fbpx

Misteri Cucian Bulan Purnama – Memutihkan Pakaian – Magis? Legenda? Atau Ilmiah?

Magis? Legenda? Atau Ilmiah?

Terlepas takhayul, manusia serigala… ada hal-hal yang benar-benar aneh terjadi dengan bulan purnama. Mari kita cari tahu lebih jelas tentang misteri cucian bulan purnama. Bulan purnama adalah salah satu fase bulan di mana bulan terletak di belakang bumi ditinjau dari matahari.

Mengingat seberapa banyak ilmuwan mengetahui tentang alam semesta yang masih belum diketahui atau tidak dapat diakses, contohnya lubang hitam (black hole) yang masuk ke inti atom… Bulan masih menyimpan rahasia banyak sekali.

 

Mitos dan Legenda Bulan Purnama

Misteri yang mengelilingi kembali ke Abad Pertengahan atau di zaman kuno. Malam bulan purnama, itu lebih baik diam di rumah, beresiko untuk menemui manusia serigala yang berbahaya. Keyakinan yang berkembang, perubahan, beberapa menghilang dan beberapa menggantikan dengan yang baru.


Misteri Cucian – Misteri Menggantung Pakaian Pada Malam Bulan Purnama Agar Memutihkannya?

Di antara mereka ada juga untuk mencuci terlebih dahulu, kemudian menggantung untuk mengeringkan pada malam bulan purnama, sehingga memutihkan pakaian. Hal ini masih banyak dilakukan pada nenek-nenek yang tinggal dipedesaan.

 

Penjelasan Bulan Purnama Memutihkan Kain

Ratusan tahun yang lalu tidak ada banyak cara untuk memutihkan pakaian, lebih-lebih dengan menggunakan bahan pemutih pakaian yang mengandung klorin. Tapi ada satu cara sederhana dengan meletakkan pakaian di halaman rumput seseorang. Pakaian diletakkan di bawah terik sinar matahari dan bermalam di bawah sinar bulan dan embun malam. Hal ini pada umumnya memberi pakaian tersebut lebih putih yang mempesona dan aroma lingkungan hijau yang paling menyenangkan, sangat berbeda dengan bau polusi yang ada di kota-kota besar.

Di troposfer (lapisan atmosfer yang paling dekat dengan tanah) terjadi reaksi fotokimia, artinya mereka membutuhkan cahaya untuk melakukannya. Mereka dapa memproduksi seperti contohnya ozon dan hidrogen peroksida.

Dalam larutan hidrogen peroksida mengandung air beroksigen yang ber-oksidator kuat, yang sering digunakan untuk pewarnaan rambut! Dan bahwa hidrogen peroksida ditemukan dalam embun, yang akan mengoksidasi pewarna kain organik dan sebagainya, yang dapat memutihkan cucian Anda.

Anda mengatakan bahwa… dalam kasus ini tidak ada kebutuhan khusus dari bulan purnama untuk memutihkan cucian, tapi hanya embun dan matahari.

Sudah seperti yang tertulis diatas, ini adalah reaksi kimia yang membutuhkan interaksi cahaya. Tentu saja, saat bulan terang, itu bulan purnama.

Di sini ada terjadi beberapa keberatan, bahwa bulan hanya mencerminkan sebagian daari matahari, karena cahayanya mengandung UV yang kurang dari matahari (sinarnya 500.000 kali lebih kecil!), sedangkan matahari jauh lebih efektif daripada bulan untuk pemutihan pakaian.

Ya: hidrogen peroksida harus dilarutkan dalam air agar menjadi agen pengoksidasi, atau sinar matahari yang mengeringkan pakaian dapat juga membantunya.

Asumsi “kecemerlangan” warna putih pada pakaian atau baju pada zaman dahulu (ratusan tahun yang lalu) tidak sama dengan zaman sekarang.

 

Misteri cucian bulan purnama


Bahan Kimia Pemutih Zaman Modern

Hari-hari ini sudah sangat sulit untuk memutihkan pakaian dengan cara seperti diatas karena berbagai alasan: tidak ada tempat dihalaman, tidak ada rumput bahkan cucian takut dicuri orang.

Pada zaman modern seperti ini, lebih mudah untuk menggunakan pemutih pakaian yang menggunakan bahan kimia.

Klorin adalah dasar untuk pemutih yang paling umum: misalnya larutan natrium hipoklorit, yang sangat banyak sehingga hanya menyebutnya “pemutih” dan kalsium hipoklorit, senyawa aktif dalam “bubuk pemutih”.

Agen pemutihan oksidatif yang tidak mengandung klorin biasanya didasarkan pada peroksida seperti hidrogen peroksida, natrium percarbonat dan natrium perborat. Sementara kebanyakan pemutih adalah zat pengoksidasi, ada pula yang mereduksi zat seperti natrium dithionite dan sodium borohydride.


Rumus Kimia Pemutih NaClO (Natrium Hipoklorit)

Natrium hipoklorit adalah senyawa kimia dengan rumus NaClO. Ia terdiri dari sebuah kation natrium dan sebuah anion hipoklorit; ia juga dapat dianggap sebagai garam natrium dari asam hipoklorida.
Rumus: NaClO
Massa molar: 74,44 g/mol
Kepadatan: 1,11 g/cm³
Titik lebur: 18°C
Titik didih: 101°C
Larut dalam: Air


Bacaan Lainnya


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: SkepdicKeeper of the Home, Over BlogAmbergris TodayLive Science

       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-06-17T15:11:00+00:00 Agustus 3rd, 2017|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment