fbpx

Ikan Salamander Meksiko Axolotl – Monster air mampu menumbuhkan kembali bagian tubuh yang rusak atau lepas

Monster Air – Ikan Salamander Meksiko Axolotl Mampu Menumbuhkan Kembali Bagian Tubuh Yang Rusak atau Lepas

Monster Air – ikan salamander meksiko Axolotl adalah salamander neotenik yang berhubungan dekat dengan salamander harimau. Mereka mampu meregenerasi hampir seluruh anggota tubuh. Larva spesies ini tidak mengalami metamorfosis, sehingga axolotl dewasa tetap bersifat akuatik dan memiliki insang. Spesies ini juga disebut ajolote [ɑːhɒˈlɔte] (juga juga merupakan nama umum untuk jenis-jenis salamander yang berbeda).

Ikan Salamander Meksiko Axolotl yang luar biasa dapat meregenerasi potongan hingga 100 kali, tanpa bekas luka!
Lebih menakjubkan lagi, ia dapat bertahan hidup dari transplantasi kepala yang lengkap!
Ini juga 1000x lebih tahan terhadap kanker daripada mamalia. Kemampuan ini membuat sebagian orang menganggap axolotl sebagai hewan yang luar biasa.

 

Monster air ikan salamander meksiko axolotl

Salamander Meksiko Axolotl – Monster air mampu menumbuhkan kembali bagian tubuh yang rusak atau lepas. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Asal Ikan Monster Air Salamander Meksiko Axolotl

Axolotl berasal dari berbagai danau, seperti Danau Xochimilco di bawah Ciudad de Mexico. Hewan ini sering digunakan dalam penelitian ilmiah karena mereka mampu meregenerasi hampir seluruh anggota tubuh. Kemampuan ini membuat sebagian orang menganggap axolotl sebagai hewan yang luar biasa.

 

Fakta Ikan Salamander Meksiko Axolotl

1. Regenerasi bukan masalah bagi mereka.

Bukan hal yang aneh bagi amfibi untuk dapat beregenerasi, tetapi axolotl membawanya ke tingkat berikutnya. Selain dapat meregenerasi anggota tubuh, hewan juga dapat membangun kembali rahang, duri, dan bahkan otak mereka tanpa jaringan parut. Profesor Stephane Roy dari University of Montreal menjelaskan kepada Scientific American:

2. Axolotl menunjukkan Neoteny.

Neoteny berarti makhluk dapat mencapai kedewasaan tanpa melalui metamorfosis. Dalam kasus yang tidak terlalu ekstrem, ini hanya menunjukkan sifat remaja setelah mencapai usia dewasa. Axolotl adalah contoh bagus neoteny karena ketika mereka tumbuh lebih besar, mereka tidak pernah dewasa. Tidak seperti berudu atau hewan serupa, axolotl berpegang pada insang mereka dan tetap berada di air, meskipun sebenarnya paru-paru tumbuh.

“Satu hal yang dimiliki spesies neotenik sebagai keuntungan adalah jika Anda tidak menjalani metamorfosis ini, Anda akan lebih cepat berkembang biak. Anda sudah selangkah lebih maju, “kata ahli biologi Randal Voss kepada WIRED.

3. Karena kekuatan regenerasinya yang luar biasa, axolotl adalah salah satu jenis salamander yang paling banyak diteliti di dunia.

Tapi kadang-kadang ikan salamander Meksiko Axolotl bisa tumbuh dengan sedikit dorongan.

Terkadang karena mutasi, atau suntikan yodium dari seorang ilmuwan, axolotl dapat dipaksa keluar dari rumah berair mereka yang aman. Tembakan itu memberi hewan itu aliran hormon yang mengarah ke pematangan mendadak (pada manusia, ini dikenal sebagai “diusir dari ruang bawah tanah orangtua Anda”). Axolotl menjadi sangat mirip dengan kerabat dekatnya, salamander harimau, tetapi mereka terus hanya berkembang biak dengan jenisnya sendiri.

Mengubah teman air Anda menjadi penghuni darat mungkin tampak keren, tetapi serahkan pada profesional; Axolotl.org sangat mendesak pemilik untuk tidak pernah mengganggu biologi hewan peliharaan mereka, karena kemungkinan akan berakibat fatal.

Anda dapat memotong sumsum tulang belakang, menghancurkannya, menghilangkan segmen, dan itu akan beregenerasi. Anda dapat memotong anggota badan di tingkat mana pun — pergelangan tangan, siku, lengan atas — dan itu akan beregenerasi, dan itu sempurna. Tidak ada yang hilang, tidak ada jaringan parut pada kulit di lokasi amputasi, setiap jaringan diganti. Mereka dapat meregenerasi anggota tubuh yang sama 50, 60, 100 kali. Dan setiap saat: sempurna.

4. Mereka memiliki latar belakang mitologis.

Xolotl adalah dewa berkepala anjing dari mitologi Aztec. Dewa segala sesuatu suram, dewa akan menuntun jiwa-jiwa orang mati ke dunia bawah. Seperti halnya semua mitologi, ada banyak kisah beragam tentang apa yang terjadi selanjutnya, tetapi beberapa percaya bahwa Xolotl takut dibunuh dan diubah menjadi axolotl untuk disembunyikan. Salamander terperangkap di air Xochimilco, tidak mampu mengubah dan berjalan di darat.

5. Mereka terancam punah.

Sebagai akibat dari hilangnya habitat, polusi, dan pengenalan spesies invasif seperti nila dan ikan mas, salamander ini didorong semakin dekat dan semakin dekat menuju kepunahan.

Dalam upaya untuk menghidupkan kembali spesies, para peneliti telah membangun “tempat perlindungan” yang terbuat dari alang-alang dan batu untuk menyaring air dan menciptakan ruang hidup yang lebih diinginkan. Sayangnya, jumlahnya terus menurun. Ada sekitar 6000 axolotl liar yang didokumentasikan dalam survei tahun 1998, tetapi hari ini, para peneliti beruntung menemukannya. Untuk waktu yang singkat di tahun 2014, para ahli biologi gagal menemukan seekor anjing air, dan khawatir salamander telah punah di alam liar. Untungnya, beberapa telah ditemukan berkeliaran di air. Dan meskipun itu tidak ideal, bahkan jika hewan yang sulit ditangkap sepenuhnya menghilang dari alam liar, spesies ini terus berkembang dalam penangkaran.

6. Anda bisa memakannya.

Sebelum axolotl adalah spesies yang terancam punah, penduduk asli Xochimilco akan memakan salamander. Tamale Axolotl adalah favorit, disajikan utuh dengan tepung jagung. Pada 1787, Francesco Clavigero menulis bahwa, “axolotl itu sehat untuk dimakan, dan memiliki rasa yang sama dengan belut. Hal ini dianggap sangat berguna dalam kasus konsumsi.”

Hari ini, Anda masih dapat mencicipi salah satu dari makhluk-makhluk ini — tetapi Anda mungkin harus pergi ke Jepang untuk melakukannya. Sebuah restoran di Osaka menyajikan axolotl utuh, gorengan. Mereka tampaknya rasanya seperti daging ikan putih, tetapi dengan crunch.

7. Mereka memiliki potensi untuk menyembuhkan banyak penyakit yang serius.

Seperti yang kita ketahui, axolotl dapat beregenerasi dengan sangat baik. Para ilmuwan mencari untuk melihat apakah mereka dapat memanfaatkan kemampuan itu pada manusia, sehingga kita dapat meregenerasi anggota tubuh seperti yang bisa dilakukan axolotl. Banyak laboratorium di seluruh dunia sedang meneliti axolotl untuk melihat apa yang membuat mereka mampu beregenerasi dengan sempurna. Mereka sebenarnya adalah salamander yang paling banyak dipelajari secara ilmiah di dunia.

Axolotl juga lebih dari 1.000 kali lebih tahan terhadap kanker daripada mamalia! Para ilmuwan berusaha mengidentifikasi gen tertentu dalam axolotl yang bertanggung jawab atas hal-hal ini. Masih ada jalan panjang, tetapi Profesor Stephane Roy, salah satu dari banyak ilmuwan yang mempelajari axolotl, mengatakan, “Saya percaya bahwa kita akan dapat meningkatkan penyembuhan jaringan untuk korban luka bakar, membantu menghilangkan komplikasi untuk transplantasi, dan bahkan membantu menghilangkan kanker. Semua ini bisa terjadi dalam 10 hingga 20 tahun mendatang”.

8. Axolotl liar tidak berwarna putih.

Meskipun sebagian besar axolotl yang biasa kita lihat memiliki warna merah muda-putih, axolotl liar sebenarnya lebih hitam atau coklat kehijauan. Warna tubuh axolotl bisa hitam, belang coklat, albino (tanpa pigmen) atau putih.

Axolotl putih dikenal sebagai “leucistic,” dan mereka tidak pernah ditemukan di alam liar. Semua axolotl leucistic sebenarnya diturunkan dari axolotl jantan tunggal yang dibawa ke Paris pada tahun 1963. Setelah itu, para ilmuwan mulai membiakkan axolotl khusus untuk menjadi leucistic.

9. Betina melepaskan 300 hingga 1.100 telur per musim kawin

Telur bersifat agar-agar dan mudah direkatkan ke tanah (atau tangki, saat axolotl bereproduksi di penangkaran)
Axolotl yang baru lahir memiliki insang eksternal, ekor dan dua proyeksi di kedua sisi kepala yang digunakan untuk menempel pada substrat. Saat axolotl tumbuh, insang menjadi lebih besar dan anggota tubuhnya berkembang.

10. Dapat hidup sampai 12 tahun.

Axolotl mencapai kematangan seksual pada usia 12 bulan.
Ketika axolotl disimpan dalam kondisi yang tepat dan diberikan makanan yang cukup, ia dapat bertahan hingga 15 tahun di penangkaran. Axolotl di alam liar hidup antara 10 dan 12 tahun.

 

Ikan salamander meksiko axolotl

Ikan salamander Meksiko Axolotl dapat meregenerasi. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Klasifikasi Ilmiah Ikan Salamander Meksiko Axolotl (sains)

  • Nama umum: Axolotl

  • Nama ilmiah: Ambystoma mexicanum

  • Jenis: Amfibi

  • Makanan: Karnivora

  • Kehidupan rata-rata di alam liar: 10 hingga 15 tahun

  • Ukuran: hingga 30,5 cm (12 inci)

  • Berat: 60 hingga 227 gram (2,11 hingga 8 ons)

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: MentalflossFish Tank ForumScientific AmericanList VerseNational Geographic (Inggris)Softs Shools

       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-01-22T17:57:11+00:00 Januari 22nd, 2019|IPA, Top 10|0 Comments

Leave A Comment