Taman Gantung Babylon | Lokasi, Sejarah dan Deskripsi

2 min read

Taman Gantung Babylon | Lokasi, Sejarah dan Deskripsi

Taman Gantung Babylon

Babylon terkenal sebagai salah satu kota kuno terindah yang pernah dibangun. Terletak di tengah gurun, tempat ini pernah memiliki dinding yang mengesankan dan taman gantung Babylon yang merupakan salah satu keajaiban dunia. Penelitian oleh seorang arkeolog Jerman pada awal abad ke-20 menempatkan mereka di selatan kota. Teori lain akan menempatkan mereka di kota Niniwe Asiria, ditaklukkan oleh orang Babilonia dengan aliansi Media. Raja Nebukadnezar II, pemimpin militer besar di balik perluasan Kekaisaran, menikahi Putri Mede, Amytis. Menurut legenda, dia memiliki taman yang dibangun untuk menghiburnya dalam kerinduan dan kesepiannya.

Sejarah

Mereka muncul dalam tulisan beberapa penulis Yunani dan Romawi kuno (Diodorus dari Sisilia, Strabo, Philo dari Aleksandria, dll.), Semuanya menarik inspirasi dari sumber yang lebih tua dan sudah punah, termasuk pendeta Babilonia Berosus. Kepada yang terakhir inilah kita berhutang pada sejarah pembangunan taman-taman ini oleh Nebukadnezar II untuk mengingatkan istrinya, Amytis dari Media, tentang pegunungan berhutan di negara asalnya, di sekitar Ecbatane.

Bangsawan Babilonia berkembang di bawah pemerintahan Raja Hammurabi yang terkenal (1792-1750 SM). Namun, baru pada masa pemerintahan Raja Naboplashar (625-605 SM) peradaban Mesopotamia ini mencapai semua kemuliaannya.

Kepada putranya, Nebukadnezar II (604-562 SM), semua pujian diberikan karena telah membangun Taman Gantung yang legendaris. Dikatakan bahwa dia membangunnya untuk menyenangkan istri atau selirnya.

Salah Satu Tujuh Keajaiban Dunia Kuno

Terlepas dari kenyataan bahwa sejumlah besar deskripsi tentang Taman berasal dari sejarawan Yunani, catatan Babilonia tetap diam tentang hal ini.
Lempeng-loh pada zaman Nebukadnezar tidak menyebutkan Taman Gantung, meskipun uraian tentang istananya dan kotanya ditemukan.

Namun, pada abad ke-20 kami menemukan beberapa fondasi misterius yang mungkin dimiliki Taman. Tetapi para arkeolog mencoba menemukan lebih banyak bukti sebelum menarik kesimpulan mengenai lokasi tepat Taman Gantung, sistem irigasi, dan penampilan sebenarnya.

Deskripsi

Penjelasan detailnya berasal dari sumber-sumber Yunani, seperti tulisan Strabo atau Philo dari Byzantium yang bisa dibaca di bawah ini:

Taman-taman itu dibangun berbentuk limas, setiap anak tangga membentuk teras. Bunga-bunga dan pohon-pohon yang tumbuh di sana menyembunyikan dasar-dasar situs, yang membuatnya tampak seperti Taman-taman yang mengambang di udara tanpa penyangga, oleh karena itu dinamai Taman Gantung.

Peninggian taman akan dilakukan dengan beberapa teras, mungkin berundak. Diodorus menggambarkan proses kompleks yang menggabungkan beberapa lapisan batu, buluh, bitumen, dan timbal yang dikembangkan untuk mencegah kelembapan tanah yang merupakan lapisan atas tanah di taman agar tidak menyebar lebih rendah. Namun uraiannya tentang galeri yang mendukung taman kurang jelas.

Hal menarik lainnya dalam cerita tersebut adalah penyaluran air ke taman-taman tinggi. Philo, yang paling tertarik pada aspek teknis bangunan, menjelaskan panjang lebar sistem kanal yang digunakan untuk mengairi taman. Strabo tetap satu-satunya yang dapat menjelaskan dengan jelas cara mengangkat air, yaitu sekrup Archimedean, yang dioperasikan oleh manusia, yang tampaknya ditemukan dalam membangkitkan sistem saluran dan spiral di Philo. Menurut Strabo dan Diodorus, air tersebut berasal dari Efrat. Ini akan berfungsi untuk mendukung taman yang rimbun, di mana pohon-pohon besar dari berbagai spesies ditanam.

Meskipun deskripsinya lebih realistis, adalah gambaran magis Philo dalam karyanya De septem orbis spektakulerulis yang tetap tertanam dalam ingatan: “Taman yang kami sebut ditangguhkan, karena ditanam di atas tanah, tumbuh di udara; dan akar pohon membuat seperti atap, tinggi di atas, di atas bumi”.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly Smart

Sumber foto: Wikimedia Commons

Penjelasan foto: Taman Gantung Babilonia. Ilustrasi abad ke-19.

Taman Gantung Babilonia mungkin abad ke-19 setelah penggalian pertama di ibu kota Asiria. : Taman Gantung Babilon – Ukiran berwarna tangan ini mungkin dibuat pada abad ke-19 setelah penggalian pertama di ibu kota Asiria, menggambarkan Taman Gantung Babilonia yang terkenal, salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno.
Menurut tradisi, taman tidak digantung, tetapi tumbuh di atap dan teras istana kerajaan di Babilonia. Nebukadnezar II, raja Khaldea, seharusnya memiliki taman yang dibangun pada sekitar 600 SM sebagai penghiburan bagi istrinya dari Median, yang merindukan lingkungan alam di tanah airnya.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing