Market Research (Riset Pasar) | Strategi Bisnis Untuk Mempertahankan Daya Saing dan Contoh Pertanyaan Survei

Market Research (Riset Pasar)

Studi pasar atau market research adalah pekerjaan pemasaran yuntuk menganalisis, mengukur dan memahami fungsi sebenarnya dari kekuatan yang bekerja di pasar. Hal ini dapat mempertahankan daya saing bisnis atau perusahaan Anda, dengan mencari info tentang klien Anda.

Market research untuk menentukan pangsa pasar atau sasaran tertentu yang ditujukan kepada pelanggan. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan pertanyaan tertentu.

Mengapa  (Riset Pasar) Penting?

Riset pasar adalah upaya terorganisir untuk mengumpulkan informasi tentang pasar sasaran dan pelanggan: mengetahui tentang mereka, dimulai dengan siapa mereka. Ini adalah komponen yang sangat penting dari strategi bisnis dan faktor utama dalam mempertahankan daya saing. Riset pasar membantu mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan pasar, ukuran pasar, dan persaingan. Tekniknya mencakup teknik kualitatif seperti kelompok fokus, wawancara mendalam, dan etnografi, serta teknik kuantitatif seperti survei pelanggan, dan analisis data sekunder.

Ini adalah aktivitas yang biasanya diterapkan sebagai bagian dari pendekatan manajemen pemasaran.

Secara konkret – setelah batasan yang akan diamati telah ditetapkan – ini mencakup studi tentang perilaku, penilaian, kebutuhan dan harapan pelamar dan pemasok yang hadir di pasar ini, serta kondisi di mana mereka bertindak (atau tidak) untuk melakukan pertukaran yang sesuai untuk kepuasan tujuan dan kepentingan mereka.

Riset pasar menggunakan teknik kuantitatif seperti polling, panel, dan teknik kualitatif seperti wawancara satu lawan satu, pertemuan kelompok. Informasi yang dapat dikumpulkan:

baik secara langsung dari orang-orang yang dapat dikonsultasikan melalui pewawancara (wawancara tatap muka di rumah atau di kelas, telepon, di jalan, dll.) atau dengan cara yang dikelola sendiri (pengiriman kuesioner makalah atau kuesioner lewat internet).
baik dengan penelitian dokumenter, kompilasi dan analisis semua informasi dari sumber yang ada dan relevan (sumber utama, publikasi hukum atau keuangan, hasil dari proses intelijen atau intelijen bisnis, pekerjaan akademis, dll.).

Jenis Market Research

Penyelidikan
Tujuan mereka adalah untuk membantu merumuskan masalah, memperjelas hipotesis dan akhirnya menemukan sumber informasi statistik yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan. Mereka juga memungkinkan Anda memilih metodologi yang tepat untuk masa depan.

Kualitatif
Mereka digunakan untuk mempelajari faktor-faktor yang sulit diukur seperti persepsi, sikap, dan motivasi. Di sini kami tidak mencoba untuk mengevaluasi “berapa banyak?”, Melainkan “mengapa?”, Untuk menetapkan profil untuk menargetkan survei kuantitatif.

Deskriptif
Tidak seperti yang sebelumnya, ini melibatkan pengumpulan data yang ada di domain. Teknik yang digunakan adalah survei, sensus dan observasi. Di sini kami menemukan survei kuantitatif.

Kausal (bersifat menyebabkan suatu kejadian; bersifat saling menyebabkan)
Tujuannya adalah untuk menunjukkan dan menjelaskan hubungan sebab akibat antara 2 elemen. Desain eksperimental adalah salah satu teknik yang digunakan untuk memvariasikan elemen dan mengamati dampaknya.

Percobaan
Idenya adalah untuk mensimulasikan lingkungan, produk, layanan, dan mengukur efek dari suatu tindakan: toko uji, uji coba market, uji konsep…

Informasi utama yang harus dikumpulkan dalam kasus Market Research Btob

Tujuan dari riset pasar harus memberikan gambaran yang tepat tentang segmen pasar dan potensinya.

Secara terbatas, Market Research terjadi di hulu peluncuran produk atau layanan atau selama penetapan rencana aksi, baik pemasaran maupun secara komersial.

n ° 1: studi persaingan
Lebih dari konteks lainnya, studi tentang persaingan di B2B sangat penting. Dalam B2B, strategi komersial memang dapat terstruktur dengan lebih baik daripada di B2C, karena mereka disiapkan oleh perusahaan yang lebih besar, oleh karena itu dengan lebih banyak sumber daya daripada di B2C (yang terutama tetap menjadi hak prerogatif dalam perdagangan lokal bagi usaha kecil dan menengah). Di B2C, area kompetisi (setara dengan area tangkapan B2C) juga jauh lebih besar, yang akan memaksa Anda untuk melihat jauh di luar wilayah geografis Anda.

Oleh karena itu kami menyarankan Anda untuk mempelajari 3 pesaing utama Anda secara mendalam. Buat kisi sintetis untuk mencapai tolok ukur Anda. Berikut adalah beberapa gagasan tentang faktor yang akan dinilai: faktor keuangan (perputaran, keuntungan, margin, perubahan dari tahun ke tahun); faktor geografis (wilayah yang dilayani, kekhususan pasar Anda dan adaptasi yang sesuai dengannya); faktor kepuasan pelanggan (apakah pelanggan puas dengan produk / layanan pesaing Anda? bagaimana pesaing Anda menanggapi poin masalah pelanggan?…); faktor komersial (tingkat harga, fleksibilitas, kecepatan tanggapan komersial, ukuran tenaga penjualan di pasar nasional, dll.). Untuk menentukan faktor-faktor ini, jangan ragu untuk “bertukar pikiran” dengan seseorang yang mengetahui pasar dengan baik (lihat Metode Riset Pasar # 2: Wawancara Ahli). Memang, meskipun Anda dapat menemukan banyak informasi faktual online (terutama angka, tetapi juga pendapat), sudut pandang seorang ahli tidak dapat diterjemahkan dengan lebih baik daripada selama diskusi. Ini juga akan menjadi kesempatan, dengan menjalin hubungan kepercayaan, untuk mendapatkan informasi yang mungkin belum dipublikasikan.

n ° 2: wawancara kualitatif
Seperti dalam riset pasar B2C, Anda harus melalui fase kualitatif di B2B. Metode bagaimanapun harus disesuaikan dengan konteksnya. Memang, profesional bukanlah “target” seperti yang lain dan oleh karena itu mereka harus didekati sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk melanjutkan sebagai berikut:

Wawancara dengan para ahli
Ahli adalah orang yang memiliki pengetahuan luas tentang pasar yang Anda minati. Mereka bisa menjadi konsultan khusus, anggota organisasi profesional, atau bahkan staf diplomatik (setiap kedutaan memiliki pakar ekonomi nasional yang dapat dipanggil, terlebih lagi jika Anda adalah warga negara dari negara yang bersangkutan). Ukuran pasar B2B dan perusahaan yang aktif di ceruk ini membenarkan orang-orang menjadikannya spesialisasi penuh waktu mereka. Spesialisasi mereka mewakili nilai tambah yang signifikan bagi siapa saja yang ingin melakukan riset pasar. Ini termasuk mengidentifikasi mereka di awal untuk memahami profil ahli mana yang paling mampu memberi Anda nilai tambah.

n ° 3: studi lingkungan (environment)
Dua langkah sebelumnya (studi persaingan dan wawancara kualitatif) niscaya akan mengungkap aspek-aspek eksogen baru yang membentuk pasar dan menentukan evolusinya. Aspek-aspek ini dikatakan eksogen karena Anda, sebagai perusahaan, tidak dapat mempengaruhinya. Ini mungkin aspek yang terkait dengan kebijakan suatu negara, situasi ekonomi, kebijakan fiskal, aspek hukum nasional atau transnasional (norma, standar, peraturan atau arahan Eropa). Perhatikan bahwa faktor eksternal lainnya dapat memengaruhi bisnis Anda seperti demografi, budaya, etika, dan ekologi. Sudah diantisipasi dengan baik, faktor-faktor eksogen ini dapat menjadi pengungkit pertumbuhan yang penting. Pesaing Anda mungkin tidak mengantisipasinya, meninggalkan Anda dengan kemungkinan proposisi nilai yang lebih baik yang akan dihargai pelanggan. Inilah yang terjadi dengan Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR) yang memungkinkan perusahaan baru mengambil pangsa pasar, karena perusahaan harus beradaptasi (seringkali terburu-buru) dengan undang-undang baru ini. Kesulitannya tentu saja untuk melanggengkan aktivitas yang dihasilkan, karena seringkali pemanfaatan peluang bisnis semacam itu lebih merupakan strategi jangka pendek.

Informasi utama yang harus dikumpulkan dalam kasus Market Research BtoC (Business to Client)

Tujuan dari studi pasar harus mengumpulkan informasi tertentu sehingga memungkinkan untuk mengoptimalkan tindakan yang diinginkan (umumnya penjualan) menuju target yang diinginkan atau untuk didefinisikan (umumnya pelanggan).

Secara skematis, dalam konteks perusahaan yang mengembangkan dan memasarkan produk atau layanan, studi pasar atau opini (EMO) berlangsung di hulu selama fase penelitian, selama fase pengembangan desain, dan selama fase pemasaran.

Data sosio-demografis dan karakteristik eksternal klien: umur, jenis kelamin, tempat tinggal, kategori sosio-profesional
segmentasinya yang mungkin sesuai dengan kriteria yang akan ditentukan.

Perilaku
konsumsi dan perilaku penggunaan;
perilaku pembelian (frekuensi, periode, tempat, dll.);
perilaku kehadiran media.

Pendapat dan sikap
ketenaran: (spontan peringkat pertama (top of mind), spontan (fungsi kedekatan dengan iklan), dibantu (jika terjadi risiko kebingungan), tanpa ketenaran);
gambar: semua representasi berwujud dan tidak berwujud;
penilaian keseluruhan, preferensi, kepuasan: skala kualitatif dan skor numerik, peringkat, niat.

Proses pengambilan keputusan dan kriteria seleksi
motivasi dan remnya: psikologis (hedonistik, rasional, utilitarian, etis), finansial (daya beli, kapasitas utang, elastisitas permintaan dalam kaitannya dengan harga), teknis atau praktis (kapasitas atau kompetensi untuk menggunakan produk secara penuh);
kriteria untuk memilih di antara merek: kemampuan untuk mengidentifikasi dan menimbang kriteria;
tingkat keterlibatan pelanggan dalam pembelian produk: konsekuensi pembelian;
tingkat perencanaan pembelian sebelumnya: intensitas dan durasi refleksi sebelum pembelian;
sumber informasi dan saran yang digunakan oleh klien, dampak dari orang yang mempengaruhi pilihan produk, layanan.

Karakteristik survei

Untuk melakukan survei, Anda harus memastikan bahwa Anda telah menentukan:

  • Unit survei (jenis entitas: individu, perusahaan, dll.) Dan profil yang akan diwawancarai: Misalnya, apakah produsen mainan harus mewawancarai anak tersebut? (penerima akhir produk), atau orang tuanya? (dugaan pembeli produk), atau bahkan keduanya?
  • Ukuran sampel menentukan tingkat ketelitian (fungsi akar kuadrat dari ukuran absolut sampel), tetapi juga biaya produksi: Bagaimana melakukan arbitrase di antara gagasan yang kontradiktif ini.
    Prosedur pemilihan sampel: menyusunnya secara acak pada prinsipnya ideal tetapi mahal. Jika kita bertindak dengan metode kuota, kriteria apa yang harus berlaku?
  • Probabilitas dan konsekuensi kesalahan pengambilan sampel harus diketahui dan jika mungkin diukur (risiko ukuran sampel yang terlalu kecil, atau mempertanyakan populasi yang tidak seperti biasanya atau marjinal terkait dengan pasar yang dipelajari).
  • Metode pemasukan, pemusatan, dan pemrosesan data menunjukkan sisi tersembunyi dari biaya dan waktu survei dan tidak boleh diremehkan.

Karakteristik kuesioner

Sebelum menerapkan kuesioner, perhatian khusus harus diberikan pada:

  • Penerimaan pertanyaan oleh orang yang diwawancarai: seberapa jauh untuk tidak membahas panjangnya, durasi, pemahaman pertanyaan, dan upaya yang diperlukan untuk menjawabnya? Jika batas yang “masuk akal” dilanggar, orang yang diwawancarai mungkin tergoda untuk menanggapi secepat mungkin untuk menyingkirkan pertanyaan yang dianggap “melecehkan” …
  • Berhati-hatilah agar kuesioner tidak mempengaruhi jawaban orang yang diwawancarai. Urutan pertanyaan atau gaya yang digunakan harus dipelajari dan diuji secara khusus: Informasi yang dikumpulkan tidak identik tergantung pada apakah seseorang menggunakan pendekatan direktif, semi-direktif atau non-direktif. pertanyaan yang dapat ditulis dalam mode terbuka, tertutup, bentuk sebelumnya (reaksi terhadap proposal atau skala sikap). Metode pemberian kuesioner juga harus diperhatikan: Wawancara melalui pos, Wawancara telepon, Wawancara tatap muka, Wawancara dilakukan dengan observasi terhadap responden.

Jebakan dan kesalahan utama yang harus dihindari adalah:

untuk mengajukan pertanyaan yang terlalu umum atau ambigu yang terbukti tidak perlu selama eksploitasi mereka.
untuk fokus hanya pada satu aspek (misalnya kebutuhan pelanggan) tanpa cukup menyapu aspek terkait di mana faktor penting mungkin tersembunyi.
ajukan pertanyaan yang orang tidak bisa atau tidak tahu bagaimana menjawabnya (yang dapat menyebabkan penafsiran ulang oleh operator yang bertanggung jawab untuk mencatat jawaban), atau pertanyaan yang terlalu brutal atau terasa mengganggu (menimbulkan jawaban yang tidak tulus).

Jika Anda ingin menawarkan skala respons, Anda harus memastikan bahwa itu memverifikasi aturan dasar, seperti:

kategori yang berbeda tidak boleh tumpang tindih
mereka harus mencakup semua opsi yang memungkinkan
mereka harus bisa dimengerti

Contoh Market Research Kuesioner

Saat membuat kuesioner riset pasar, penting bagi Anda untuk menyesuaikan pertanyaannya dengan konteks tertentu. Misalnya, jika Anda melakukan riset pasar produk, Anda harus mengajukan pertanyaan yang antara lain akan memberikan informasi yang berguna tentang kelayakan produk.

Pertanyaan untuk Ditanyakan Pelanggan

Gunakan pertanyaan berikut sebagai pertanyaan survei, baik setelah penjualan atau sebagai survei pasca-dukungan. Atau gunakan pertanyaan riset pasar ini untuk melakukan grup fokus, mewawancarai pelanggan individu, atau melibatkan pelanggan potensial selama proses penjualan. Pastikan untuk memasukkan responden yang kurang senang dengan layanan pelanggan Anda. Anda belajar lebih banyak daripada jika Anda hanya berbicara dengan pelanggan yang bahagia. Meminta:

Bagaimana Anda mendengar tentang kami?
Apa yang membuatmu memilih kami?
Fitur apa yang paling Anda sukai dari produk atau layanan kami?
Apakah produk atau layanan kita mudah, cepat, nyaman digunakan?
Apa yang Anda inginkan agar produk atau layanan kami tidak melakukannya hari ini?
Apakah Anda tahu bahwa kami menawarkan _________?
Apakah personel kami sopan dalam semua urusan?
Apakah kami menjawab semua pertanyaan Anda atau menyelesaikan masalah dukungan Anda?
Bisakah kami membantu Anda mulai menggunakan produk atau layanan kami?
Apakah Anda puas dengan ketepatan dan kecepatan kami?
Apakah Anda bersedia memberi tahu teman, keluarga, atau kolega tentang kami?
Bagaimana Anda menilai pengalaman Anda dengan kami?
Maukah Anda membeli dari kami lagi?
Mengapa Anda memutuskan untuk meninggalkan kami / tidak memperpanjang?

Kuesioner pertanyaan terbuka

1. Berapa umur anda?
2. Apa jenis kelamin Anda?
3. Di industri mana Anda bekerja?
4. Apa produk favorit Anda?
5. Mengapa Anda membeli produk ini?
6. Fitur penting apa yang tidak kita miliki?
7. Apa yang ingin Anda selesaikan dengan menggunakan produk kami?
8. Siapa lagi yang bisa mendapatkan manfaat dari produk kita?
9. Bagaimana kita bisa lebih membantu?
10. Apakah Anda bersedia membayar dengan mencicil untuk layanan ini?

Pertanyaan Riset Pasar untuk Analisis Kompetitif

Setelah Anda menilai industri dan pelanggan Anda, mulailah mengajukan pertanyaan riset pasar tentang pesaing Anda. Beberapa pertanyaan untuk ditanyakan meliputi:

1. Bagaimana kinerja merek kita dibandingkan dengan pesaing kita?
2. Bagaimana pesaing kita secara efektif menarik pelanggan?
3. Berapa banyak lalu lintas situs web yang diterima pesaing kita?
4. Kata kunci manakah yang mengarahkan lalu lintas ke pesaing kita?
5. Sumber apa yang mengarahkan lalu lintas ke pesaing kita?
6. Berapa banyak inbound link yang dimiliki pesaing kita?
7. Jenis konten apa yang berkinerja baik untuk pesaing kita?

Survei Riset Pasar Untuk Produk dan Jasa

Dalam skala 1 sampai 10, bagaimana Anda menilai produk dan servis kami?
(kelas 1 menunjukkan sangat buruk, kelas 10 menunjukkan sangat baik)

1. Seberapa puaskah Anda dengan produk kami?
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
2. Seberapa sering Anda menggunakan produk kami?
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
3. Seberapa mudah menggunakan produk kita?
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
4. Nilai uang untuk produk ini?
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
5. Bagaimana variasi produk kami?
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
6. Proses pembayaran [perusahaan] sederhana dan mudah?
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
7. Seberapa puaskah Anda hari ini dengan layanan pelanggan kami?
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
8. Seberapa besar kemungkinan Anda akan merekomendasikan produk ini kepada orang lain?
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Pertanyaan Demografis

Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda lebih memahami siapa pelanggan Anda dan juga membantu Anda menciptakan persona pembeli yang akurat. Mengetahui siapa pelanggan Anda dan apa yang menarik bagi mereka berarti Anda akan dapat memfokuskan produk Anda pada apa yang menarik bagi mereka.

Berapa kisaran pendapatan bulanan Anda?
Mengetahui berapa banyak pelanggan Anda memperoleh memberi Anda petunjuk tentang daya beli mereka dan berapa banyak biasanya mereka dapat membelanjakan untuk produk Anda. Ini akan menginformasikan harga produk Anda sehingga Anda tidak membuat diri Anda keluar dari bisnis.

Berapa banyak yang Anda habiskan untuk berbelanja setiap bulan?
Sama seperti Anda, pelanggan bekerja dengan anggaran terbatas dan lebih cenderung membeli produk yang biayanya cocok dengan ini. Jawaban atas pertanyaan ini akan membantu Anda menetapkan biaya yang sesuai untuk produk Anda.

Di mana Anda lebih suka berbelanja?
On line
Secara fisik
Memenuhi preferensi pelanggan adalah salah satu cara untuk mengamankan perlindungan berulang. Jawaban atas pertanyaan ini akan menginformasikan rencana ekspansi bisnis Anda. Misalnya, jika pelanggan Anda lebih suka berbelanja online, Anda dapat menyiapkan formulir pemesanan online Formplus untuk memungkinkan mereka memesan barang dan melakukan pembayaran dengan nyaman.

Berapa usiamu?
Pertanyaan ini akan membantu Anda mengidentifikasi kelompok usia yang paling menarik produk Anda. Mengetahui hal ini akan membantu Anda menyusun kampanye pemasaran dan periklanan yang menarik bagi anggota grup ini.

Pertanyaan Umpan Balik
Pertanyaan-pertanyaan ini membantu Anda mengumpulkan informasi yang berwawasan tentang pengalaman pelanggan; yaitu, bagaimana pelanggan memandang produk Anda dan keseluruhan pengiriman. Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan memberi tahu Anda mengapa pelanggan Anda membeli dari Anda dan seberapa baik produk Anda memenuhi kebutuhan mereka.

Kebutuhan spesifik apa yang dipenuhi produk kami untuk Anda?
Pertanyaan ini membantu Anda mengidentifikasi nilai jual unik produk Anda. Anda akan tahu mengapa pelanggan melindungi merek Anda dan Anda dapat memanfaatkan informasi ini untuk pemasaran dan periklanan yang lebih baik.

Bagaimana Anda menilai pengiriman produk kami?
Jawaban atas pertanyaan ini adalah refleksi langsung dari persepsi pelanggan Anda tentang pengiriman produk Anda. Untuk wawasan yang lebih baik, Anda dapat meminta mereka untuk memberikan alasan penilaian mereka.

Tantangan apa yang Anda temui saat menggunakan produk kami?
Pertanyaan-pertanyaan ini membantu Anda untuk mengidentifikasi kelemahan bisnis dari sudut pandang pengguna akhir. Jika dibiarkan, pesaing dapat memanfaatkan kelemahan ini untuk meningkatkan basis pelanggan mereka.

Seberapa besar kemungkinan Anda akan merekomendasikan produk kami?
Pelanggan yang bahagia adalah salah satu alat pemasaran yang paling efektif karena pelanggan hanya akan merekomendasikan produk yang mereka sukai. Jika lebih banyak orang yang ingin merekomendasikan produk Anda, itu berarti bisnis dan merek Anda berada di jalur yang benar.

Contoh pertanyaan Market Research (riset pasar) lainnya adalah:

Bagaimana Anda menilai pengalaman pelanggan kami?
Umpan balik tentang pengalaman pelanggan penting karena membantu Anda meningkatkan hubungan merek Anda dengan pelanggan di berbagai titik kontak bisnis.

Apa pendapat Anda tentang harga produk?
Pertanyaan ini akan membantu Anda menyesuaikan harga produk dengan tepat. Jika pelanggan berpikir produk Anda terlalu mahal, mereka mungkin berhenti membeli dari Anda.

Seberapa sering Anda menggunakan produk kami?
Pertanyaan ini akan membantu Anda melacak perlindungan berulang dan untuk mengetahui bagaimana produk Anda cocok dengan kehidupan sehari-hari pelanggan Anda.

Contoh Kuesioner Market Research untuk Klien

Klien adalah individu dan organisasi yang Anda berikan layanan khusus. Sama seperti pertanyaan riset pasar pelanggan, pertanyaan riset pasar untuk klien membantu Anda menilai penyampaian layanan Anda, mengidentifikasi kebutuhan unik klien, dan mengumpulkan wawasan berguna melalui umpan balik. Berikut 11 contoh pertanyaan untuk Anda:

Bagaimana Anda menilai pengiriman layanan kami?
Ini adalah pertanyaan umpan balik yang akan membantu Anda memahami seberapa baik layanan Anda memenuhi kebutuhan klien Anda.

Tantangan apa yang Anda alami dengan layanan kami?
Jawaban atas pertanyaan ini akan menyoroti area yang membutuhkan perbaikan dalam penyampaian layanan Anda secara keseluruhan.

Apakah Anda bersedia merekomendasikan kami ke jaringan Anda?
Jika jawaban atas pertanyaan ini adalah ya, maka Anda dapat yakin bahwa klien Anda cukup terkesan dengan layanan yang Anda berikan.

Kebutuhan spesifik apa yang dipenuhi oleh layanan kami untuk Anda?
Untuk memetakan nilai produk Anda dengan jelas dari sudut pandang klien, minta mereka untuk mengidentifikasi kebutuhan spesifik yang dipenuhi layanan Anda untuk mereka.

Bagaimana cara pengiriman layanan kami menjadi lebih baik?
Ini adalah pertanyaan umpan balik lain yang akan membantu Anda meningkatkan layanan untuk lebih memenuhi kebutuhan klien Anda.

Sudah berapa lama Anda menjadi klien?
Pertanyaan ini membantu Anda mengumpulkan data yang berarti untuk meningkatkan strategi retensi klien Anda.

Apa yang paling Anda sukai dari layanan kami?
Pertanyaan ini akan membantu Anda mengidentifikasi nilai jual unik dari layanan Anda.

Bagaimana Anda menilai pengalaman terakhir Anda bersama kami?
Dengan pertanyaan ini, Anda akan dapat mengumpulkan informasi berharga tentang pengalaman klien dengan layanan Anda.

Apa yang kamu tidak suka tentang pengiriman layanan kami?
Pertanyaan ini memungkinkan klien untuk menyoroti area yang membutuhkan perbaikan dalam penyampaian layanan Anda. Data yang dikumpulkan akan membantu Anda meningkatkan layanan untuk kepentingan klien Anda.

Apakah layanan kami membantu?
Ini adalah pertanyaan sederhana yang mengharuskan klien menyoroti nilai layanan Anda.

Mengapa Anda memilih kami?

Sumber bacaan: Cleverly Smart

Sumber foto: Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-02-06T04:07:24+07:00 Februari 6th, 2021|Business Marketing|0 Comments

Leave A Comment