PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Paspor Langka di Dunia | Mengungkap Dokumen Terlangka

4 min read

Paspor langka di dunia

Paspor Langka di Dunia

Paspor langka di dunia ini memiliki daya tarik yang unik, mencerminkan keistimewaan atau makna sejarah yang khas. Dokumen perjalanan eksklusif ini, seringkali diterbitkan secara terbatas atau memiliki atribut yang luar biasa, merupakan barang yang didambakan dan luar biasa dalam bidang dokumentasi perjalanan.

1. Military Order of Malta (Orde Militer Malta)

Paspor Ordo Militer Berdaulat Malta (SMOM: Sovereign Military Order of Malta): Ini adalah paspor paling langka di dunia, dengan hanya 500 yang dikeluarkan untuk anggota ordo Katolik berpangkat tertinggi. Diakui oleh 109 negara dan menawarkan perjalanan bebas visa ke 112 negara.

Paspor ini memberikan hak istimewa dan kekebalan khusus kepada pemegangnya, memungkinkan perjalanan melintasi perbatasan dan menawarkan status diplomatik dalam situasi tertentu. Ini berfungsi sebagai simbol kedaulatan Ordo dan memungkinkan anggotanya untuk terlibat dalam misi kemanusiaan dan kegiatan diplomatik di seluruh dunia.

Baca juga: Destinasi Terbaik di Malta yang Harus Dikunjungi – Eropa Selatan

マルタ騎士団外交パスポート
Sampul depan paspor biometrik diplomatik Sovereign Military Order of Malta kontemporer. KD, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

2. Vatican City Passport (Paspor Kota Vatikan)

Paspor ini dikeluarkan untuk warga negara Kota Vatikan, termasuk Paus, kardinal, dan pejabat tinggi lainnya. Diakui oleh 171 negara dan menawarkan perjalanan bebas visa ke 159 negara.

Paspor ini berbeda dari dokumen perjalanan biasa dan diakui sebagai simbol kewarganegaraan Vatikan. Meskipun paspor Vatikan mengizinkan perjalanan internasional, penerbitannya dibatasi dan diatur secara ketat, terutama untuk melayani mereka yang terlibat dalam urusan atau misi terkait Vatikan.

Vatican passport
Paspor Vatikan dengan lambang Paus Paulus VI. Piotrszmigiel, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Rahasia di bawah tanah Vatikan – Nekropolis Vatikan

3. British Sovereign Base Areas Passport (Paspor Wilayah Pangkalan Kedaulatan Inggris)

Paspor ini dikeluarkan untuk warga negara Inggris yang tinggal di Wilayah Pangkalan Kedaulatan Inggris di Akrotiri dan Dhekelia di Siprus. Diakui oleh 175 negara dan menawarkan perjalanan bebas visa ke 162 negara.

Ini eksklusif bagi penduduk dan individu yang terkait dengan militer atau pemerintahan di wilayah Inggris tersebut. Paspor memberikan hak perjalanan dan identifikasi bagi mereka yang tinggal atau bekerja di SBA dan diakui secara internasional. Namun, penerbitannya terbatas pada individu yang terhubung langsung dengan SBA dan tidak dianggap sebagai paspor nasional standar.

Entry stamp from Cyprus Ercan airport and subsequent entry permit to UK Sovereign Base Areas
byu/Kestrel029 inPassportPorn

4. Monaco Sovereign Prince’s Passport (Paspor Pangeran Berdaulat Monaco)

Paspor ini dikeluarkan untuk warga negara Monaco, termasuk Pangeran, putri, dan pejabat tinggi lainnya. Ia diakui oleh 189 negara dan menawarkan perjalanan bebas visa ke 172 negara.

Paspor eksklusif ini, dihiasi dengan lambang Monaco, menandakan status diplomatik dan digunakan untuk kunjungan resmi, keterlibatan internasional, dan misi diplomatik atas nama Kerajaan. Penerbitannya terbatas pada sekelompok pejabat dan individu terpilih yang mewakili kepentingan pemerintah Monaco di luar negeri.

