fbpx

10 Kegiatan Yang Akan Membantu Otak Anda Menjadi Tetap Muda Dan Tajam

TOP 10 Kegiatan Yang Akan Membantu Otak Anda Menjadi Tetap Muda Dan Tajam

Tanpa plastisitas / elastisitas otak, kita tidak dapat dapat berkembang dari masa bayi hingga dewasa atau pulih dari cedera otak. Sepanjang umur kita, otak kita bisa membuat, membatalkan, mengatur kembali jaringan saraf.
Neuroplastisitas adalah kemampuan otak dan sistem syaraf semua spesies untuk berubah secara struktural dan fungsional sebagai akibat dari input lingkungan.

Penggunaan otak Anda tidak berbeda dari otot dalam tubuh Anda. Anda seharusnya melakukan gym otak untuk merangsang pertumbuhan sel-sel otot, seperti Anda menggunakan program kebugaran otak untuk meningkatkan koneksi di otak Anda.


Manfaat latihan fisik, terutama latihan “aerobik otak”, memiliki efek positif pada fungsi otak di berbagai bidang, mulai dari molekul ke tingkat perilaku.


Beberapa kebiasaan yang baik dapat membantu memperlambat penuaan kognitif dan membantu menjaga otak manusia dalam lebih baik

 

1. Lakukan Hal-Hal Yang “Berbeda”

Setelah bangun tidur, buatlah gerakan sehari-hari dengan tangan kanan apabila Anda Kidal dan tangan kiri apabila Anda tidak kidal.

Kalau bisa, ambilah jalan lain untuk ke sekolah atau tempat bekerja. Perhatikanlah dengan baik lingkungan tersebut.

 

2. Mengasah Indera

Mandilah dengan mata tertutup, untuk mengasah indera lainnya. Apabila Anda sedang memasak, kurangi penggunaan garam atau gula, agar rasa asli dari bahan makanan tersebut tidak tertutupi. Pada saat bekerja dirumah atau di kantor, pastikan Anda mempunyai cahaya yang cukup di meja kerja Anda. Harus meregangkan atau mengistirahatkan mata setidaknya setiap 20 menit dengan cara melihat pandangan yang jauh / di luar atau atau memejamkan mata selama 1 menit sambil menarik napas. 

 

3. Olah Raga Rutin

Biasanya yang baik untuk jantung, baik juga untuk otak. Seperti jalan kaki, lari, gym, aerobik, bersepeda dan masih banyak lagi. Studi mengatakan bahwa berolah raga akan merangsang plastisitas otak dengan cara merangsang pertumbuhan koneksi sel-sel yang penting dari otak.

Berolahraga di pagi hari sebelum pergi ke sekolah atau bekerja dapat mempersiapkan Anda untuk menghadapi tantangan aktivitas rutin sehari-hari dan sangat baik untuk meningkatkan ingatan.

 

4. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi seimbang yang mengandung: karbohidrat, protein, mineral, vitamin & sedikit lemak tak jenuh. Makanan tersebut kaya akan serat dan zat yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh.

Harvard Medical School menuliskan beberapa contoh makanan sehat:

  • Buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan dan minyak zaitun membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah, mengurangi risiko stroke dan sel-sel memori otak yang merusak.
  • Ikan yang mengandung omega-3 dan asam lemak, baik untuk kesehatan pembuluh darah dan juga baik untuk melindungi sel-sel saraf otak dan meningkatkan kemampuan otak. Contoh ikan yang mengandung omega 3: ikan salmon, tuna, sarden, ikan cod, lobster, udang, dll.

 

5. Sensor Sentuhan Atau Peraba

Cobalah untuk melatih sensor sentuhan Anda, seperti menyentuh uang kertas & logam hanya dengan merabanya saja. Ujung saraf di kulit Anda dapat memberitahu Anda jika ada sesuatu yang panas atau dingin. Mereka juga bisa merasakan jika ada sesuatu yang menyakiti Anda. Tubuh Anda memiliki sekitar 20 berbagai jenis ujung saraf yang mengirimkan pesan yang berbeda ke otak. Reseptor yang paling umum menerima panas, dingin, nyeri, tekanan atau sentuhan sederhana saja.

 

6. Mendengarkan Musik

Studi tertentu telah menunjukkan bagaimana mendengarkan musik mengaktifkan transmisi informasi antara neuron, kemampuan kita untuk belajar, dan ingatan kita. Dengarkan musik pada saat ke gym, memasak, menyetir, dll

 

7. Rapih Dan Teratur

Menjaga rumah dan area kerja Anda bersih, rapih dan terorganisir. Lingkungan kerja yang bersih membuat kita merasa tenang, yang memungkinkan otak kita untuk bekerja lebih baik. Buanglah kertas dan hal-hal yang Anda tidak perlukan, serta bersihkan meja Anda dan ruang di sekitar Anda.

 

8. Membaca

Anda dapat membaca buku novel, majalah, koran dan apa saja yang Anda sukai. Menurut studi mereka yang tidak sering membaca menerima skor lebih rendah dalam kecepatan pemrosesan, perhatian, bahasa dan pengolahan abstrak.

 

9. Mencoba Hal Baru

Cobalah hal yang baru, tidak ada masalah apabila Anda baik atau tidak didalam hal baru tersebut. Yang paling penting, Apakah Anda bersenang-senang dan Anda sedang mengasah otak Anda. Mencoba belajar cara bermain catur, cara menjahit, menggambar, menulis, belajar bagaimana memainkan alat musik, dll.

 

10. Latihan Mengingat & Stimulasi Mental

Latihlah otak Anda untuk mengingat hal yang mudah, kapan saja dan dimana saja. Cobalah untuk memecahkan soal / test matematika tanpa kalkulator, membatasi seberapa sering Anda menggunakan GPS Anda, menghafal daftar kata. Sebagai contoh, cobalah untuk menghafal daftar belanjaan Anda sebelum meninggalkan rumah dan waktu berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengingatnya.

Berlatih matematika tanpa kalkulator, sudoku, teka-teki silang atau game lainnya yang “pintar” dapat meremajakan otak. Selama permainan tersebut Anda anggap menyenangkan, Anda dapat terus bermain sambil melatih otak yang akan mendorong Anda untuk menghindari kejenuhan.


Bacaan Lain Tentang Otak

 

Sumber: The Wall Street JournalBrain HQ, Cognifit Health, Brain & Neuroscience

             

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-05-02T10:26:00+00:00 Januari 18th, 2017|IPA, Top 10|0 Comments

Leave A Comment