fbpx

10 Kebiasaan Baik Yang Dapat Mengasah Otak Menjadi Lebih Efektif

Kebiasaan Yang Dapat Mengasah Otak Menjadi Lebih Efektif

Mari kita tinjau beberapa pilihan gaya hidup yang baik yang bisa kita ikuti untuk memelihara, memperbaiki otak kita agar menjadi lebih efektif. Kebiasaan mengasah otak adalah hal-hal yang dapat kita lakukan setiap hari. Baca, buat dan lakukan hal-hal ini:

 

1. Belajar setiap saat

Jangan pernah malu atau malas untuk belajar hal-hal yang baru. Anda dapat menggunakan TV, majalah, internet, radio dan media lainnya.

Pelajari lebih lanjut tentang “Ini” di “gunakan atau Anda dapat lupa”. Pemahaman dasar akan membantu Anda menghargai keindahan otak Anda sebagai hutan padat yang hidup dan terus berkembang dengan miliaran neuron dan sinapsis.

 

2. Jaga makanan dan nutrisi Anda

Tahukah Anda bahwa otak hanya memiliki berat 2% massa tubuh, tapi juga mengkonsumsi makanan otak lebih dari 20% oksigen dan nutrisi yang kita konsumsi? Sebagai aturan umum, Anda tidak memerlukan suplemen gizi ultra-canggih yang mahal, pastikan Anda tidak menyibukkan diri dengan “hal-hal yang buruk”.  Sebagai gantinya, jika Anda atau anak Anda ingin bermain game, pilih game seperti: puzzle, teka-teki silang dan untuk si kecil balok berwarna.

 

3. Olah raga

Ingatlah bahwa otak adalah bagian dari tubuh. Hal-hal yang melatih tubuh Anda juga dapat membantu mempertajam otak Anda: latihan fisik meningkatkan neurogenesis, pada usia berapapun!

 

4. Pikiran positif

Berlatihlah pikiran Anda secara positif, berorientasi terhadap masa depan dan beraksi, sampai mereka menjadi pola pikir secara biasa. Buatlah “goal yang mudah tercapai. Ciptakan sesuatu yang indah setiap harinya seperti: memasak, menggambar, memotret atau hobi-hobi lainnya.

Terlalu banyak tekanan, stres dan kecemasan yang disebabkan oleh kejadian eksternal atau oleh pikiran Anda sendiri, hal ini benar-benar dapat membunuh neuron dan mencegah pembentukan yang baru.


5. Adaptasi, motivasi dan tantangan

Berkembang dalam pembelajaran dan tantangan mental sehari-hari dapat memperbaiki perkembangan nuron Anda.

Gunakan otak Anda untuk belajar dan beradaptasi dengan lingkungan baru yang lebih menantang. Intinya “sering tantang otak Anda dengan aktivitas dan hal-hal baru”.


6. Kepentingan, tujuan dan target hidup

Setelah lulus sekolah dan bekerja, janganlupa untuk terus belajar, membaca dan ber-sosialisasi. Setiap hari semakin banyak hal baru yang harus diketahui dan dipahami. Otak juga terus berkembang, tak perduli umur, hal ini tercermin dari apa yang kita lakukan terhadap otak. Dengan memiliki Tujuan dan Target hidup, otak akan terus bekerja mencari cara sampai tujuan dan target tersebut tercapai. Kuncinya adalah: berpikir, rencanakan dan beraksi!


7. Eksplorasi

Dengan datang ke lokasi asing dapat membuat kita memberikan perhatian lebih kepada lingkungan. Buatlah sebuah keputusan yang baru, pelajarilah sekelilingmu dan gunakan nuron Anda. Contohnya: pergi ke tempat wisata tanpa GPS atau HP, gunakan peta map yang terbuat dari kertas.


8. Hidup mandiri

Jangan meminta orang lain untuk membuat sesuatu yang Anda inginkan. Buatlah keputusan sendiri, jika ada kesalahan itu hal yang sudah biasa. Tetapi jangan ulangi kesalahan tersebut sebanyak 2 kali. Kita hanya perlu belajar dari kesalahan dan pengalaman. Jangan bergantung 100% terhadap orang lain; orang tua, paman, kakek dan nenek; karena mereka bisa sewaktu-waktu meninggal. Belajarlah atau bekerjalah yang giat, karena waktu tidak bisa bisa diputar kembali.

Seperti itulah kebiasaan untuk mengasah otak yang efektif.


9. Sosialisasi

Kembangkan dan pertahankan hubungan pertemanan karena kita adalah mahluk sosial dan memerlukan interaksi sosial. Jadi, bersosialisasi adalah kebiasaan mengasah otak yang baik.


10. Senyum, canda dan tawa

sering-seringlah bersenyum, bercanda dan tertawa, karena tertawa itu sehat; akan tetapi jangan sampai melukai hati orang lain. Dengan membaca atau melihat sesuatu yang bersifat humor, penuh trik dan kejutan, akan menstimulasi otak untuk lebih tajam lagi.


Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: The GuardianSharp Brains

 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-04-30T00:44:42+00:00 Agustus 22nd, 2017|Sehat & Cantik, Top 10|0 Comments

Leave A Comment