These Passports are Little known to many people

5. San Marino Diplomatic Passport (Paspor Diplomatik San Marino)

Paspor ini dikeluarkan untuk diplomat San Marino dan keluarganya. Diakui oleh 157 negara dan menawarkan perjalanan bebas visa ke 147 negara.

Paspor ini secara eksklusif diberikan kepada diplomat, pejabat tinggi pemerintah, dan perwakilan resmi yang menjalankan misi atau tugas resmi atas nama San Marino. Paspor Diplomatik menandakan kekebalan diplomatik dan memberikan hak istimewa dan kekebalan sesuai protokol internasional, memfasilitasi perjalanan resmi dan keterlibatan dengan entitas dan pemerintah asing.

Diplomatic and Service Passport of the Republic of San Marino
byu/asdlpg inPassportPorn

6. Nansen Passports: A Humanitarian Lifeline (Paspor Nansen: Garis Hidup Kemanusiaan)

Dikeluarkan oleh Liga Bangsa-Bangsa setelah Perang Dunia I, Paspor Nansen adalah mercusuar harapan bagi para pengungsi yang tidak memiliki kewarganegaraan. Ditandatangani oleh Fridtjof Nansen, paspor ini memberikan dokumen perjalanan penting bagi para pengungsi, terutama mereka yang melarikan diri dari Revolusi Rusia, memberikan bantuan yang sangat berharga selama periode penuh gejolak dalam sejarah.

Dinamakan berdasarkan nama Fridtjof Nansen, seorang diplomat dan aktivis kemanusiaan Norwegia, paspor ini bertujuan untuk memberikan identifikasi hukum dan hak perjalanan bagi orang-orang tanpa kewarganegaraan, memungkinkan mereka melintasi perbatasan dan mencari suaka atau pemukiman kembali di berbagai negara.

Paspor Nansen merupakan upaya awal internasional untuk mengatasi penderitaan individu dan pengungsi yang tidak memiliki kewarganegaraan, dengan memberikan mereka identitas hukum dan hak untuk melakukan perjalanan pada masa pergolakan dan pengungsian global.

No-nb bldsa 6e001
Cetak bukti “Paspor Nansen” yang diterbitkan di Perancis. Paspor tersebut dikeluarkan untuk orang Rusia, dan kemudian untuk pengungsi lain yang tidak bisa mendapatkan paspor biasa. Paspor Nansen dikeluarkan atas inisiatif F. Nansen pada tahun 1922, dan dihormati oleh pemerintah di 52 negara. National Library of Norway, Public domain, via Wikimedia Commons

7. British King’s and Queen’s Messenger Passport: An Elite Credential (Paspor Utusan Raja dan Ratu Inggris: Kredensial Elit)

Paspor Utusan Raja dan Ratu Inggris (Korps Utusan Raja (atau Korps Utusan Ratu pada masa pemerintahan seorang raja perempuan) mewakili dokumen perjalanan eksklusif yang diberikan kepada kader terpilih yang bertugas mengangkut dokumen-dokumen sensitif negara. Para utusan ini memiliki hak istimewa yang unik, memungkinkan mereka melakukan perjalanan tanpa hambatan, bahkan selama masa perang, sebuah pengakuan yang tak tertandingi dalam sejarah paspor.

Paspor Messenger Ratu memiliki status bergengsi, dikeluarkan secara eksklusif untuk kurir yang dipekerjakan oleh Kantor Luar Negeri, Persemakmuran, dan Pembangunan Inggris (FCDO). Para utusan terampil ini, yang tergabung dalam Korps Utusan Raja atau Ratu, memfasilitasi pengangkutan dokumen yang sangat rahasia di antara kedutaan besar Inggris, komisi tinggi, dan konsulat di seluruh dunia.

Sebelumnya, paspor King’s Messenger merupakan dokumen eksklusif yang dikeluarkan untuk kurir diplomatik yang bertanggung jawab mengangkut dokumen resmi Pemerintah HM. Namun mulai tahun 2014, paspor khusus ini diganti dengan notasi dalam paspor diplomatik standar. Selain itu, kedutaan besar Inggris di seluruh dunia kini menerbitkan paspor darurat, yang menawarkan bantuan cepat kepada warga negara Inggris yang membutuhkan dokumen perjalanan mendesak.

Queen's Messenger Passport
Paspor utusan khusus Ratu Inggris (tidak dikeluarkan setelah tahun 2014). Geordie Bosanko, Public domain, via Wikimedia Commons

8. United Nations laissez-passer (Pelintas laissez PBB)

Laissez-passer PBB (UNLP) adalah dokumen perjalanan internasional yang dikeluarkan untuk pejabat dan afiliasi PBB untuk tujuan resmi, yang memungkinkan masuk bebas visa ke banyak negara. Mirip dengan paspor, paspor memungkinkan perjalanan bagi mereka yang terkait dengan PBB dan organisasi afiliasinya. Dokumen ini memfasilitasi perjalanan lintas batas yang efisien bagi mereka yang terlibat dalam kegiatan terkait PBB, memberikan hak istimewa dan kekebalan diplomatik sesuai dengan perjanjian internasional.

UNLP memberikan hak istimewa yang signifikan, termasuk kekebalan dari penangkapan, pembebasan visa, dan kebebasan bergerak. Pemegang juga menerima dukungan seperti perawatan medis, bantuan hukum, dan bantuan untuk kembali ke rumah. Dokumen ini memungkinkan perwakilan PBB untuk melaksanakan tugasnya tanpa gangguan dan menjamin hak-hak istimewa yang diperlukan untuk bekerja secara efektif.

2 warna United Nations laissez-passer

Warna UNLP adalah cara untuk membedakan berbagai tingkat hak istimewa dan kekebalan yang diberikan kepada pemegang UNLP. Pemegang UNLP Biru berhak atas hak istimewa dan kekebalan dasar yang diperlukan bagi mereka untuk melakukan pekerjaannya, sedangkan pemegang UNLP merah berhak atas hak istimewa dan kekebalan yang lebih luas yang diperlukan bagi mereka untuk memenuhi fungsi penting mereka.

UNLP Biru

UNLP Biru (juga dikenal sebagai “UNLP biasa”) adalah jenis UNLP yang paling umum dan dikeluarkan untuk sebagian besar anggota staf Perserikatan Bangsa-Bangsa dan organisasi afiliasinya. Masa berlakunya lima tahun dan dapat diperpanjang. Pemegang UNLP Biru berhak atas semua hak istimewa dan kekebalan yang diberikan kepada pemegang UNLP, namun mereka mungkin tidak menerima tingkat bantuan yang sama dari PBB seperti pemegang UNLP merah.

UN-laissez-passer
United Nations laissez-passer. United Nations, The original uploader was Fisherjs at English Wikipedia., CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

UNLP Merah

UNLP Merah (juga dikenal sebagai “UNLP diplomatik”) dikeluarkan untuk pejabat senior PBB, seperti hakim Mahkamah Internasional, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan Direktur Jenderal Organisasi Perburuhan Internasional. UNLP Merah berlaku selama lima tahun dan dapat diperpanjang. Pemegang UNLP Merah berhak atas semua hak istimewa dan kekebalan yang diberikan kepada pemegang UNLP, dan mereka juga berhak atas kekebalan diplomatik, yang berarti bahwa mereka tidak dapat ditangkap atau ditahan oleh otoritas negara mana pun, bahkan jika mereka dicurigai melakukan kejahatan. . Pemegang UNLP merah juga berhak mendapatkan lebih banyak bantuan dari PBB dibandingkan pemegang UNLP biru.

UN-laissez-passer red
Red UNLP. United Nations, Public domain, via Wikimedia Commons

Sumber bacaan: CleverlySmart, Daily Mail, News.com.au

Sumber foto:: JoshuaWoroniecki via Pixabay

Paspor Paling Kuat di Dunia

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *