fbpx

Pengertian Dan Contoh Tentang Usaha Dagang (UD)

UD (Usaha Dagang)

Usaha dagang adalah kegiatan membeli dan menjual kembali barang atau jasa dengan tujuan mencari keuntungan termasuk menjadi perantara dari kegiatan tersebut.

Di dalam hukum perusahaan yang merupakan bagian dari hukum dagang, maka Usaha Dagang (UD) atau Perusahaan Dagang (PD) memang tidak disyaratkan harus menjadi suatu Badan Hukum. Atau UD/PD bukanlah suatu Badan hukum namun demikian bentuk perusahaan ini telah banyak diterima oleh dunia perdagangan di Indonesia, bentuk badan ini tercipta dalam suasana hukum perdata untuk menjalankan suatu usaha.

Bentuk UD/PD lahir atau dibentuk atas dasar kehendak (sendiri dari) seorang pengusaha, yang mempunyai cukup modal untuk berusaha dalam bidang perdagangan, dimana dia sudah merasa ahli atau berpengalaman.

Sebagai seorang pengusaha UD/PD tidak bisa mengharapkan keahlian dari orang lain, sebab baik pengusaha atau manajernya adalah dia sendiri. Kalau modalnya kecil, dia bekerja sendiri, tetapi jika modalnya cukup besar dan kegiatan usahanya makin besar, dia akan menggunakan beberapa orang buruh sebagai pembantunya. Keahlian, teknologi dan manajemen dilakukan oleh pengusaha itu sendiri diri, begitu pula untung rugi, sepenuhnya menjadi beban si pengusaha sendiri.

U.D. atau P.D. sebagai suatu lembaga di bidang perniagaan sudah lazim diterima dalam masyarakat Indonesia. Karena peraturannya belum ada, maka prosedur mendirikan perusahaan itu secara resmi belum ada. Walau demikian, dalam praktek prosedur ini dapat diselidiki sebagaimana kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat perdagangan di Indonesia.

 

Berikut adalah macam-macam usaha dagang yang dapat menjadi pilihan untuk memulai sebuah bisnis

  • Dagang Pakaian Murah – Berarti menjual produk pakaian murah-murah tapi berkualitas. Anda dapat bekerjasama dengan grosir pakaian besar atau produsen pembuat pakaian langsung, sehingga keuntungan bisa didapatkan karena harga akan lebih murah.
  • Dagang Pulsa/ Voucher/ Kartu Perdana/ Paket Internet – Menurut kita, usaha ini salah satu jenis bisnis sepanjang masa. Dimana akan terus sangat dibutuhkan oleh semua orang. Mengingat saat ini hampir setiap kalangan punya HP, minimal di kota-kota besar memiliki 2 per orang.
  • Dagang Gadget – Dulu memang harga HP sangat mahal, tapi kini dengan munculnya berbagai macam jenis gadget dan smartphone membuat menjual gadget potensinya masih tinggi.
  • Dagang Makanan Ringan – Penjual makanan ringan sangat banyak, tapi jika Anda menyediakan produk yang unik, enak dan menarik tentu anda masih berpeluang besar mendapatkan keuntungan besar.
  • Dagang Buah dan Sayuran – Menjual buah adalah salah jenis perusahaan dagang yang bisa dimulai dengan modal dibawah 5 juta. Anda bisa coba mulai jual dari jenis buah yang paling laris, tidak mudah busuk dan mudah didapatkan.


Pelaku usaha dagang biasanya disebut dengan pedagang dan sebagian besar bentuk fisik dari usaha dagang adalah toko. Dalam hal ini sebenarnya swalayan juga bisa dikategorikan sebagai usaha dagang, akan tetapi dalam skala yang besar, dan saat ini swalayan lebih condong ke konsep waralaba atau franchise.

 

Keuntungan Usaha Dagang

Keuntungan dari bentuk usaha dagang adalah fleksibilitas usaha dan barang yang diperjualbelikan. Usaha dagang dapat menjual satu jenis barang saja ataupun berbagai macam barang dalam jumlah besar (biasanya disebut grosir) atau sebagai pengecer langsung ke konsumen dengan jumlah barang secukupnya.

 

Cara Mendirikan Usaha Dagang

  1. Mengajukan permohonan untuk meminta izin usaha kepada Kepala Kantor Wilayah Departemen Perindustrian dan Perdagangan setempat.
  2. Mengajukan permohonan untuk meminta izin tempat usaha kepada Pemerintah Daerah setempat.
  3. Berdasarkan kedua surat izin tersebut seseorang sudah bisa mulai melakukan usaha perdagangan yang dikehendaki.
  4. Mengajukan penerbitan NPWP atas nama dirinya sendiri.

 

Kedua surat izin itu juga sudah merupakan tanda bukti sah menurut hukum bagi UD/PD yang akan melakukan usahanya, karena kedua instansi tersebut menurut hukum berwenang mengeluarkan surat izin dimaksud.

Jika perlu:

1. Mengajukan permohonan SIUP perseorangan kepada Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perdagangan setempat.

Khusus untuk UD/PD atau usaha perseorangan lainnya, sebenarnya tidak ada kewajiban membuat SIUP (sesuai dengan pasal 4 ayat 1 Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No.09/M-DAG/PER/3/2006 tanggal 29 Maret 2006). Ini karena UD masuk dalam kategori perusahaan perseorangan yang tidak berbadan hukum atau persekutuan dan dikelola/dijalankan sendiri oleh pemiliknya/kerabatnya.

Demikian juga untuk usaha asongan, pedagang keliling, pedagang kaki lima. Jadi, boleh dibuat, boleh juga tidak. Namun, jika sudah memiliki SIUP, wajib melanjutkan dengan pendaftaran TDP sesuai dengan Undang-undang Wajib Daftar Perusahaan.

2. Mendaftarkan usaha tersebut kepada Daftar Perusahaan, untuk mendapatkan Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

Mengapa penting untuk mendirikan UD? Terkadang, ada suatu instansi yang mensyaratkan suatu badan usaha tertentu untuk dapat bertindak selaku pemasok didalam instansi yang bersangkutan; misalnya, pengadaan baju seragam, untuk katering dan pengadaan jaket Almamater.

 

Contoh-Contoh Usaha Dagang

  • Peternakan Sapi Potong
  • Budidaya Ikan Gurame, Ayam Petelur
  • Usaha jualan Baju Bekas
  • Usaha jualan Aksesoris
  • Usaha jualan ATK (Alat Tulis Kantor)
  • Usaha isi Ulang Air Minum
  • Usaha jualan online
  • Usaha jual Pulsa Elektrik dan Dan Paket Data Internet
  • Usaha jual jagung bakar

 

Usaha dagang


Pengertian, Jenis dan Contoh dari bentuk atau badan usaha: PT, CV, FIRMA, UD, BUMN, KOPERASI, YAYASAN

Mohon klik disini utuk pengertiaan tentang badan usaha lainnya.

Pengertian Badan Usaha

Adalah kesatuan yuridis (hukum), teknis dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Badan Usaha seringkali disamakan dengan perusahaan, walaupun pada kenyataannya berbeda. Perbedaan utamanya, Badan Usaha adalah lembaga sementara perusahaan adalah tempat dimana Badan Usaha itu mengelola faktor-faktor produksi.


Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Hukum Corner

             
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-07-17T15:23:42+00:00 Agustus 21st, 2017|Ilmu Pengetahuan|7 Comments

7 Comments

  1. […] Pengertian Dan Contoh Tentang Usaha Dagang (UD) […]

  2. Rostina 27/05/2018 at 11:06 pm - Reply

    Makasih ya jawabnya ini manfaat banget buat aku yg berprofesi sebagai ibu rumah tangga,karna dari dulu aku punya cita-cita jadi pedagang yang sukses seperti pedagang-pedagang sukses lainnya.

    • Pinter Pandai 28/05/2018 at 12:55 am - Reply

      Sama-sama Ibu… dengan senang hati. Tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu. Semoga sukses dan tetap bersemangat!

  3. Fadil 17/07/2018 at 9:28 am - Reply

    Permisi admin, saya mau tanya. Kalo saya memiliki usaha seperti pembuatan kusen rumah atau plafond rumah. Itu termasuk usaha dagang atau perusahaan dagang atau yang lain?

  4. Hendei 17/10/2018 at 8:00 am - Reply

    Terima kasih sudah membantu artikelnya, yang tadinya belum tau menjadi tau.
    Sukses terus buat Pinter Pandai

  5. Hendri 17/10/2018 at 8:01 am - Reply

    bermanfaat sekali setalah membaca artikel dari Pinter Pandai
    Sukses selalu buat Pinter Pandai.com

Leave A Comment