PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Negara yang Memiliki Pulau Terbanyak di Dunia

3 min read

Negara yang memiliki pulau terbanyak di dunia

Negara yang Memiliki Pulau Terbanyak di Dunia

Menurut Anda, negara yang memiliki pulau terbanyak di dunia? Kita bisa menebak Yunani atau Indonesia. Pada kenyataannya, meskipun perkiraannya cenderung berbeda dari satu sumber ke sumber lainnya, negara yang menawarkan jumlah pulau terbesar tetaplah Swedia dengan 221.800 bidang tanah, menurut worldatlas.com. Pulau terkecil dari pulau-pulau ini, sebagian besar tidak berpenghuni, berukuran hampir dua puluh lima meter persegi. Bahkan ibu kota Stockholm dibangun di atas kepulauan yang terdiri dari empat belas pulau yang dihubungkan dengan lebih dari lima puluh jembatan.

10. Thailand – 1.430

Thailand memiliki 1.430 pulau yang terletak di Teluk Thailand (sebagian besar terletak di dekat pantai) dan Laut Andaman. Meskipun sebagian besar pulau tidak berpenghuni, beberapa merupakan tempat wisata. Sama seperti pulau-pulau Yunani, pulau-pulau Thailand dikelompokkan menjadi Taman Nasional Mu Ko Chang dengan 52 pulau, Teluk Phang Nga dengan 67 pulau, dan Taman Nasional Mu Ko Ang Thong dengan 42 pulau. Ko berarti sebuah pulau. Sebagian besar pulau di Thailand menawarkan berbagai layanan kepada wisatawan, termasuk pengaturan akomodasi dan perjalanan.

9. Yunani – ~6.000

Sumber perbedaan menempatkan jumlah pulau di Yunani antara 1.600 dan 6.000 tergantung pada ukuran minimum sumber tersebut. Dari jumlah tersebut, lebih dari 166 memiliki permukiman permanen. Kreta adalah pulau Yunani terbesar di wilayah tersebut, diikuti oleh Euboea, Lesbos, dan Rhodes. Semua pulau berada dalam kelompok yang berbeda, yaitu Kepulauan Aegean di lepas pantai barat Turki, Kepulauan Argo-Saronic dekat Athena, Cyclades di Aegean tengah, Dodecanese dekat Turki, dan Kepulauan Ionian. Kepulauan Ionian Kepulauan Ionian memiliki pantai berpasir terbaik, sedangkan Kepulauan Delos adalah yang terbaik untuk sejarah dan budaya karena merupakan tempat kelahiran Apollo. Sebagian besar pulau Yunani menawarkan pengalaman unik bagi wisatawan.

Baca juga: Dewi Malam Yunani | Rahasia Nyx Dalam Mitologi Kuno

8. Inggris Raya (Great Britain) – 6.289

Inggris adalah sebuah pulau yang dipisahkan dari daratan Eropa oleh Laut Utara dan Selat Inggris. Termasuk semua Wilayah Luar Negeri, ada 6.289 pulau di seluruh Inggris Raya, yang sebagian besar berada di Skotlandia. Pulau terkenal termasuk Skye, Orkney, Fair Isle, Lindisfarne, Mersea, Isle of Wight, Herm, Anglesey, Lundy dan Bryher.

7. Jepang – 6.853

Jepang adalah negara kepulauan yang membentang sepanjang 1.869 mil dari 6.853 pulau yang memiliki lebih dari 430 pulau berpenghuni. Empat pulau utama termasuk Honshu (yang terbesar dan memiliki ibu kota Tokyo), Hokkaido, Shikoku, dan Kyushu. Meskipun sebagian besar alami, ada juga beberapa pulau buatan manusia. Setiap pulau berpenghuni Jepang memiliki budaya dan keanekaragaman hayati yang unik, sedangkan pulau tak berpenghuni merupakan rumah bagi ribuan spesies tumbuhan dan hewan, termasuk spesies yang terancam punah. Pulau-pulau Jepang adalah tempat yang baik untuk penelitian dan ekspedisi, serta tempat memancing. Setiap tahun ada sekitar 1.500 secara nasional. Empat per lima wilayah Jepang berhutan lebat dan bergunung-gunung, dengan lebih dari 200 gunung berapi, sehingga sulit untuk memperluas permukiman, pertanian, atau industri.

Baca juga: Ibukota-Ibukota Jepang Memiliki Nama Terjemahan Sederhana

6. Filipina – 7.107

Filipina adalah negara tropis yang terletak di Asia Tenggara maritim. Banyak dari 7.107 pulaunya populer di kalangan wisatawan karena pantainya yang indah dan perairannya yang biru kehijauan. Pulau terbesar di Filipina adalah Luzon, yang juga merupakan pulau terpadat. Kota terbesar di Luzon adalah Kota Quezon.

5. Australia – 8.222

Menurut Tourism Australia, negara ini memiliki 8.000 pulau. Jumlah sebenarnya diperkirakan mencapai 8.222. Dari jumlah tersebut, 3.747 pulau berada di Australia Barat, 1.955 di Queensland, 1.000 di Tasmania, 887 di Northern Territory, dan 346 di Australia Selatan. Pulau Melvin adalah pulau terbesar. Australia membanggakan berbagai spesies satwa liar termasuk kanguru dan platipus berparuh bebek. Atraksi lainnya termasuk Great Barrier Reef, danau, hutan, dan gurun yang luas.

Baca juga: Panduan Wisata Australia | Buku Petunjuk Perjalanan (Travel Guide) dan Tempat untuk Dikunjungi

4. Indonesia – 17.508

Republik Indonesia adalah negara kepulauan yang sebagian besar terdiri dari pulau-pulau vulkanik yang terletak di Asia Tenggara dengan beberapa wilayah di Oseania. CIA’s World Factbook memperkirakan ada 17.508 pulau di negara ini. Indonesia adalah negara terbesar di dunia berdasarkan wilayah. Pulau-pulau utama Indonesia termasuk kelompok pulau Malaku dan Sunda. Kepulauan Sunda adalah rumah bagi pulau Jawa di mana ibu kotanya, Jakarta, berada. Pulau-pulau di Indonesia populer dengan pantainya yang unik, gunung berapi, artefak prasejarah, tebing kapur, dan satwa liar yang kaya termasuk hutan, gajah, harimau, dan banyak lagi. Satwa liar dan budaya Indonesia menjadikannya salah satu tujuan wisata teratas di planet ini.

3. Kanada – 52.455

Menurut Statistik Kanada, Kanada memiliki 52.455 pulau di dalam perbatasannya. Yang terbesar adalah Pulau Baffin, yang mencakup 195.927,93 mil persegi. Sekitar 30.000 pulau terletak di Teluk Georgia, menjadikannya salah satu kepulauan air tawar terbesar. Secara total, 1.864 pulau ditemukan di Sungai St. Lawrence. Kanada telah menamai 129 kelompok pulau dan 1.016 pulau yang 250 di antaranya tidak berpenghuni. Dari total ini, tujuh belas pulau memiliki luas lebih dari kilometer persegi. Di sebelah utara daratan Kanada, terdapat kepulauan Kanada tempat Ratu Elizabeth dan Kepulauan Manitoulin berada. Pulau Manitoulin merupakan pulau air tawar terbesar di dunia dan memiliki 3.861,02 danau yang selanjutnya memiliki pulau-pulau yang lebih kecil.

2. Finlandia – 188.000

Badan pariwisata Finlandia mengakui bahwa negara itu memiliki 179.584 pulau, 98.050 di antaranya berada di 188.000 danau negara itu. Hanya 455 dari pulau-pulau ini yang memiliki permukiman permanen dan menggunakan sambungan sungai ke daratan karena tidak memiliki layanan jalan penghubung. Lebih dari 700 relatif besar di lebih dari 0,39 mil persegi dan memiliki koneksi jalan ke daratan. Puluhan ribu lainnya digunakan untuk rekreasi, ekspedisi, penelitian atau tujuan lain. Berbagai fasilitas tersedia bagi pengunjung, antara lain menunggang kuda, kayak, dan memancing.

1. Swedia – 221.800

Swedia diperkirakan memiliki total 221.800 pulau, yang sebagian besar tidak berpenghuni. Angka ini berarti bahwa Swedia mungkin memiliki lebih banyak pulau daripada tempat lain di dunia. Bahkan ibu kota negara, Stockholm, adalah kepulauan dari empat belas pulau yang dihubungkan oleh 50 jembatan dan juga memiliki kota abad pertengahan Gamla Stan, museum, dan istana kerajaan. Pulau Öland memiliki pantai yang terpelihara dengan baik, kastil, dan bangunan yang berusia 5.000 tahun, menjadikan pulau ini sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Pulau lain menawarkan tempat yang bagus untuk berenang, memancing, dan olahraga air lainnya.

Baca juga: 10 Air Terjun Tertinggi di Dunia

Sumber bacaan: CleverlySmart, World Atlas, Statista

Sumber foto: tweetyspics via Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *