Marie Antoinette, wanita publik | Istri Louis XVI

3 min read

Marie Antoinette

Marie Antoinette Ratu Prancis dan Navarre 1755-1793

Kakaknya, Kaisar Joseph II, menggambarkannya sebagai “baik dan jujur”: Marie-Antoinette, putri Austria dan istri Louis XVI, tetap menjadi salah satu tokoh paling simbolis dalam sejarah Versailles. Dia tiba di istana Prancis ketika dia baru berusia lima belas tahun. Dari pernikahannya dengan Dauphin Louis, pewaris takhta, dia menunjukkan kesulitan dalam beradaptasi dengan kebiasaan Prancis dan, setelah menjadi ratu, dia melipatgandakan, paling sering secara tidak sadar, kesalahan yang secara bertahap mengasingkan opini publik dan berkontribusi untuk menodai citranya dalam bencana. cara.

Marie Antoinette, ratu dengan nasib tragis

Sejarah menggambarkannya sebagai orang yang sembrono, riang, sering melarikan diri dari pengadilan untuk berlindung di Petit Trianon, perkebunan yang dibangun suaminya untuknya, di antara domba-dombanya. Tentu saja, tetapi Marie-Antoinette (1774-1792) adalah Ratu Prancis dan harus memenuhi kewajibannya. Apartemen besar adalah tempat kehidupan publik ini. Hampir tidak ada yang pribadi di deretan empat kamar ini, bahkan di kamar tidur, dengan tempat tidur monumental yang dilapisi emas dan bulu merak. “Tentu saja, upacara naik dan turunnya Ratu berlangsung di sana. Tetapi bahkan pengiriman, pengiriman Marie-Antoinette seperti yang dilakukan oleh ratu lainnya, dilakukan di depan umum. Itu perlu untuk memastikan bahwa tidak akan ada pertukaran bayi…”.

Putri François I dari Lorraine, kaisar Kekaisaran Romawi Suci, dan Marie-Thérèse dari Habsburg, Adipati Agung Austria, Marie-Antoinette lahir di Wina pada 2 November 1755. Pernikahannya dengan Louis XVI yang akan datang, dirayakan di Kapel Kerajaan kastil pada 16 Mei 1770, sebagian merupakan karya Duke of Choiseul, Sekretaris Negara untuk Urusan Luar Negeri dan salah satu arsitek utama rekonsiliasi Prancis-Austria. Persatuan ini, bagaimanapun, membangkitkan beberapa keengganan dalam opini publik, yang mempertahankan memori perjuangan berabad-abad melawan House of Austria. Upacara mewah yang berlangsung selama pernikahan pangeran ditandai dengan peresmian aula Royal Opera.

Dauphine muda menjadi wanita pertama di istana. Dengan suaminya, di mata opini publik, dia melambangkan janji-janji pemerintahan baru yang diharapkan oleh zaman Louis XV. Raja yang menua memang menjadi sangat tidak populer dan kematiannya, pada 10 Mei 1774, terasa melegakan di kerajaan. Marie-Antoinette menjadi ratu ketika dia belum berusia dua puluh tahun.

Dimanakah kerajaan Navarre?

Kerajaan Navarre, awalnya Kerajaan Pamplona (Bahasa Basque: Iruñeko Erresuma), adalah sebuah kerajaan Basque yang menduduki tanah di kedua sisi barat Pyrenees, di sepanjang Samudra Atlantik antara Spanyol dan Prancis saat ini.

Seorang Ratu di Istana Versailles

Jatuh cinta dengan istrinya, Louis XVI mengizinkannya untuk mengambil tempat di istana yang tidak pernah dimiliki oleh dua ratu sebelumnya, Marie-Thérèse dari Austria dan Marie Leszczinska. Menghargai hiburan, Ratu campur tangan dalam pilihan pertunjukan pengadilan, mendorong para seniman, dan menjadi antusias tentang bola pengadilan.
Sesuai perannya, dia juga secara teratur menjaga lingkarannya di apartemennya dan menunjukkan kegemaran yang sangat tajam untuk biliar dan permainan kartu, yang sering dia mainkan secara berlebihan, kalah dan menang dalam jumlah yang cukup besar, sampai-sampai Raja tersentuh oleh itu dan memiliki permainan tertentu yang terlalu berisiko yang menelan kekayaan nyata untuk dilarang. Musisi, Marie-Antoinette memainkan harpa dan harpsichord. Dia juga bisa menyanyi. Dia menyukai komposer yang dia sukai, seperti Grétry, Gluck atau Sacchini.

Hantu Petit Trianon | Versailles 1901 | Aktivitas Paranormal

Seleranya yang sangat yakin membuatnya melindungi sejumlah seniman, seperti pelukis lisabeth Vigée Le Brun yang melukis sekitar tiga puluh potret penguasa dan berutang padanya, sebagian besar, kesuksesan karirnya. Sang Ratu juga mencurahkan banyak waktu untuk fashion, untuk kecewa ibunya yang secara teratur bab tentang hal ini. Dia sering mengintervensi dirinya sendiri dalam memilih gaun dan gaya rambutnya, sehingga mengabaikan pakaian wanitanya yang bagaimanapun fungsinya, dan melangkah lebih jauh dengan menerima dirinya sebagai pembuat topi Rose Bertin, dijuluki dengan kedengkian tertentu “menteri mode”.

Marie-Antoinette di bagian privasi

Segera setelah dia tiba di Versailles, Marie-Antoinette menempati apartemen Ratu di mana dia harus tunduk pada kewajiban fungsinya: bangun, toilet, penonton, makanan umum … Tapi, terbiasa dengan upacara sederhana istana Austria, dia Tidak mendukung batasan label Versailles, dan berusaha untuk mencari kehidupan yang lebih intim. Dikelilingi oleh lingkaran yang dia pilih sendiri (dan tidak selalu dengan kebijaksanaan), dia menyukai ruang tamu dari Kabinet interiornya, yang terletak di belakang kamar apartemen negara bagiannya dan dia berusaha untuk memperpanjang lantai atas. di atas, serta Petit Trianon, yang dibangun oleh Louis XV dan yang ditawarkan Louis XVI kepadanya pada aksesi. Sangat awal, dia melakukan pekerjaan perhiasan besar yang mengubah hampir semua taman, di tengah-tengahnya segera berdiri pabrik-pabrik elegan, teater dan, kemudian, seluruh dusun.

Pada tahun 1778, setelah delapan tahun menikah, dia akhirnya melahirkan anak pertamanya. Marie-Thérèse, yang dikenal sebagai “Madame Royale”, segera diikuti oleh seekor “Le Dauphin” anak raja, Louis-Joseph, lahir pada tahun 1781.

Istana Versailles – Trianon, Dusun Ratu – Kunjungan ke Chateau de Versailles

Beberapa tahun kemudian, dia melahirkan Louis-Charles yang menjadi Dauphin atas kematian kakak laki-lakinya pada tahun 1789, kemudian Sophie-Béatrice, yang hanya akan hidup beberapa bulan. Ratu akan selalu menjadi ibu yang penyayang dan dekat dengan anak-anaknya. Kematian berturut-turut dari Sophie-Béatrice dan “Le Dauphin” anak raja pertama akan menjadi, bagi dia dan bagi Raja, cobaan yang sangat menyakitkan.

Ratu yang dikritik

Di bawah pengaruh ibunya, Marie-Antoinette dengan canggung mencoba memainkan peran politik, tetapi dia kurang dihargai oleh Pengadilan. Madame Adélaïde, bibi Louis XVI, yang tidak mentolerir fantasi sedikit pun – bahkan yang paling polos – dalam perilaku Ratu, memberinya julukan merendahkan “Austria” yang akan menemaninya sampai kematiannya. Terlepas dari pendapat yang awalnya sangat menguntungkannya, Ratu secara bertahap menjadi sasaran pamflet, fitnah dan karikatur yang berlipat ganda dari tahun 1785 dengan urusan Collier, penipuan di mana dia, bagaimanapun, hanya korban. Pengeluarannya diteliti, sering dibesar-besarkan, dan dituduh semakin menguras keuangan kerajaan. Setiap upaya untuk memenangkan kembali opini publik adalah sebuah kegagalan, dan pada saat Revolusi, Ratu terus terang dibenci.

Sikapnya yang ambigu selama Revolusi Prancis – dia memberi citra seorang ratu yang ragu-ragu antara melarikan diri dan berdamai – mempercepat akhir tragisnya. Dikurung di Kuil pada akhir hari 10 Agustus 1792, dia dipindahkan ke Conciergerie beberapa waktu setelah eksekusi Raja pada tahun 1793. Dengan keberanian besar dia menjalani persidangannya di hadapan Pengadilan Revolusi, kemudian eksekusinya, pada 16 Oktober 1793, di Place de la Concorde saat ini. Pada tahun 1815, jenazahnya – bersama dengan Louis XVI – dipindahkan dengan sungguh-sungguh ke Biara Saint-Denis dan ditempatkan di ruang bawah tanah.

Sumber bacaan: Cleverly Smart,

Sumber foto (foto utama): Wikimedia Commons

Penjelasan foto: Marie Antoinette dalam dua lukisan karya Elisabeth Vigée Le Brun. Satu (kiri) dibuat pada tahun 1778, yang lain (kanan) dibuat pada tahun 1779. Pada potret kedua Anda dapat melihat potongan rambut baru yang diadopsi setelah kelahiran anak perempuan: kelahiran telah membuat garis rambut rambut menjadi lebih halus, yang karenanya tidak dapat lebih lama ditata dengan rumit dan di atas segalanya tidak dapat mengalami tekanan yang kuat; Gaya rambut baru diciptakan oleh penata rambut Léonard, terutama untuk sang ratu.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing