Vulkanologi Adalah studi tentang gunung berapi, lava, magma dan fenomena geologi

1 min read

Vulkanologi

Vulkanologi

Vulkanologi merupakan studi tentang gunung berapi, lava, magma, dan fenomena geologi yang berhubungan. Seorang ahli vulkanologi adalah orang yang melakukan studi pada bidang ini.

Istilah vulkanologi berasal dari Bahasa Latin Vulcan, dewa api Romawi.

Para ahli vulkanologi sering mengunjungi gunung berapi, terutama yang masih aktif, untuk mengamati letusan gunung berapi, mengumpulkan produk letusan termasuk contoh tephra (seperti abu, ash atau batu apung, pumice), batuan dan lava.

Tujuan penyelidikan vulkanologi

Tujuan utama dari penyelidikan adalah perkiraan letusan; pada saat ini belum ada cara yang akurat untuk melakukan hal ini, tetapi memperkirakan letusan, seperti halnya memperkirakan gempa bumi, dapat menyelamatkan banyak jiwa.

Seorang ahli vulkanologi mempelajari pembentukan gunung berapi dan letusannya saat ini, serta sejarah letusannya.

Vulkanologi berkaitan dengan pembentukan, distribusi dan klasifikasi gunung berapi serta dengan strukturnya dan jenis material yang dikeluarkan selama letusan (seperti aliran piroklastik, lahar, debu, abu, dan gas vulkanik).

Ini juga melibatkan penelitian tentang hubungan antara letusan gunung berapi dan proses geologi skala besar lainnya seperti lempeng tektonik, pembangunan gunung, dan gempa bumi.

Salah satu tujuan utama dari penelitian ini adalah menentukan sifat dan penyebab letusan gunung berapi untuk tujuan peramalan kejadiannya. Perhatian praktis lain dari vulkanologi adalah mengamankan data yang dapat membantu menemukan endapan bijih yang bernilai komersial, terutama yang mengandung mineral sulfida tertentu.

Ketertarikan pada fenomena vulkanik sudah ada sejak zaman kuno

Letusan Gunung Vesuvius pada tahun 79 Masehi dicatat dengan sangat rinci oleh Pliny the Younger.

Baca juga: Pompei, Italia | Sejarah Kota Pompei dan Objek Wisata

Studi tentang gunung berapi, bagaimanapun, tidak dilakukan secara sistematis sampai abad ke-19. Sejak saat itu vulkanologi telah menjadi cabang penting dari geologi fisik.

Para ahli di bidangnya, menggunakan prinsip dan metode geofisika dan geokimia serta alat seismologi dan geodesi, telah memperoleh banyak pengetahuan tentang proses yang terjadi di dalam interior bumi.


Geologi adalah ilmu yang mempelajari bagian-bagian Bumi | Definisi, Penjelasan dan Contoh Berbagai Disiplin dan Bidang Terkait


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Volcano Discovery, Pompeii, Britannica

Sumber foto: Pxhere

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.