Blue Hole (Lubang Biru) | Liburan Untuk Inspirasi Petualangan Anda Berikutnya

Blue Hole | Liburan Untuk Inspirasi Petualangan Anda Berikutnya

Blue hole atau lubang biru adalah gua vertikal bawah air, dinamai menurut kontrasnya yang khas dan mengesankan antara warna biru tua dari perairan yang lebih dalam dan biru muda dari bagian dangkal.

Sirkulasi air lubang biru yang kurang sehingga miskin akan oksigen, dan umumnya anoksik ada di kedalaman tertentu sehingga tidak dapat mendukung kehidupan, kecuali sejumlah besar bakteri.

Mereka dapat ditemukan di laut dan di darat dan ada banyak yang dapat Anda kunjungi, berenang dan menyelam, seperti The Great Blue Hole adalah lubang pembuangan laut raksasa di lepas pantai Belize, Blue Hole of Gozo di Kepulauan Maltese, memulai daftar lubang biru terindah di laut kami. Bersenang-senang lah!

1. The Great Blue Hole, Belize

Terletak di lepas pantai Belize, Great Blue Hole terletak di dekat pusat Lighthouse Reef dan merupakan bagian dari Belize Barrier Reef Reserve System, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO.

Sekitar great blue hole di lighthouse reef belize

Di sekitar Great Blue Hole di Lighthouse Reef, Belize, dilihat dari satelit Hodoyoshi-1. Sumber foto: Axelspace Corporation / Wikimedia Commons

Lubang bawah air, dengan kedalaman lebih dari 122 meter (400 kaki), adalah impian seorang penyelam — ini dianggap sebagai salah satu dari 10 tempat menyelam terbaik di dunia.

Great blue hole belize

Great blue hole, gua bawah air yang terletak di lepas pantai Belize, Amerika Tengah. Sumber foto: U.S. Geological Survey (USGS) / Wikimedia Commons

Penyelam dari seluruh dunia melakukan perjalanan ke sini untuk menyelam di perairan sebening kristal dan melihat berbagai spesies kehidupan laut termasuk, termasuk Midnight Parrotfish dan hiu karang Karibia, serta formasi karang yang spektakuler.

2. Lubang Biru, Dwerja, Gozo, Malta

Lubang Biru Malta, formasi melingkar dari batu kapur, terletak di pulau kecil Gozo di Laut Mediterania. Salah satu situs menyelam paling populer di Kepulauan Maltese, Blue Hole menghadap ke Azure Window, lengkungan alami batu kapur, dan dimulai dari kolam laut pedalaman selebar 9,75 meter (32 kaki) yang mengarah ke celah besar dan sampai ke laut terbuka.

Blue hole of gozo dwejra

Itu adalah lubang sedalam sekitar 15 meter dan lebar sekitar 10 meter di dasar tebing berbatu, di permukaan laut. Di bawah air, Blue Hole Gozo terhubung ke laut lepas dari kedalaman sekitar 7 meter melalui lubang besar di dinding batu. Sumber foto: Wikimedia Commons

Penyelam di sini bisa menemukan beberapa spesies biota laut seperti gurita, bintang laut, cacing api, ikan kardinal, barakuda dan masih banyak lagi.

3. Lubang Biru Sinai, Dahab, Mesir

Terletak di Sinai timur, dekat Dahab, Mesir di pantai Laut Merah, Blue Hole adalah lubang pembuangan bawah laut, dengan kedalaman sekitar 91,5 meter (300 kaki). Ini memiliki bukaan dangkal yang dikenal sebagai “pelana,” membuka ke laut, dan terowongan, yang dikenal sebagai “lengkungan”.

Blue hole sinai dahab mesir

Lubang Biru (Blue Hole) Sinai, Dahab, Mesir. Sumber foto: S. Ellermann / Wikimedia Commons

Situs ini diselami hampir setiap hari oleh penyelam rekreasi. Namun, tempat ini disebut “Situs Penyelaman Paling Berbahaya di Dunia” karena beberapa korban penyelaman. Kecelakaan terjadi ketika penyelam mencoba menemukan terowongan melalui terumbu yang menghubungkan Blue Hole dan perairan terbuka di kedalaman sekitar 52 meter (170,6 kaki).

4. Dean’s Blue Hole, Long Island, Bahamas

Pada kedalaman 202 meter, Lubang Biru Dean di Long Island, Bahama, dikatakan sebagai lubang biru terdalam di dunia. Gua itu hampir dua kali lebih dalam dari gua yang dijelajahi lainnya di Bahama, menurut Bahamas Journal of Science. Para ahli yang telah menyelam di situs tersebut melaporkan bahwa tiga sisi itu tertutup oleh amfiteater batu alam dan di sisi keempat oleh laguna biru kehijauan dan pantai pasir putih, menurut Bahamas GeoTourism.

Lubang biru terdalam di dunia sedalam 202 meter (663 kaki) yaitu Dean’s Blue Hole, yang terletak di Bay West – Clarence Town di Long Island, Bahama.

Tidak pernah ada gelombang besar atau gelombang di dalam lubang, dan jarak pandang biasanya antara 50-100 kaki. Lubang Biru Dean, dinamai sesuai nama keluarga pemilik tanah setempat, juga merupakan lokasi kompetisi Menyelam Gratis Internasional tahunan.

Pada tahun 2007, William Trubridge mencetak rekor dunia dalam penyelaman bebas tanpa bantuan di sini, dengan waktu menyelam 3’09 “dan tanpa bantuan sirip, tali atau sabuk beban, Trubridge mencapai kedalaman penyelaman bebas tanpa bantuan 82 meter (sekitar 269 kaki ), menurut Akademi Rekor Dunia.

Dean blue hole bahamas

Dean’s Blue Hole adalah lubang biru terdalam di dunia dengan air laut. Ini terjun 202 meter (663 kaki) di teluk di sebelah barat Kota Clarence di Long Island, Bahamas. Sumber foto: Ton Engwirda / Wikimedia Commons

Cara pergi ke Dean’s Hole

Pergilah ke selatan keluar dari Scrub Hill, lalu belok kiri di tanda yang bertuliskan ‘Dean’s Blue Hole’ di sebelah kiri. Berkendara melalui jalan dan ikuti rambu sampai Anda mencapai tempat parkir. Parkir kendaraan Anda dan berjalanlah ke Dean’s Blue Hole.

Gangguan mobilitas

Area ini mungkin tidak cocok untuk orang dengan gangguan mobilitas dan orang yang menggunakan kursi roda, karena tanahnya yang gembur, berpasir / berbatu. Sangat hati-hati dalam perjalanan menuju Lubang Biru Dean.

Hewan peliharaan dapat berlari di pantai dan juga berenang bersama pemiliknya di lokasi, tetapi harus diikat.

Rekreasi

Menyelam dan berenang profesional diperbolehkan, dengan risiko Anda sendiri, tetapi berenang di malam hari tidak disarankan. Harap dicatat bahwa tidak ada penjaga pantai di lokasi.

Kapan dapat dikunjungi?

Sepanjang tahun.

5. Lubang Biru (Blue Hole) Palau

Blue Holes of Palau, bagian dari wilayah Mikronesia di barat Samudera Pasifik, menampilkan empat poros vertikal yang terbuka di atas terumbu dan turun ke gua besar yang keluar di dinding luar sekitar 82 kaki, menurut Lonely Planet.

6. Lubang Biru Santa Rosa, New Mexico

Sebuah gua bawah air yang terhubung ke danau dalam di Santa Rosa, New Mexico, Santa Rosa Blue Hole dikenal karena kedalamannya yang berbahaya. Pengukuran pada tahun 1970-an menunjukkan bahwa gua itu memiliki kedalaman sekitar 225 kaki, tetapi tidak diketahui seberapa jauh ke belakang, atau apakah itu semakin dalam, menurut LiveScience.

Pada tahun 2013, tim penyelam dan insinyur dari Advanced Diver Magazine Exploration Foundation menghabiskan waktu seminggu untuk mencoba menjelajahi Santa Rosa Blue Hole, di mana mereka menemukan segala sesuatu mulai dari peninggalan Maya hingga tengkorak Antillothrix bernensis, spesies monyet Dunia Baru yang telah punah yang pernah ditemukan. di Republik Dominika.

7. Lubang Biru Watling, San Salvador, Bahamas

Lubang Biru Watling di San Salvador adalah salah satu dari banyak lubang biru di pulau Bahama. Meskipun lokasinya di tengah pulau tropis hujan, Blue Hole Watling tidak memiliki air tawar yang menunjukkan bahwa lubang tersebut terhubung ke laut melalui terowongan bawah tanah.

8. Lubang Biru Abaco, Bahamas

Pulau Abaco, pulau paling utara di Bahama, adalah rumah bagi beberapa lubang biru, yang memikat penyelam dari seluruh dunia. Lubang biru pedalaman umumnya mencapai kedalaman 80 kaki hingga lebih dari 330 kaki, dan mungkin berisi lorong gua yang membentang dari dinding atau lantai, menurut Majalah Advanced Diver.

Beberapa lubang biru pedalaman yang ditemukan di pulau itu termasuk Lubang Biru Nancy, yang terletak di rawa bakau; Far Side Blue Hole (juga dikenal sebagai Magical Blue Hole), memiliki perairan yang sangat jernih sehingga para penyelam merasa seolah-olah melayang di udara; dan Sawmill Sink, gua solusi yang saat ini terlarang bagi penyelam untuk tujuan penelitian.

9. Dragon Blue Hole (Laut Cina Selatan)

Pada saat posting ini, Dragon Hole (300.89m / 987.2ft deep) adalah lubang biru terdalam di dunia. Wisata dan memancing masih tidak diizinkan di kawasan ini, tetapi Anda dapat melihat foto-foto tempat indah ini yang diambil oleh media lokal.

Dragon Hole, juga dikenal sebagai Yongle Blue Hole, dinamai menurut kaisar Ming ketiga, adalah lubang biru terdalam yang diketahui di dunia dengan kedalaman 300,89 meter (987,2 kaki). Terletak sekitar 25 kilometer (16 mil) di selatan Discovery Reef di Kepulauan Paracel. Lubang biru menghasilkan warna biru yang khas jika dilihat dari atas. Mereka memiliki karakteristik kedalaman hanya puluhan meter.

10. Blue Holes of Andros, Bahamas

Bahamas adalah rumah bagi banyak lubang biru yang spektakuler, tetapi Pulau Andros adalah lokasi lubang biru “cawan suci” bagi para penyelam, menurut banyak orang Bahama.

Pulau ini memiliki konsentrasi blue hole tertinggi di dunia, menurut dewan pariwisata Bahamas, dengan 178 lubang biru di darat (seperti Guardian Blue Hole dan Captain Bill’s Blue Hole) dan dengan setidaknya 50 di laut. Mereka adalah rumah bagi banyak ikan dan invertebrata gua yang tidak biasa dan unik, beberapa tidak ditemukan di tempat lain di dunia.


Tempat Wisata Lainnya Dan Yang Harus Dikunjungi Di Indonesia Dan Luar Negeri

Segala sesuatu yang ada di daerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik agar orang-orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut. Panduan ini akan membuat Anda untuk tidak melewatkan tempat penting dan memberikan pengalaman wisata Anda ke tempat-tempat yang hebat!

Klik disini untuk melihat tempat-tempat lainnya, seperti di Bali, Jogja, Paris, Tokyo, Tibet, Bogor dan masih banyak lagi.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Weather, World Top TopBahamas Geo Tourism

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-01-16T20:59:25+07:00 Januari 16th, 2021|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment