fbpx

Besi adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Fe dan nomor atom 26

Besi

Besi adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Fe dan nomor atom 26.

Ini adalah unsur paling umum di bumi berdasarkan massa, membentuk sebagian besar bagian inti luar dan dalam bumi. Besi adalah unsur keempat terbesar pada kerak bumi.

 

Fisik Besi

Besi adalah logam berkilau, kuat, mudah ditempa dan berwarna perak abu-abu.

Logam ini memiliki empat bentuk kristal yang berbeda. Jika terpapar udara, besi berpotensi mengalami karat. Besi berkarat terutama di udara lembab, tetapi tidak di udara kering.

Logam ini mudah larut dalam asam encer. Besi merupakan unsur yang aktif secara kimia dan membentuk dua seri utama senyawa kimia, besi bivalen (II) atau fero, dan senyawa besi trivalen (III) atau feri.

Sifat fisik besi pada tekanan dan suhu tinggi juga telah dipelajari secara mendalam. Bentuk besi yang stabil di bawah kondisi standar dapat mengalami tekanan hingga 15 GPa sebelum berubah menjadi bentuk tekanan tinggi.

 

Kegunaan Besi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Besi ini memang diperoleh dari bijih besi yang kemudian dilebur dan dicampur dengan unsur lain lalu kemudian menjadi banyak sekali jenis-jenis besi.

Contohnya: pekerjaan-pekerjaan konstruksi tidak dapat terlepas dari pemanfaatan besi, demikian pula industri automotif dan permesinan.
Dalam pengolahan bijih besi, Indonesia memiliki Krakatau Steel yang telah banyak berperan dalam menunjang pembangunan dan kebutuhan besi-baja, baik untuk keperluan dalam negeri maupun untuk di ekspor.

Contoh lainnya adalah: bahan baku pembuatan besi baja dan kabel / kawat baja, sebagai bahan dasar pembuatan tiang -tiang rambu lalu lintas dan LPJ (lampu penerangan jalan), sebagai aksesoris dan peralatan rumah tangga dan masih banyak lagi.

 

Senyawa Biner

Besi bereaksi dengan oksigen di udara membentuk berbagai senyawa oksida dan hidroksida; yang paling umum adalah besi(II,III) oksida (Fe3O4), dan besi(III) oksida (Fe2O3). Besi(II) oksida juga ada, meskipun tidak stabil pada temperatur kamar. Oksida-oksida ini adalah bijih utama untuk produksi besi (lihat bloomery dan tanur tinggi). Mereka juga digunakan dalam produksi ferit, bermanfaat sebagai media penyimpanan magnetik di komputer dan pigmen. Sulfida yang telah dikenal adalah besi pirit (FeS2), juga dikenal sebagai “emas bodoh” karena kilau keemasannya.

Halida fero dan feri biner telah dikenal lama, dengan pengecualian feri iodida. Fero halida biasanya muncul dari pengolahan logam besi dengan asam halogen biner terkait untuk menghasilkan garam terhidrasi yang sesuai.

{\displaystyle {\ce {{Fe}+{2HX}->{FeX2}+{H2}}}}

Besi bereaksi dengan fluor, klorin, dan bromin menghasilkan feri halida yang sesuai. Feri klorida adalah yang paling umum:

{\displaystyle {\ce {{2Fe}+{3X2}->{2FeX3}\ {(X~=~F,~Cl,~Br)}}}}

Feri iodida adalah perkecualian, tidak stabil secara termodinamika karena sifat oksidator Fe3+ dan sifat reduktor I:

{\displaystyle {\ce {{2I^{-}}+{2Fe^{3}+}->{I2}+{2Fe^{2}+}\ {(E^{0}~=~+0,23~V)}}}}

Namun, feri iodida dalam jumlah miligram, padatan hitam, tetap dapat dibuat melalui reaksi besi pentakarbonil dengan iodium dan karbon monoksida dengan adanya heksana dan cahaya pada suhu −20 °C. Perlu dipastikan bahwa sistem tertutup rapat agar terhindar dari udara dan air.

 

Kimia Larutan

Potensial reduksi standar dalam larutan asam untuk beberapa ion besi yang umum adalah sebagai berikut:

{\displaystyle {\ce {{Fe^{2+}}+{2e^{-}}}}} {\displaystyle {\ce {<=>{Fe}}}} {\displaystyle {\ce {~~E^{0}~=~-0,447~V}}}
{\displaystyle {\ce {{Fe^{3+}}+{3e^{-}}}}} {\displaystyle {\ce {<=>{Fe}}}} {\displaystyle {\ce {~~E^{0}~=~-0,037~V}}}
{\displaystyle {\ce {{FeO4^{2-}}+{8H^{+}}+{3e^{-}}}}} {\displaystyle {\ce {<=>{Fe^{3+}}+{4H2O}}}} {\displaystyle {\ce {~~E^{0}~=~+2,20~V}}}

Anion ferat (VI) yang berbentuk tetrahedral dan berwarna merah-ungu adalah oksidator kuat yang dapat mengoksidasi nitrogen dan amonia pada suhu kamar, dan bahkan air dalam larutan asam atau netral:

{\displaystyle {\ce {{4FeO4^{2-}}+{10H2O}->{4Fe^{3+}}+{20OH^{-}}+{3O2}}}}

Ion Fe3+ memiliki kimia kationik sederhana yang besar, meskipun ion heksaquo [Fe(H2O)6]3+ yang berwarna ungu pucat sangat mudah terhidrolisis ketika pH dinaikkan di atas 0 sebagai berikut:

{\displaystyle {\ce {[Fe(H2O)6]^{3+}}}} {\displaystyle {\ce {<=>{[Fe(H2O)5(OH)]^{2+}}+{H^{+}}}}} {\displaystyle K} {\displaystyle {\ce {=~10^{-3,05}~mol~dm^{-3}}}}
{\displaystyle {\ce {[Fe(H2O)5(OH)]^{2+}}}} {\displaystyle {\ce {<=>{[Fe(H2O)4(OH)2]^{+}}+{H^{+}}}}} {\displaystyle {K}} {\displaystyle {\ce {=~10^{-3,26}~mol~dm^{-3}}}}
{\displaystyle {\ce {2[Fe(H2O)6]^{3+}}}} {\displaystyle {\ce {<=>{[Fe(H2O)4(OH)]2^{4+}}+{2H^{+}}+{2H2O}}}} {\displaystyle K} {\displaystyle {\ce {=~10^{-2,91}~mol~dm^{-3}}}}

 

 

besi

Besi,  26Fe. Sebuah irisan-irisan kasar logam keperakan.

 

Tabel Periodik Kimia – Lengkap Dengan Daftar Unsur Kimia Berdasarkan Nama, Warna Dan Jenis

Tabel periodik adalah tampilan unsur-unsur kimia dalam bentuk tabel. Unsur-unsur tersebut disusun berdasarkan nomor atom (jumlah proton dalam inti atom), konfigurasi elektron dan keberulangan sifat kimia. Klik disini untuk membaca tabel periodik yang komplit.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: WikipediaThoughtCo

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-06T00:37:50+00:00 Mei 28th, 2016|IPA|0 Comments

Leave A Comment