PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Pearl Harbor | Kisah Nyata Perang, Serangan, Korban dan Fakta

5 min read

Serangan di pearl harbor

Kisah Nyata Pearl Harbor

Pada tanggal 7 Desember 1941, serangan tentara Jepang ke pangkalan angkatan laut Amerika di Pearl Harbor menandai Perang Dunia Kedua.

Pearl Harbor: pangkalan militer Amerika yang strategis

Pearl Harbor adalah pangkalan militer Amerika yang terletak di tengah Samudra Pasifik, di pulau Oahu, dekat Honolulu, di kepulauan Hawaii. Dalam bahasa Prancis, namanya diterjemahkan sebagai “port de la perle”, karena pulau ini sebelumnya dikenal sebagai penghasil tiram mutiara.

Namun sejak 1887, Pearl Harbor telah menjadi aneksasi Amerika Serikat yang menjadi tuan rumah salah satu pangkalan angkatan laut terbesar tentara Amerika. Dengan lokasinya yang strategis di tengah-tengah antara pantai barat Amerika dan perairan Jepang, oleh karena itu menjadi sangat penting dalam konteks Perang Dunia Kedua.

Pada tahun 1941, ketika konflik mengambil giliran global, Amerika Serikat bergabung dengan Sekutu melawan ancaman kekuatan Poros (Jerman, Italia dan Kekaisaran Jepang) dan pendukung mereka. Penguasaan Samudra Pasifik menjadi isu utama. Jepang ingin memperluas pengaruh mereka ke selatan, dan mengancam posisi Amerika tertentu. Untuk melemahkan musuh dan menggoyahkannya secara ekonomi, Amerika Serikat menetapkan blokade perdagangan. Kekaisaran dengan cepat merespons.

Balas dendam Kekaisaran Jepang

Sebagai tanggapan, Jenderal Tojo mempelajari opsi serangan destruktif di pangkalan angkatan laut Amerika di Pearl Harbor, dan mengerahkan cara-cara luar biasa.

Pada tanggal 7 Desember 1941, yang sangat mengejutkan tentara Amerika di pangkalan yang tidak menerima peringatan, Jepang melanjutkan serangan. Ditempatkan di lepas pantai Hawaii, pesawat mereka menorpedo kapal Amerika yang berbasis di pelabuhan Pearl Harbor.

Dalam waktu hampir dua jam, tentara Jepang menghancurkan semua pesawat dan kapal Amerika, kecuali tiga kapal induk yang sedang berpatroli di lepas pantai. Pulau Oahu benar-benar hancur.

Setelah serangan di Pearl Harbor

Selain kerugian materi yang signifikan, korban manusia berat di pihak Amerika dengan lebih dari 2.400 tewas dan hampir 1.200 terluka. Serangan terhadap Pearl Harbor segera menjerumuskan Amerika Serikat ke dalam Perang Dunia II.

Mengapa Jepang menyerang Pearl Harbor?

Selama Perang Dunia II, Jepang adalah bagian dari pasukan Poros. Oleh karena itu, negara ini merupakan sekutu Jerman dan Italia. Menghadapi pendudukan Jepang atas wilayah Tiongkok dan ambisi ekspansionisnya, Amerika Serikat membentuk aliansi dengan Tiongkok. Selain membekukan kredit keuangan Jepang, Presiden Roosevelt membuat embargo bahan mentah, seperti minyak, yang ditujukan untuk kepulauan Jepang. Reaksi ini memiliki dampak nyata pada persenjataan pasukan militer Jepang.

Baca juga: Perang Dingin 12 Maret 1947 – 26 Desember 1991 | Awal Sejarah Sampai Berakhirnya

Meskipun ada upaya negosiasi, kedua negara tetap pada posisi mereka. Persiapan untuk serangan ke Pearl Harbor dipercayakan kepada Panglima Tertinggi Isoroku Yamamoto, yang ditempatkan sendiri di bawah perintah Laksamana Chuichi Nagumo.

