Kata Laser Adalah Sebuah Singkatan – Siapa Penemunya? Apakah Manfaatnya?

Kata Laser Adalah Sebuah Singkatan Dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation

 

Jika diartikan secara harafiah, singkatan dari laser Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation adalah Amplifikasi cahaya yang dirangsang oleh emisi radiasi.

 

Laser Adalah

 

Sebuah mekanisme suatu alat yang memancarkan radiasi elektromagnetik (biasanya berbentuk cahaya), yang koheren, intensitas tinggi, mudah diarahkan dan mempunyai lintasan lurus.
Cahaya yang koheren berarti sinar-sinarnya menghasilkan bukit dan lembah secara bersamaan setiap waktu (sama fasa).


Penemu Laser

 

Einstein adalah orang pertama yang menemukan tentang laser karena ia memiliki penelitian tentang radiasi pada tahun 1917. Dia menyarankan agar menstimulasi atom dengan energi akan melepaskan seberkas sinar.

Ilmuwan pertama yang mencapai “laser” adalah Gordon Gould (1920-2005) seorang fisikawan Amerika. Dia adalah murid penemu “maser (Microwave Amplification by Stimulated Emission of Radiation)” yang bernama Charles Townes.

Gouldbuild penemu laser optik pertama pada tahun 1959 namun tidak dapat mendaftarkan patennya sampai tahun 1977, pada periode ini beberapa ilmuwan lain dapat menggunakan penemuannya.

Pada tahun 1960, para ilmuwan mulai bekerja pada maser. Theodore Maiman (1927-2007) seorang fisikawan Amerika, adalah orang pertama yang menemukan laser ruby (menggunakan silinder batu ruby). Karena penemuan itu Theodore Maiman dinominasikan untuk Hadiah Nobel dua kali bersama dengan hadiah lainnya.


Pembentukan Laser

 

Pembentukannya terjadi jika suatu atom yang berada pada tingkat eksitasi disinari dengan foton tertentu yang sesuai sehingga terangsang dan turun ke tingkat energi yang lebih rendah dengan memancarkan foton cahaya tertentu pula. Cahaya radiasi ini bisa berasal dari sinar inframerah, cahaya tampak atau ultraviolet


Jenis-Jenis Laser

 

Medium laser dapat berupa:

1. Zat padat, bahan aktifnya berupa zat padat, seperti laser semikonduktor dan laser ruby atau neodymium: yttrium-aluminium garnet laser yag. Laser neodymium-yag memancarkan cahaya inframerah pada 1.064 nanometer (nm).
2. Gas, bahan aktifnya berupa gas seperti N2 dan CO2
3. Zat cair, bahan aktifnya zat cair, seperti laser zat warna.


Manfaat Laser

 

Manfaatnya sangat banyak, salah satunya adalah dalam bidang kesehatan/kedokteran. Diantara lainnya sebagai laser pointer (untuk presentasi), untuk pelurus arah tembakan, pemotong atau cutter yang sudah banyak digunakan di industri baja & elektronik, hair removal untuk menghilangkan rambut. Dan ada juga untuk penyembuhan luka.

Spektroskopi

Adalah teknik untuk menganalisa bahan yang sering digunakan dalam aplikasi ini adalah FTIR (Fourier Transform Infra Red) menggunakan infra merah untuk di ukur tingkat serapan suatu bahan. Kemudian dicocokan dengan tabel sehingga dapat diketahui bahan apa saja yang terkandung di dalam, sampai yang diuji.

Material prosessing

Biasa digunakan untuk pemotong laser yang sering di gunakan adalah laser CO2.

Pengukur Jarak

Untuk mengetahui jarak bulan terhadap bumi dilakukan dengan metode ini karena kecepatan cahaya sudah diketahui maka dengan mengukur jeda waktu akan diperoleh besar jaraknya.

Laser Pendingin

Memanfaatkan teknik ini dengan metode atom trapping. Metode dimana sejumlah atom diperangkap kedalam kotak yang telah dirangkai kedalam medan listrik dan medan magnet kemudian meradiasi panjang gelombang yang keluar, kemudian memperlambat mereka dan selanjutnya sinar ini menjadi dingin. Proses ini dikenal dengan Bose-Einstein Condensate.


Prinsip Kerja Laser

 

  • Yang dihasilkan dari proses relaksasi elektron. Pada saat proses ini maka sejumlah foton akan di lepaskan berbeda sengan cahaya senter emisi pada laser terjadi dengan teratur sedangkan pada lampu senter emisi terjadi secara acak.
  • Pada laser emisi akan menghasilkan cahaya yang memiliki panjang gelombang tertentu. berbeda dengan lampu senter emisi akan mengasilkan cahaya dengan banyak panjang gelombang. Proses yang terjadi adalah elektron pada keadaan ground state (pada pita valensi) mendapat energi kemudian statusnya naik menuju pita konduksi (keadaan eksitasi) kemudian elektron tersebut kembali ke keadaan awal (ground state) diikuti dengan beberapa foton yang terlepas.
  • Kemudian agar energi yang dibawa cukup besar maka dibutuhkan sebuah resonator resonator ini dapat berupa lensa atau cermin yang sering digunakan adalah lensa dan cermin. ketika di dalam resonator maka foton-foton tersebut akan saling memantul terhadap dinding resonator sehingga cukup kuat untuk meninggalkan resonator tersebut. Laser cukup kuat digunakan sebagai alat pemotong misalnya adalah laser CO2, yang kuat adalah tingkat pelebaranya rendah dan energi fotonya tinggi.


Daftar Kekuatan Laser & Kegunaan

 

Daftar Kekuatan Laser Dan Kegunaan Laser
Kekuatan Kegunaan / Fungsinya
1-5 mW Laser Penunjuk
5 mW Perangkat CD-ROM
5–10 mW DVD Player Atau Perangkat DVD-ROM
100 mW Kecepatan Tinggi Pembakaran Citra CD-RW
250 mW Pemakai Pembakaran DVD-R 16x
400 mW Membakar Kotak Perhiasan Dengan Diska Didalamnya Selama 4 Detik[4]
Percetakan DVD Piringan Ganda 24x[5]
1 W Laser Hijau Digunakan Di dalam Piringan Holographic Versatile Disc (HVD)
1–20 W Tidak Dijual Umum, Tetapi Ada Dan Digunakan Untuk Mesin Kecil
30–100 W Pembedahan CO2
100–3000 W Pembedahan CO2 Dan Laser Ini Digunakan Untuk Pemotongan Di Pabrik
5 kW Daya Pengeluarannya Mencapai 1 Cm/Bar
100 kW Digunakan Dalam Bidang Persenjataan Dan Didistribusikan Oleh Northrop Grumman

 

Bacaan Lainnya

 

 

Sumber bacaan: WikipediaHistory, Science & Inventions

 

Penemu Laser

 


Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 

loading…


By | 2017-06-16T15:26:48+00:00 Juni 10th, 2017|IPA|0 Comments

Leave A Comment