lokal.

Majalah Playboy Indonesia
Majalah Playboy Indonesia edisi pertama. Dengan model sampul Andhara Early.

Sepintas Biografi Hugh Hefner

Hugh Marston Hefner (lahir di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, 9 April 1926 – meninggal di Holmby Hills, Los Angeles, Amerika Serikat, 27 September 2017 pada umur 91 tahun) adalah seorang penerbit majalah gaya hidup pria, pengusaha dan playboy terkenal asal Amerika Serikat. Hefner berasal dari Chicago, Illinois dan mantan jurnalis untuk Esquire.

Ia dikenal karena menjadi pendiri dan kepala jabatan kreatif Playboy Enterprises. Sebagai multi-milioner yang berdikari, kekayaan bersihnya sejumlah lebih dari $43 juta karena ia sukses menjadi pendiri majalah Playboy. Hefner juga merupakan aktivis politik dan filantropis yang aktif dalam beberapa sebab dan masalah publik. Ia merupakan veteran Perang Dunia II.

Majalah Playboy
Hefner bersama partnernya Holly Madison (kiri) dan Bridget Marquardt, 2007.

Meninggalnya Hugh Hefner

Hugh Hefner meninggal pada tanggal 27 September 2017 pada usia 91 tahun di kediamannya, Playboy Mansion Holmby Hills, Los Angeles, California, karena usia yang sudah lanjut.

Playboy Mansion. Alamat: 10236 Charing Cross Road, Los Angeles, California – Amerika Serikat. Playboy mansion menjadi terkenal selama tahun 1970-an melalui laporan media tentang pesta-pesta mewah Hefner.

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: NY Daily NewsThe Guardian

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

5 Replies to “Hugh Hefner – Pendiri Majalah Playboy”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.