Mars Adalah Planet Berbatuan Dengan Atmosfer Tipis | Terdekat ke-4 dari Matahari

Planet Mars

Mars adalah planet berbatuan dengan atmosfer yang tipis. Dia adalah planet terdekat ke-4 dari Matahari.

Planet ini sering dijuluki sebagai “planet merah” karena tampak dari jauh berwarna kemerah-kemerahan. Namanya diambil dari dewa perang Romawi.

Mars adalah planet keempat dalam urutan jarak yang semakin jauh dari Matahari dan yang kedua dalam urutan ukuran dan massa yang semakin meningkat. Jaraknya dari Matahari adalah antara 1,381 dan 1,666 AU (206,6 hingga 249,2 juta kilometer), dengan periode orbit 669,58 hari Mars (686,71 hari atau 1,88 tahun Bumi).

Ini adalah planet kebumian, seperti Merkurius, Venus, dan Bumi, sekitar 10X lebih kecil dari Bumi tetapi 10X lebih besar dari Bulan. Topografinya juga menyajikan analogi dengan Bulan, melalui kawah dan cekungan tumbukannya, seperti halnya dengan Bumi, dengan formasi asal tektonik dan iklim seperti gunung berapi, retakan, lembah, mesas. , bidang bukit pasir dan lapisan es kutub. Gunung berapi tertinggi di Tata Surya, Olympus Mons (yang merupakan gunung berapi perisai), dan ngarai terbesar, Valles Marineris, ditemukan di Mars.

Mars, planet merah!

Mars saat ini telah kehilangan hampir semua aktivitas geologis internalnya, dan hanya peristiwa kecil yang masih akan terjadi secara episodik di permukaannya, seperti tanah longsor, mungkin geyser CO2 di wilayah kutub, mungkin gempa bumi. , bahkan letusan gunung berapi langka berupa aliran lahar kecil.

Periode rotasi Mars memiliki urutan yang sama dengan Bumi dan kemiringannya memberikan siklus musim yang serupa dengan yang kita ketahui; Namun musim-musim ini ditandai oleh eksentrisitas orbit lima setengah kali lebih tinggi daripada Bumi, karenanya asimetri musiman yang lebih jelas terlihat antara kedua belahan bumi.

Mars dapat diamati dengan mata telanjang, dengan kecerahan yang jauh lebih rendah daripada Venus tetapi yang dapat, selama oposisi yang dekat, melebihi kecerahan maksimum Jupiter, mencapai magnitudo -2,914, sedangkan kisaran diameter semu bervariasi dari 25,1 hingga 3,5 arc detik tergantung pada apakah jaraknya dari Bumi bervariasi dari 55,7 hingga 401,3 juta kilometer. Secara visual Mars selalu ditandai dengan warna merahnya, karena banyaknya hematit amorf – besi (III) oksida – di permukaannya. Inilah yang membuatnya terkait dengan perang sejak Zaman Kuno, oleh karena itu namanya di Barat setelah dewa perang Mars dalam mitologi Romawi, berasimilasi dengan dewa Ares dalam mitologi Yunani. Di Prancis, Mars sering dijuluki “planet merah” karena warnanya yang khas ini.

Sebelum Mariner 4 terbang di atas Mars pada tahun 1965, diyakini bahwa ada air cair di permukaan dan bahwa bentuk kehidupan yang mirip dengan yang ada di Bumi dapat berkembang di sana, tema yang sangat bermanfaat dalam fiksi ilmiah. Variasi musiman albedo di permukaan planet dikaitkan dengan vegetasi, sementara formasi bujursangkar yang terlihat pada kacamata astronomi dan teleskop pada masa itu ditafsirkan, terutama oleh astronom amatir Amerika Percival Lowell, sebagai kanal irigasi yang melintasi hamparan gurun dengan air dari tutup kutub. Semua spekulasi ini terhapus oleh pesawat luar angkasa yang mempelajari Mars: sejak tahun 1965, Mariner 4 memungkinkan untuk menemukan planet tanpa medan magnet global, dengan permukaan kawah yang mengingatkan pada Bulan, dan atmosfer tipis.

Sejak saat itu, Mars telah menjadi subjek program eksplorasi yang lebih ambisius daripada objek lain di Tata Surya: dari semua bintang yang kita ketahui, Mars memang salah satu yang menghadirkan lingkungan yang paling mirip dengan planet kita. . Eksplorasi intensif ini telah memberi kita pemahaman yang jauh lebih baik tentang sejarah geologi Mars, khususnya mengungkapkan keberadaan zaman terpencil – Noachian – di mana kondisi permukaan pasti sangat mirip dengan yang ada di Bumi pada saat yang sama, dengan keberadaan yang besar. jumlah air cair; penyelidikan Phoenix dengan demikian ditemukan pada musim panas 2008 air es di kedalaman dangkal di tanah Vastitas Borealis (wilayah datar dan sangat luas dari planet Mars di mana tutup kutub utara berada).

Mars memiliki dua satelit alam kecil, Phobos dan Deimos.

Ukuran: Diameter 6779 km
Massa: 639e21 kg (6,39 × 1020 ton)
Jarak ke Matahari: dari 207 juta km (Perihelion) hingga 250 juta km (Aphelia)
Jarak ke Bumi: 56 hingga 400 juta km
Fitur: planet yang paling banyak dipelajari setelah Bumi
Pengamatan: terlihat dengan mata telanjang, warna merah
1 Hari Mars: Sedikit lebih dari satu hari terestrial (24j 39 mn)
1 Tahun Mars: 687 hari Bumi
Robot darat aktif: Curiosity (M.S.L), Perseverance (Maret 2020)

Perbandingan ukuran Bumi Mars

Perbandingan ukuran planet Bumi dan Mars.

