fbpx

Tibet Adalah Provinsi Cina – Sejarah Dan Budaya

Tibet Adalah Sebuah Provinsi di Cina

Tibet adalah provinsi dari Cina / Republik Rakyat Tiongkok. Merupakan Daerah Otonomi Khusus RRT yang juga diberi nama oleh Cina Xizang.

Letak Tibet berada di pegunungan Himalaya yang sering dikatakan sebagai puncak dunia. Berbatasan dengan Nepal, Bhutan dan India serta Xinjiang, Qinghai & Sichuan di Tiongkok. Sejumlah pegunungan, termasuk pegunungan Himalaya, danau, padang rumput, istana dan biara Buddha menghiasi wilayah Tibet.

 

Peta Tibet

 

Sejarah Tibet

Tibet menjadi provinsi Cina setelah serbuan tentara merah Cina pada tahun 1950 ke wilayah ini, pada musim gugur 1951 pasukan Cina berhasil menguasai ibu kota Lhasa dan mendongkel Dalai Lama dari kekuasaannya. Dalihnya, Dalai Lama menolak kesepakatan kerjasama bertajuk “Rencana Pembebasan Damai Tibet” yang teorinya nampaknya menguntungkan Tibet, namun praktiknya Cina melakukan penindasan dan pembantaian terhadap kepala suku dan sejumlah pendeta (Lama) yang dianggap membangkang, alasan lain Cina adalah “menghapus praktik penindasan bergaya feodalisme (struktur pendelegasian kekuasaan sosiopolitik yang dijalankan kalangan bangsawan/monarki untuk mengendalikan berbagai wilayah yang diklaimnya melalui kerja sama dengan pemimpin-pemimpin lokal sebagai mitra)” di Tibet.

Namun menurut beberapa analis internasional, Cina mengincar kandungan mineral yang terkandung di dalam bumi Tibet. Pada tanggal 17 Maret 1959, Dalai Lama berhasil meloloskan diri dari pengakapan tentara Cina ke India oleh usaha pelarian yang dipimpin oleh Gampo Tashi, dan mendirikan semacam pemerintahan pelarian di Dharamsala, India utara sampai sekarang.

Rakyat dan pemuka Tibet sempat melakukan perlawanan terhadap pendudukan Cina yang menimbulkan banyak korban jiwa khususnya dari pihak Tibet. Namun karena tidak seimbangnya kekuatan persenjataan dan tidak adanya sorotan internasional, perlawanan Tibet, khususnya pada dasawarsa 1970-an berhasil dipadamkan.

Masalah Tibet menjadi ganjalan dalam hubungan internasional Cina dengan dunia internasional khususnya pada dekade 1960-1970-an, terutama hubungannya dengan Amerika Serikat. Namun setelah kunjungan presiden AS, Richard Nixon ke Tiongkok yang mengawali kontak diplomatik AS-Cina, masalah Tibet dianggap terlupakan atau selesai sampai sekarang. Terutama setelah pemimpin kedua Tibet, Panchen Lama, menyatakan bergabung dengan Beijing pada awal dekade 2000-an.


Prasejarah Tibet

Beberapa data arkeologis menunjukkan manusia purba mungkin telah melewati Tibet pada saat India pertama kali dihuni, diperkirakan setengah juta tahun yang lalu. Dataran Tinggi Tibet yang dihuni manusia modern pertama diperkirakan sekitar 21.000 tahun yang lalu. Populasi ini sebagian besar diganti oleh imigran Neolitik dari China utara sekitar tahun 3.000 SM. Namun ada “kontinuitas genetik parsial antara penduduk Paleolitik dan populasi Tibet kontemporer”.

Pada masa Megalitikum di dataran Tinggi Tibet terdapat monumen patung-patung, mungkin patung-patung ini telah digunakan dalam pemujaan leluhur. Tidak diketahui apakah monumen ini dibangun oleh orang Tibet kuno. Pada masa prasejarah di dataran Tinggi Tibet ditemukan bukit benteng dan kompleks pemakaman baru-baru ini, tetapi karena lokasi yang terpencil dan ketinggian yang amat tinggi membuat penelitian arkeologi menjadi sangat sulit.

 

Arsitektur Tibet di Cina

Seperti yang telah dicatat, terutama difokuskan pada sejarah agama Buddha di negri ini. Hal ini sebagian disebabkan oleh peran penting agama ini telah bermain dalam pengembangan budaya Tibet & Mongol & sebagian karena hampir semua sejarawan asli negara itu adalah Biksu.

Fitur yang paling khas dari arsitektur di negri ini adalah bahwa banyak rumah-rumah dan biara dibangun di atas ketinggian. Biasanya mereka menghadap ke selatan dan sering dibuat dari campuran batu, kayu, semen dan tanah.

Sedikitnya bahan bakar yang tersedia untuk pemanasan atau pencahayaan, sehingga atap yang datar dibangun untuk menyimpan panas dan beberapa jendela yang dibangun untuk membiarkan sinar matahari masuk. Dinding biasanya miring ke dalam pada 10 derajat sebagai pencegahan terhadap gempa bumi yang sering terjadi di daerah pegunungan ini.


Obyek Wisata Di Tibet & Everest

Jika Anda ingin pergi ke Tibet, Anda harus masuk dulu ke salah satu kota di China terlebih dahulu, kita menyarankan mengambil antara kota Chengdu (recommended) atau kota Beijing sebagai start point di China sebelum Anda menuju Tibet. Maskapai yang di rekomendasikan untuk penerbangan dari Jakarta ke kota Chengdu atau kota Beijing adalah menggunakan AirAsia (transit di Kuala Lumpur (LCC) – harga promo kisaran Rp 3-5 juta pulang pergi). Informasi lebih lanjut klik disini.

 

Tibet dan everest

Tibet dan everest

 

Istana Potala

Istana ini berdiri pada ketinggian 117 meter dan 360 meter lebarnya dan salah satu contoh yang paling penting dari arsitektur di negri ini. Sebelumnya kediaman Dalai Lama, berisi lebih dari seribu kamar yang dibagi dari tiga belas lantai dan yang berisi juga potret Dalai Lama masa lalu dan patung-patung Buddha.

Hal ini dibagi antara bagian luar “White Palace”, yang berfungsi sebagai tempat administrasi dan bagian dalamnya “Red Quarters”, yang merupakan tempat aula / kapel pertemuan dari para Lama, yang terdapat:

  • 10.000 kuil.
  • Sebuah perpustakaan besar kitab Buddha.


UNESCO

Istana Potala adalah Situs Warisan Dunia, seperti Norbulingka, bekas kediaman musim panas Dalai Lama.

Istana Potala - Tibet Cina

Etnis Tibet

Banyak etnis yang mendiami Tibet, diantaranya adalah Monpas, Qiang, dan Lhobas dan sekarang juga ada etnis Han dan Hui.

semestafakta-qiang etnic

 

Makanan Tradisional

Tsemba adalah makanan tradisional penduduk Tibet, yang terbuat dari gandum dan air.

semestafakta-tsampa

 

Dharma Roda

Simbol yang berupa gambar geometri tak terhingga adalah menunjukkan kebersamaan antara kedamaian dan keselarasan atau harmoni. Roda kehidupan dengan 6 tangga manusianya, dewa-dewa surga sampai dewa neraka. Yinyang adalah untuk perlindungan dan swastika adalah sebagai tanda agama Buddha.

semestafakta-wheel og life

Bendera

Bendera Tibet yang diperkenalkan oleh Dalai Lama ke-13 pada tahun 1912. Digunakan pada pemerintahan sementara Tibet di Dharamsala, bendera ini dilarang di Tiongkok, karena dianggap simbol separatisme.

Bendera Tibet

Yak

Hewan terkenal di Tibet adalah Yak untuk jantan (semacam sapi khas Tibet) dan dri (betina) yang mampu membawa beban 50 kg dengan perjalanan 5000 meter dengan suhu -30° C. hewan ini digunakan untuk membajak tanah, diambil daging, susu dan kulitnya.

 

semestafakta-yaks

 

Bacaan Lainnya


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: FriendsOfTibetBritannica

 

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2017-11-15T19:42:18+00:00 Agustus 11th, 2015|Geografi & Sejarah, Ilmu Pengetahuan|0 Comments

Leave A Comment