Kapan dan bagaimana serangan terhadap Pearl Harbor terjadi?

Serangan terhadap Pearl Harbor terjadi pada hari Minggu, 7 Desember 1941. Pengerahan pasukan Jepang dilakukan pada malam hari, di lepas pantai. Pengamatan pertama pada perangkat pengintai dilakukan antara jam 4 pagi dan 6 pagi. Di bawah Kapten Mitsuo Fuchida, gelombang pertama terdiri dari 183 pesawat. Pada pukul 7 pagi, perangkat diperhatikan oleh operator, tetapi tidak ada peringatan yang diberikan.

Antara pukul 07.30 dan 08.00, pengeboman pertama terjadi. Mereka dikoordinasikan dengan serangan kapal selam terhadap armada Amerika. Gelombang kedua terjadi antara pukul 08:30 dan 09:45. Ini melibatkan 167 pesawat Jepang. Hal ini dipimpin oleh Letnan Komandan Shigekazu Shimazaki. Dalam waktu dua jam, tentara Amerika terkejut. Dia menyayangkan kerugian manusia dan material yang cukup besar. Meskipun pertahanan anti-pesawat Amerika sedang bekerja, armada udara angkatan laut Jepang hampir utuh. Ini menghitung hilangnya 29 pesawat dan 5 kapal selam.

Di mana pelabuhan Pearl Harbor?

Pelabuhan Pearl Harbor terletak di pulau Oahu, di dalam kepulauan Hawaii. Itu adalah pelabuhan yang mengkhususkan diri dalam budaya dan perdagangan tiram mutiara hingga akhir abad ke-19. Pelabuhan itu terletak di teluk yang dangkal. Pada tahun 1884, Amerika Serikat menjadikannya pangkalan angkatan laut. Keputusan ini muncul setelah penandatanganan perjanjian timbal balik dengan Kerajaan Hawaii pada tahun 1875.

Sebagai imbalannya, negara bagian Hawaii diberi wewenang untuk mengekspor gula secara eksklusif ke Amerika Serikat, tanpa harus membayar bea masuk. Untuk angkatan bersenjata Amerika, Pearl Harbor adalah situs strategis yang mengungkapkan pentingnya selama perang Spanyol-Amerika tahun 1898.

Pada tahun 1908, Pearl Harbor juga menjadi galangan kapal. Tujuan utama dari pangkalan militer adalah untuk membangun kehadiran Amerika di Pasifik dan untuk mengembangkan angkatan udaranya. Ini juga bertujuan untuk membendung ekspansionisme Kekaisaran Jepang. Setelah latihan dan simulasi militer, Jenderal Harry Yarnell memperingatkan terhadap potensi serangan di pulau Oahu, terutama yang terbuka dan rentan terhadap musuh, mulai tahun 1932.

Berapa banyak orang yang meninggal di Pearl Harbor?

Di pihak Amerika Serikat, ada 2.403 orang tewas dan 1.178 luka-luka. Hampir setengah dari kematian, atau 1.177 kematian, disebabkan oleh hilangnya kapal perang USS Arizona. Ada juga penghancuran 188 pesawat dan 3 kapal Amerika.

Kerusakan variabel diamati pada 11 kapal lain dan sekitar 130 pesawat. Untuk kekaisaran Jepang, kerugian terbatas pada 64 kematian di barisan mereka. Empat kapal selam cebol Jepang tenggelam. Lain ditangkap oleh Angkatan Darat AS. Sejauh menyangkut Angkatan Udara Jepang, 29 pesawat hancur.

Apa konsekuensi dari serangan di Pearl Harbor?

Setelah serangan di Pearl Harbor, Amerika Serikat memasuki perang bersama pasukan sekutu, termasuk Prancis, Inggris, dan Kanada. Presiden Roosevelt menandatangani deklarasi perang pada 11 Desember 1941.

Tujuh bulan kemudian, Sekutu memulai Proyek Manhattan yang mengarah pada pembuatan bom atom. Senjata ini memunculkan pemboman Hiroshima dan Nagasaki, masing-masing pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945, yang menyebabkan menyerah dan kemudian runtuhnya kekaisaran Jepang.

Serangan di Pearl Harbor juga menandai awal dari Perang Pasifik yang berlangsung hampir empat tahun, hingga 2 September 1945. Sebuah komisi penyelidikan Amerika berlangsung pada bulan Desember 1941 dan menyoroti kelalaian dan kekurangan para perwira pangkalan yang bertugas hari itu. Sampai Juli 1946, enam komisi lainnya berlangsung. Ada juga komisi khusus.

Apakah film Pearl Harbor mendekati kenyataan?

Disutradarai oleh Michael Bay dan diproduksi oleh Jerry Bruckheimer pada tahun 2001, film Pearl Harbor menelusuri kembali serangan bersejarah di Pearl Harbor dari sudut pandang protagonis Amerika di pangkalan angkatan laut. Pemeran film ini terdiri dari Ben Affleck, Kate Beckinsale, Josh Hartnett, Jennifer Garner, antara lain, Jon Voight, Tom Sizemore, Cuba Gooding Jr. dan Alec Baldwin.

Selama program tiga jam, cerita juga menyentuh peristiwa penting lainnya dari Perang Dunia II seperti Pertempuran Inggris dan Serangan Doolittle. Dengan hampir $450 juta yang dihasilkan di box office global, Pearl Harbor adalah kesuksesan komersial yang tak terbantahkan. Di pihak spesialis maupun publik, kritik di sisi lain lebih beragam.

Beberapa ahli bahkan mendefinisikannya sebagai “film propaganda”. Selain nada Manichean dari subjek, ini disebabkan oleh beberapa perkiraan sejarah. Orang berpikir tentang serangan terhadap rumah sakit yang tidak terjadi dengan cara yang sama, tentang kondisi kesehatan Roosevelt yang dilebih-lebihkan atau bahkan ketidakkonsistenan dalam hierarki militer.

Kita juga dapat menyebutkan anakronisme pada peralatan dan kendaraan, seperti penggunaan ketapel kapal induk yang pada saat itu belum ada. Demikian pula, ada jalan pintas waktu untuk membuat Battle of Britain bertepatan dengan plot utama. Jika menghibur dan spektakuler, maka Pearl Harbor relatif jauh dari fakta sebenarnya.

Bisakah kita mengunjungi Pearl Harbor hari ini?

Untuk tujuan kunjungan dan peringatan, dimungkinkan untuk mengunjungi situs peringatan dan sejarah Pearl Harbor. Anda dapat berangkat dari Honolulu, dibutuhkan setengah hari untuk menyelesaikan perjalanan yang mencakup kunjungan ke Battleship Row dan Monumen Nasional. Yang terakhir ini menawarkan banyak pameran yang didedikasikan untuk Perang Dunia Kedua.

Kunjungi website official ini, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut: https://www.nps.gov/perl/planyourvisit/basicinfo.htm

Setelah itu, perjalanan termasuk berhenti di USS Arizona Memorial. Dapat diakses dengan perahu, dibangun di atas reruntuhan kapal perang.

Perhatikan bahwa pangkalan angkatan laut Pearl Harbor masih beroperasi. Ini pada dasarnya adalah pelabuhan militer yang menyediakan layanan pemeliharaan dan melatih personel militer. Ini mengakomodasi kapal selam serta kapal permukaan. Sejak 1964, Stasiun Angkatan Laut Pearl Harbor telah diakui sebagai Situs Bersejarah Nasional.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

NB: Harga dan jam buka atraksi dapat berubah-ubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Sumber bacaan: CleverlySmart, Britannica, Imperial War Museums

Sumber foto: Wikimedia Commons (CC BY-SA 3.0)

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!