Fisik dan Karakteristik Planet Mars

Mars memiliki jari-jari sekitar setengah dari jari-jari Bumi. Planet ini kurang padat bila dibandingkan dengan Bumi, dan hanya mempunyai sekitar 15% volume dan 11% massa Bumi. Luas permukaannya lebih kecil dari jumlah wilayah kering di Bumi.

Mars lebih besar daripada Merkurius, tetapi Merkurius lebih padat. Akibatnya kedua planet mempunyai tarikan gravitasi yang hampir mirip di permukaan—dan tarikan Mars lebih kuat sekitar kurang dari 1%. Ukuran, massa, dan gravitasi permukaan Mars berada “di antara” Bumi dan Bulan (diameter Bulan hanya setengah dari Mars, sementara Bumi dua kalinya; Bumi sembilan kali lebih besar dari Mars, dan Bulan satu per sembilannya).

Kenampakan permukaan Mars yang merah-jingga diakibatkan oleh keberadaan besi(III) oksida, yang lebih dikenal dengan nama hematite.

  • Jari-jari khatulistiwa 3.396,2 ± 0,1 km
    0,533 Bumi
  • Jari-jari kutub 3.376,2 ± 0,1 km
    0,531 Bumi
  • Kepepatan 0,005 89 ± 0,000 15
  • Luas permukaan 144.798.500 km²
    0,284 Bumi
  • Volume 1,6318×1011 km³
    0,151 Bumi
  • Massa 6,4185×1023 kg
    0,107 Bumi
  • Massa jenis rata-rata 3,934 g/cm³
  • Gravitasi permukaan di khatulistiwa 3,69 m/s²
    0,376 g
  • Kecepatan lepas 5,027 km/s
  • Hari sideris 1,025 957 hari
    24j 37m 22d
  • Kecepatan rotasi 868,22 km/jam
  • Kemiringan sumbu 25,19°
  • Asensio rekta bagi Kutub Utara 21 j 10 m 44 d
    317,681 43°
  • Deklinasi bagi Kutub Utara 52,886 50°
    Albedo 0,15
  • Suhu permukaan: minimum -87 °C, rata-rata -46°C, maksimum -5°C
  • Magnitudo tampak +1,8 hingga −2,91
  • Diameter sudut 3,5—25,1″

Iklim Planet Mars

Di antara semua planet di Tata Surya, Mars adalah planet yang musimnya paling mirip dengan Bumi. Hal ini diakibatkan oleh miripnya kemiringan sumbu kedua planet. Panjang musim di Mars itu sekitar dua kalinya Bumi karena jarak Mars yang lebih jauh dari Matahari, sehingga tahun di Mars lebih panjang (dua kalinya Bumi). Suhu permukaan Mars berkisar antara −87 °C (−125 °F) pada musim dingin di kutub hingga −5 °C (23 °F) pada musim panas.

Luasnya rentang suhu ini diakibatkan oleh ketidakmampuan atmosfer yang tipis untuk menyimpan panas Matahari, tekanan atmosfer yang rendah dan inersia termal tanah Mars yang rendah.

Satelit Alami Planet Mars

Mars punya dua satelit alami yang relatif kecil, yaitu Phobos dan Deimos. Penangkapan asteroid merupakan hipotesis yang didukung, namun asal usul satelit-satelit tersebut masih belum pasti.

Kedua satelit ditemukan pada tahun 1877 oleh Asaph Hall, dan dinamai dari tokoh Phobos (panik/ketakutan) dan Deimos (teror) yang, dalam mitologi Yunani, menemani ayah mereka Ares dalam pertempuran. Ares juga dikenal sebagai Mars oleh orang Romawi.

Planet Mars

Mars dari Teleskop Luar Angkasa Hubble 28 Oktober 2005.

Inti Planet Mars

Inti Mars, yang jari-jarinya diperkirakan sebesar 1.480 km, terdiri dari besi dan 14-17% sulfur. Inti besi sulfida ini cair. Lapisan di atas inti Mars adalah mantel silikat yang membentuk banyak objek tektonik dan vulkanik di Mars, tetapi saat ini mantel tersebut sudah tidak aktif. Di atas lapisan mantel adalah kerak, yang ketebalan rata-ratanya sekitar 50 km, dan ketebalan maksimumnya 125 km.

Atmosfer Planet Mars

Mars kehilangan magnetosfernya 4 miliar tahun yang lalu, sehingga angin surya bisa berhubungan langsung dengan ionosfer, yang mengakibatkan penurunan kepadatan atmosfer dengan mengupas atom-atom dari lapisan luar. Dibandingkan dengan Bumi, atmosfer di Mars cukup tipis.

Tekanan atmosfer di permukaan berkisar dari 30 Pa di Olympus Mons hingga lebih dari 1.155 Pa di Hellas Planitia, dengan rata-rata tekanan di permukaan 600 Pa.

Tekanan permukaan di Mars pada saat terkuatnya sama dengan tekanan yang dapat ditemui di ketinggian 35 km di atas permukaan Bumi. Ketinggian skala atmosfer Mars diperkirakan sekitar 10.8 km, yang lebih tinggi dari Bumi (6 km) karena gravitasi permukaan Mars hanya 38% persen-nya Bumi.

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly Smart, WikipediaNASA

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-04-28T20:44:56+07:00 Juli 18th, 2015|IPA|0 Comments

Leave A Comment