Marketing Intelligence | Menggunakan Intelijen Pemasaran untuk Mengembangkan Bisnis Anda

3 min read

Intelijen pemasaran marketing intelligence

Marketing Intelligence

Intelijen pemasaran atau marketing intelligence terdiri dari pengumpulan, pemrosesan dan penyebaran informasi tentang produk dan pasar. Ini terkait erat dengan peluncuran produk baru dan untuk mendeteksi pasar baru.

Untuk melakukan pemantauan yang efektif, Anda harus tahu apa yang harus diperhatikan: menentukan prioritas dan tujuan khusus.

Ini didasarkan pada:

  • studi pasar (kualitatif atau kuantitatif),
  • pengamatan pelanggan, pemasok, subkontraktor, distributor, atau berbagai pemangku kepentingan,
  • tetapi juga analisis ekspresi yang paling banyak ditelusuri di Google2 (yang dapat membantu memahami ekspektasi konsumen).
  • Dalam lingkungan persaingan yang kuat, di mana posisi diperebutkan dan terus berkembang, “tetap berhubungan”, “mendapat informasi dengan baik” sangat penting untuk menanggapi perubahan pasar yang cepat. Seluruh proses pemasaran / penjualan dipengaruhi oleh pemantauan ini. Intelijen kompetitif dan komersial terkait erat.

Informasi yang ditargetkan yang mengamati peristiwa baru dalam hubungan penjual / pelanggan dan pemasok serta pesaing, berada di pusat tantangan ini. Pemantauan didasarkan pada pemantauan pemain kunci yang berdampak pada pengembangan komersial: pemantauan kondisi akses ke pasar, pemain kunci, perubahan lingkungan dan aturan permainan, inovasi, penawaran, serta produk dan layanan baru.

Dari pengulangan rutin jam tangan komersial yang sadar dan terarah ini, serta umpan balik informasi lapangan dari tenaga penjualan, lahirlah “kecerdasan pasar” atau marketing intelligence.

Pentingnya Intelijen Pemasaran

  • Memungkinkan para pemimpin bisnis untuk mempercepat proses dalam pengambilan keputusan.
  • Ketahui apa yang dilakukan pesaing Anda untuk tetap menjadi yang terdepan.
  • Pengetahuan dan keterampilan pengembang tuangkan konektor untuk klien dan produk.
  • Membantu pemasar, eksekutif dan manajemen dalam membuat keputusan dengan kepastian, ketidakpastian, dan risiko.
  • Digunakan oleh pengambil keputusan pemasaran untuk efisiensi dan efektivitas operasi bisnis secara keseluruhan.
  • Fasilitator dan koordinasi antarmuka yang memiliki respon yang gesit.
  • Meningkatkan proses pengambilan keputusan taktis dan strategis.
  • Pertahankan persaingan dalam industri.
  • Identifikasi peluang di sektor pasar berkembang dan pengaturan kemitraan baru untuk mengurangi perluasan geografis.
  • Perusahaan Memberikan informasi kecil tentang lingkungan
  • komersial untuk pengambilan keputusan.

Cara Meningkatkan Sistem Marketing Intelligence (Intelijen Pemasaran) Perusahaan

Sebelumnya, pemasar menganalisis data dalam jumlah terbatas pada interval yang tidak teratur tanpa melihat ke masa depan. Mereka akan meninjau kinerja peluncuran produk atau kampanye baru setelah 30 hari, seringkali terlambat untuk dapat membuat perubahan yang dapat langsung memengaruhi hasil bisnis. Dalam hal mengukur visibilitas merek dan afinitas pelanggan, pendekatan utama sering kali terbatas pada grup fokus yang diadakan sekali atau dua kali setahun. Taktik ini tidak lagi cukup. Manfaatkan data Anda dengan marketing intelligence. Mari kita lihat bagaimana intelijen pemasaran dapat membantu perusahaan atau bisnis Anda.

Dapatkan gambaran lengkap tentang kampanye Anda

Tantangan: Tujuan Anda adalah mendorong pertumbuhan perusahaan Anda. Anda memerlukan gambaran lengkap tentang bagaimana kinerja kampanye Anda, secara waktu nyata dan di seluruh saluran dan pasar. Anda tidak dapat memilah-milah data Anda saat mencoba mendapatkan gambaran besar tentang pelanggan Anda. Tetapi tanpa alat yang tepat, integrasi data bisa menjadi proses yang rumit dan memakan waktu.

Solusinya: Dengan alat intelijen pemasaran, Anda dapat menghubungkan data Anda dengan mulus, apa pun sumbernya, dan menampilkannya dalam satu dasbor. Dasbor ini memberi Anda wawasan dan informasi berharga untuk menetapkan tujuan bisnis.

Ciptakan transparansi anggaran

Tantangannya: Anda perlu memahami dengan tepat bagaimana anggaran Anda dibelanjakan secara keseluruhan. Transparansi dalam bisnis Anda sangat penting: pelanggan dan industri menuntutnya. Ini bukanlah tugas yang mudah, terutama jika Anda mengelola banyak unit bisnis, lusinan saluran, dan ratusan lini produk di banyak negara. Dengan alat tradisional, Anda memerlukan waktu, keahlian teknis, dan investasi untuk memenuhi tantangan besar ini.

Solusinya: Kecerdasan pemasaran memberi Anda kemampuan untuk menyatukan data Anda secara otomatis, sehingga Anda dapat melihat dengan tepat apa yang terjadi di semua tingkat indikator kinerja Anda, baik itu laba atas investasi, pertumbuhan, atau loyalitas. Dengan alat seperti Datorama, Anda memiliki semua yang Anda butuhkan untuk menjaga agar pengeluaran anggaran Anda tetap akuntabel dan memperhitungkan uang yang dihabiskan untuk pemasaran.

Ukur indikator (statistik) kinerja dengan baik

Tantangannya: Anda harus melampaui klik dan tampilan untuk memahami metrik bisnis mana yang dipengaruhi oleh pemasaran dan bagaimana hal itu memengaruhi sasaran bisnis di seluruh organisasi. (Misalnya, pendapatan, pangsa pasar, nilai umur pelanggan, biaya akuisisi pelanggan, churn, cross-sell, upsell, dll.) Program pemasaran Anda harus mencerminkan keseluruhan tujuan perusahaan.

Solusinya: Kecerdasan pemasaran memudahkan pemangku kepentingan bisnis untuk mengakses dan memahami metrik kinerja. Setelah berada di halaman yang sama, semua orang dapat bekerja sama untuk mendorong pertumbuhan, termasuk menggunakan fakta yang sama untuk menentukan data apa yang tersedia, bagaimana data itu digunakan, dan bagaimana hal itu memengaruhi kinerja pemasaran secara global. Baik itu pelacakan konversi, pendapatan berulang, pangsa pasar, atau metrik lainnya, kecerdasan pemasaran memungkinkan bisnis Anda untuk menyelaraskan dengan indikator kinerja utama yang membantu mendorong sasaran akhir target: perputaran total (atau pertumbuhan total).

Buat semua orang memiliki visi dan misi yang sama

Tantangannya: mengembangkan sistem pengukuran dan analisis pemasaran bukanlah proyek yang terisolasi. Anda membutuhkan kolaborasi tim di semua tingkatan dan di semua departemen bisnis Anda.

Solusi: Sementara banyak tim bekerja di sudutnya sendiri, kecerdasan pemasaran menciptakan hubungan yang kuat di antara mereka. Dengan demikian, seorang pemasar, apapun peran dan fungsinya, dapat menyatukan data, ide dan diskusi yang mengarah pada hasil yang berarti. Tim ini lebih berorientasi pada data dan bekerja secara transparan untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan Anda dan mendorong pertumbuhan bisnis.

Kendalikan pertumbuhan bisnis Anda

Tantangannya: Anda harus bisa membuat keputusan secara real time.

Solusinya: Dengan pandangan holistik tentang aktivitas pemasaran dan sistem pengukuran yang memadai, alat intelijen pemasaran memungkinkan Anda untuk mengelola pertumbuhan bisnis Anda. Anda dapat menggunakan wawasan yang didukung AI untuk menyesuaikan kampanye dan alokasi anggaran secara real time untuk mencapai kinerja terbaik. Apakah Anda membuat iklan TV berskala besar? Anda akan memiliki visibilitas langsung ke tingkat keterlibatan dan metrik di semua saluran. Jika kampanye berhasil, Anda dapat langsung meningkatkan strategi. Jika tidak, Anda dapat segera mengubah arah. Kecerdasan pemasaran menempatkan Anda di kursi pengemudi, memungkinkan Anda untuk memfokuskan semua keputusan seputar hasil bisnis.

Contoh Intelijen Pemasaran (Marketing intelligence)

Misalnya, perusahaan telekomunikasi perlu memantau harga ponsel kompetitif di segmen yang sama. Penurunan harga produk pesaing dapat berarti perusahaan memperkenalkan model baru di pasar.

Perusahaan otomotif Jepang mampu merebut pasar AS dan bahkan mendominasi mereka menggunakan intelijen pesaing. Memahami kebutuhan akan mobil berkualitas tinggi dan hemat bahan bakar membuat mereka berhasil menyusun strategi dan menembus pasar AS.

Riset pasar yang komprehensif dapat memberikan wawasan yang berharga bagi suatu merek, misalnya target pasarnya adalah usia 20-40 tahun, keluarga kelas menengah ke atas, dan tren pasarnya adalah pelatihan Crossfit agar bugar dan sehat. Sasana tertentu dapat menggunakan informasi ini dan menyediakan layanan khusus untuk persyaratan ini yang memungkinkan mereka menembus pasar jauh lebih cepat daripada sasana biasa.

Sumber bacaan: Cleverly SmartMarketing Evolution, Business News Daily

Sumber foto: Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.