fbpx

Kawah Ijen – Fenomena Api Biru / Blue Fire – Rute Pendakian Kawah Ijen

Fenomena Api Biru Yang Menakjubkan Dari Gunung Berapi

Setiap dini hari sekitar pukul 02.00 hingga 04.00, di sekitar kawah dapat dijumpai fenomena blue fire atau api biru. Blue fire merupakan keunikan tempat ini, karena pemandangan alami ini hanya terjadi di 2 tempat di dunia yaitu Islandia dan Ijen. Fenomena api biru di gunung Kawah Ijen sangat menakjubkan.

Gunung berapi Kawah Ijen, yang berisi banyak uap belerang dan meludahkan gas belerang berwarna biru listrik yang indah!

Dari Kawah Ijen, kita dapat melihat pemandangan gunung lain yang ada di kompleks Pegunungan Ijen; di antaranya adalah puncak Gunung Merapi yang berada di timur Kawah Ijen, Gunung Raung, Gunung Suket, Gunung Rante dan sebagainya.

 

Api Biru Di Gunung Kawah Ijen 5


Mengapa Gunung Berapi di Kawah Ijen Menyala Biru?

Cahaya biru itu, yang tak biasa ditemukan di gunung berapi, bukan disebabkan oleh lava itu sendiri. Tapi disebabkan pembakaran gas belerang yang kontak dengan udara pada suhu di atas 360°C. Cahaya sebenarnya adalah cahaya dari pembakaran gas belerang yang bereaksi dengan udara dan menyulut sehingga menjadi seperti sungai lava berwarna biru.

 

Api Biru Di Gunung Kawah Ijen


Fotografer Olivier Grunewald Dan Blue Fire – Api Biru Di Gunung Kawah Ijen

Selama beberapa tahun, fotografer Olivier Grunewald yang berbasis di Paris telah mendokumentasikan gunung berapi Kawah Ijen di Indonesia, di mana cahaya biru biru yang menyilaukan sering terlihat mengalir menuruni gunung pada malam hari.

Api biru yang berpendar menghasilkan foto-foto dramatis, indah, bahkan surealis. Namun, bagi para penambang yang menghabiskan berbulan-bulan atau bertahun-tahun di Ijen, taruhan mereka adalah nyawa. Mereka bisa terkena penyakit  tenggorokan kronis dan paru-paru akut.

 

http://www.dailymail.co.uk/news/article-2537670/Blue-warmest-colour-Indonesian-volcano-spews-molten-sulphur-heated-220F-gives-eerie-flames.html

Kawah Ijen

Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen dengan tinggi 2.443 meter di atas permukaan laut dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5.466 Hektar.

Danau kawah Ijen dikenal merupakan danau air sangat asam terbesar di dunia. Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Setiap dini hari sekitar pukul 02.00 hingga 04.00, di sekitar kawah dapat dijumpai fenomena blue fire atau api biru, yang merupakan keunikan tempat ini, karena pemandangan alami ini hanya terjadi di dua tempat di dunia yaitu Islandia dan Ijen.


Rute Pendakian Kawah Ijen

  • Untuk mencapai kawah Gunung Ijen dari Banyuwangi, bisa menggunakan kereta api ekonomi dengan tujuan Banyuwangi dan turun di stasiun kereta api Karangasem kemudian naik ojek dengan tujuan Kecamatan Licin dan Desa Banyusari.

  • Dari Banyusari, perjalanan dilanjutkan menuju Paltuding dengan menumpang truk pengangkut belerang atau menggunakan bus dan turun di Banyuwangi kota kemudian naik ojek bisa langsung ke Paltuding atau ke Desa Banyusari juga bisa namun dengan menggunakan bus tarif yang dikeluarkan akan lebih mahal.

  • Pintu gerbang utama ke Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen terletak di Paltuding, yang juga merupakan Pos PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam).

  • Alternatif rute adalah Bondowoso – Wonosari – Tapen – Sempol – Paltuding. Fasilitas lain yang dapat dinikmati oleh pengunjung antara lain pondok wisata dan warung yang menjual keperluan pendakian untuk menyaksikan keindahan kawah Ijen. Dari Paltuding berjalan kaki dengan jarak sekitar 3 km.

  • Lintasan awal sejauh 1,5 km cukup berat karena menanjak. Sebagian besar jalur adalah dengan kemiringan 25-35 derajat. Selain menanjak, struktur tanahnya juga berpasir sehingga menambah semakin berat langkah kaki karena harus menahan berat badan agar tidak merosot ke belakang.

  • Setelah beristirahat di Pos Bunder (pos yang unik karena memiliki bentuk lingkaran), jalur selanjutnya relatif agak landai, namun wisatawan / pendaki disuguhi pemandangan deretan pegunungan yang sangat indah. Untuk turun menuju ke kawah harus melintasi medan berbatu-batu sejauh 250 meter dengan kondisi yang terjal.

 

Bacaan Lainnya


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber foto: Olivier Grunewald

Sumber bacaan: National GeographicInteresting EngineeringDaily Mail

          
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-07-25T19:24:29+07:00 Oktober 6th, 2017|Geografi & Sejarah, IPA|0 Comments

Leave A Comment