Ikan Hiu Aneh | Berjumbai dan Terlihat Seperti Ular Daripada Seekor Ikan Hiu (Frilled Shark)

1 min read

Frilled shark head Ikan Hiu Berjumbai ikan hiu aneh

Ikan Hiu Aneh – Berjumbai

Hiu berjumbai adalah salah satu ikan prasejarah yang aneh dan unik yang telah ditelusuri sampai 80 juta tahun yang lalu. Mereka lebih terlihat seperti ular atau belut dibandingkan seekor hiu. Ikan hiu aneh ini mempunyai nama latin Chlamydoselachus Anguineus atau bahasa Inggrisnya Frilled Shark.

Habitat Ikan Hiu Berjumbai

Mereka ditemukan hingga kedalaman 1.570 meter, sedangkan di Teluk Suruga Negara Jepang, hiu ini paling umum berada pada kedalaman 50-200 meter.

Samudra Atlantik (utara Norwegia, utara Skotlandia, barat Irlandia, Suriname, Georgia, selatan Brazil, barat Afrika, dan dari Prancis hingga Maroko), Pasifik (Jepang, Hawaii, California, Chile, Australia, Tasmania di Australia dan sekitar Selandia Baru).

Dia berenang secara menggelombang dan menangkap mangsanya dengan menekuk tubuhnya dan melompat secara tiba-tiba.

Ukuran Dan Bentuk

Hiu ini mencapai panjang 2 m (6,6 ft) dan memiliki warna coklat gelap, tubuh seperti belut dengan sirip punggung, panggul, dubur berada jauh di belakang dan memiliki.

Dari Mana Nama Ikan Hiu Berjumbai?

Nama umumnya berasal dari penampilan berenda atau berjumbai dari celah insang. Totalnya ia memiliki 6 pasang insang dengan pertemuan pasangan pertama di tenggorokan.

Banyak orang yang mendapatkan hiu ini sewaktu melaut, lalu menjadikannya sebagai ‘tangkapan sampingan’ untuk disantap. Inilah yang menyebabkan statusnya hampir terancam.

Sistem Reproduksi

Hiu berjumbai merupakan vivipar aplacental, mereka melahirkan anaknya tapi tanpa tali plasenta (aplacenta), artinya mereka berkembang biak dg cara ovovivipar. Namun tingkat repdroduksi hiu ini sangat rendah, karenanya hiu ini dinilai sebagai hiu yang sedang terancam.


Ikan Tak Terlihat | Makhluk Laut Transparan


Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber: CleverlySmart, SharkopediaNPR, Marinebio

Sumber foto: Author: OpenCage (CC BY-SA 2.5) via Wikimedia Commons

Penjelasan foto utama: Frilled shark (Chlamydoselachus anguineus)

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Efek Radiasi Sinar Kosmik Pada Makhluk Hidup

Apa saja efek radiasi sinar kosmik pada makhluk hidup? Kehidupan di Bumi dimungkinkan berkat atmosfer dan medan magnet Bumi, pada kenyataannya, tanpa kedua elemen...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *