Labuan Bajo NTT – Tempat Wisata Menarik Untuk Liburan Yang Harus Dikunjungi

9 min read

Pulau padar labuhan bajo

Wisata Labuan Bajo

Labuan Bajo menjadi pintu masuk utama untuk Anda yang akan berkunjung ke Flores dan Taman Nasional Pulau Komodo. Di tempat ini, Anda bisa melihat berbagai macam pemandangan yang indah layaknya di Pulau Komodo. Oleh karena itu, Anda bisa berkeliling terlebih dahulu sebelum menuju ke tempat tujuan utama Anda.

Bandar Udara Internasional Komodo yang bisa Anda injak di Flores barat ada di Labuan Bajo pula. Jadi, tidak mungkin Anda tidak akan mengunjungi Labuan Bajo jika ingin berkunjung ke Flores.

Ketertarikan luar biasa para pelancong terhadap keberadaan komodo yang secara lokal disebut ora adalah faktor daya pikat berharga yang diperkuat dengan taman nasionalnya yang luar biasa.

Taman Nasional Komodo terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991. Ini adalah rumah bagi satwa liar yang menarik, baik di darat maupun di bawah air. Taman ini terdiri dari Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar dan banyak pulau kecil di sekitarnya.

Labuan Bajo dikenal sebagai kota matahari terbenam. Anda dapat menemukan banyak sudut pandang untuk menikmati setiap akhir hari dengan langit yang spektakuler.

Ada beberapa destinasi menarik yang bisa Anda temukan di dalam kota. Gua Cermin terletak hanya 4 kilometer dari Labuan Bajo. Gua ini didirikan oleh arkeolog Belanda pada tahun 1951 yang menyimpulkan bahwa Labuan Bajo pernah berada di bawah air.

Rencanakan liburan Anda ke Taman Nasional Komodo dan ke beberapa spot wisata lain seperti Kanawa Island, Pulau Kelor atau Goa rangko labuan bajo dengan sewa mobil di labuan bajo bersama kami sekarang juga.

Labuan bajo terletak di provinsi mana?

Labuan Bajo adalah kota nelayan kecil di Indonesia yang terletak di ujung barat pulau Flores. Sementara Labuan Bajo masih berstatus desa yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).


Daftar Wisata Labuan Bajo

Rasakan budaya lokal di Desa Melo

Desa Melo adalah pemberhentian pertama di Labuan Bajo. Setelah sambutan hangat tradisional oleh Manggarai, Anda dapat menyaksikan berbagai pertunjukan budaya, menikmati masakan Manggarai lokal dan mengalami cara hidup mereka.

Penduduk desa membuat proses rumit menenun ikat menjadi seperti permainan anak-anak. Permainan tiang bambu tradisional mereka, tarian Caci dan berbagai bentuk tarian lainnya cukup menyenangkan dan menjadikan tur setengah hari yang sempurna.

Tarian Caci mungkin merupakan bagian paling integral dari budaya mereka. Ini adalah pertarungan cambuk di mana anggota laki-laki Manggarai memegang cambuk dan perisai di kedua tangan untuk menunjukkan nilai filosofis dan kepercayaan suku mereka. Seluruh desa terlibat dan menjadi hidup dengan suara nyanyian, nyanyian, dan lonceng.

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo terletak di daerah administrasi Provinsi Nusa Tenggara Timur dan taman nasional ini juga sangat dekat dengan kepulauan Sumbawa provinsi Nusa Tenggara Barat. Taman nasional ini terdiri atas tiga pulau besar Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil.

Daya tarik utama Taman Nasional Komodo yaitu adanya reptil raksasa purba Biawak Komodo (Varanus komodoensis), tetapi keaslian dan kekhasan alamnya, khususnya panorama Savana dan Panorama bawah laut, merupakan daya tarik pendukung yang potensial. Wisata bahari misalnya, memancing, snorkeling, diving, kano, bersampan. Sedangkan di daratan, potensi wisata alam yang bisa dilakukan adalah pengamatan satwa, hiking, dan camping. Mengunjungi Taman Nasional Komodo dan menikmati pemandangan alam yang sangat menawan merupakan pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Anda hanya dapat mengunjungi Taman Nasional Komodo dengan pemandu resmi dan penjaga taman. Jadi, Anda perlu memesan operator tur yang akan mengatur perjalanan perahu antar pulau, pemandu, dan juga untuk menangani biaya taman.

Taman Nasional Pulau Komodo ini meliputi daerah yang didalamnya dihuni oleh Komodo yaitu Pulau Komodo, Gili Dasami dan Gili Motang bagian selatan Pulau Rinca kecamatan komodo manggarai barat.

Untuk ke lokasi TNK 5taman Nasional Komodo) cara yang paling tepat adalah dengan menggunakan Sewa kapal di labuan bajo baik dengan medium boat, phinisi atau open deck menuju lokasi Taman nasional pulau komodo.

Cara daftar online masuk ke Taman Nasional Komodo

Pada 1 Juli 2020 otoritas Labuan Bajo / Flores dan Komodo menerapkan sistem registrasi online bagi pengunjung yang bepergian ke Flores dan Taman Nasional Komodo. Pada formulir pendaftaran online untuk Flores dan Komodo Anda dan wisatawan pendamping harus mengisi beberapa data diri dan mengunggah surat keterangan kesehatan serta bukti asuransi kesehatan Anda.

Link / tautan resmi: https://registration.labuanbajoflores.id

Selanjutnya Anda harus menyebutkan pada formulir pendaftaran online tempat wisata mana yang ingin Anda kunjungi dan kendaraan apa yang Anda gunakan untuk bepergian.

Anda juga harus mengirimkan itinerary perjalanan Anda ke Labuan Bajo. Jika semua data Anda di formulir pendaftaran online Anda disetujui, Tourist Information Board akan mengirimkan pemberitahuan validitas melalui email.

Pulau Rinca

Tempat menarik selanjutnya di Labuan Bajo adalah Pulau Rinca. Pulau Rinca akan memberikan pengalaman yang luar biasa untuk lebih dekat dengan Komodo seperti halnya ketika Anda berada di Pulau Komodo.

Untuk medan dan terjalnya, Pulau Rinca akan memberikan Anda tantangan yang lebih luar biasa. Anda juga bisa memilih short track dimana Anda bisa mencari jalan yang lebih mudah untuk menuju hutan tempat hidup satwa liar Komodo.

Pink Beach (Pantai Merahis)

Pantai Pink beach di Labuan Bajo ini sering disebut pantai Merah oleh penduduk setempat. Pasirnya berwarna agak merah muda karena mahluk kecil bernama Foraminifera yang menyelimuti permukaan pantai.

Pemandangan lautnya indah dan tidak membuat Anda bosan. Gradasi warna merah dan pasir putih akan membuat Anda merasa bak di surga. Anda juga bisa melakukan snorkeling untuk melihat koral dan karang laut yang luar biasa.

Pantai ini merupakan salah satu atraksi Labuan Bajo terbaik bagi wisatawan dari seluruh dunia. Ini adalah tempat yang sempurna untuk berenang, berjemur, hiking, melihat matahari terbenam atau snorkeling.

Manta Point

Manta Point merupakan spot di tengah laut yang akan memberikan Anda sensasi berenang dan snorkeling yang lain daripada yang lain. Anda bisa berenang bersama si ikan pari Manta Ray, bahkan menyentuhnya. Inilah salah satu daya tarik terbesar di Labuan Bajo

Pulau Padar

Pulau Padar terkenal sejak beberapa tahun yang lalu dari ulasan para wisatawan yang berkunjung ke sana. Meskipun Pulau Padar tidak lagi dihuni komodo, keindahan pulaunya masih memikat. Anda bisa melakukan pendakian ke titik tertinggi Pulau Padar untuk menikmati pemandangan dan lanskap. Bagi Anda yang suka fotografi, berburu matahari terbit dan pemandangan Pulau Padar yang cantik menjadi kegiatan yang sangat direkomendasi.

Keindahan dari bukit dan indahnya sunset serta sunrise menjadi salah satu pemandangan yang menakjubkan. Anda bisa juga melakukan foto prewedding dengan background yang luar biasa disini.

Jika anda pergi dengan rombongan besar, sebaiknya anda menyewa kapal phinisi seperti boat Phinisi atau juga bisa mengikuti program tour ke Labuan bajo. Perjalanan Anda pasti akan lebih menyenangkan jika bersama dengan teman atau group kantor ber-sailing tour ke taman nasional yang terkeren ini.

Sebelum anda datang penting juga untuk mengetahui tentang zonasi yang ada di kawasan Taman Nasional Komodo. Dengan mengetahui zonasi tersebut anda bisa mengetahui kawasan yang aman dan tidak untuk anda datangi.

Adapun luas zona wisata bahari yang diizinkan  1.548 Ha dan zona daratan yang diizinikan yakni 824 Ha. Untuk mengetahui lebih jelas anda bisa mengunduh peta kawasan Taman Nasional Komodo yang akan sangat membantu anda.

Pulau padar labuhan bajo
Pulau Padar adalah pulau ketiga terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Sumber foto: Wikimedia Commons

Pengalaman berlayar dengan kapal Pinisi (Phinisi) Labuan Bajo

Dengan begitu banyak aktivitas Labuan Bajo untuk dipilih dan dinikmati, sejauh ini hal ini menjadi sorotan dari petualangan di Labuan Bajo.

Jika Anda kebetulan berada di Labuan Bajo, jangan lewatkan kesempatan ini untuk menaiki perahu layar Phinisi  yang indah dan berlayar melintasi pulau-pulau disekitarnya. Anda akan dikelilingi oleh keindahan epik dan menikmati banyak petualangan / aktivitas saat berada di sana.

Kapal Phinisi merupakan kapal tradisional buatan asli indonesia tepatnya berasal dari Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan.

Daerah ini memang terkenal sebagai sentra pembuatan Kapal Phinisi, bahkan orang-orang dari berbagai belahan dunia sudah mengantri untuk membuat kapal di sini. Saat ini kapal phinisi sudah banyak berdatangan dan saling bersaing di Labuan Bajo.

Bahkan saat ini beberapa kapal sudah dimodifikasi dari bentuk asli phinisi ke bentuk phinisi yang lebih cocok untuk digunakan wisata.

UNESCO menetapkan seni pembuatan kapal Pinisi

Istilah pinisi, pinisiq, pinisi’ atau phinisi mengacu pada jenis sistem layar (rig), tiang-tiang, layar dan konfigurasi tali dari suatu jenis kapal layar Indonesia. Ia terutama dibangun oleh orang Konjo, sebuah kelompok sub-etnis Makassar yang sebagian besar penduduk di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, tetapi masih digunakan secara luas oleh orang Bugis dan Makassar, sebagian besar untuk transportasi antar-pulau, kargo dan tujuan memancing di kepulauan Indonesia.

UNESCO menetapkan seni pembuatan kapal Pinisi sebagai Karya Agung Warisan Manusia yang Lisan dan Takbenda pada Sesi ke-12 Komite Warisan Budaya Unik pada tanggal 7 Desember 2017.

Kapal bersistem layar pinisi adalah kapal layar tradisional suku Makassar terbesar, dan juga merupakan kapal layar tradisional Indonesia yang terbesar terbesar sejak menghilangnya jong raksasa.

Labuan bajo kapal phinisi
Kapal Pinisi (phinisi) Pasolle di Pulau Komodo, Indonesia.. Jika Anda kebetulan berada di Labuan Bajo, jangan lewatkan kesempatan ini untuk menaiki perahu layar Phinisi  yang indah dan berlayar melintasi pulau-pulau disekitarnya. Sumber foto: Wikimedia Commons

Snorkeling di pulau Kanawa

Labuan Bajo dengan perairan biru kehijauan yang jernih dan pemandangan indah yang memukau, juga menawarkan kehidupan bawah laut yang hidup. Kagumi keanekaragaman terumbu karang dan ikan yang saya lihat di perairan yang menakjubkan ini.

Hal ini pasti akan membuat salah satu pengalaman snorkeling terbaik yang pernah ada untuk Anda.

Tempat Makan di Labuan Bajo

Kawasan pelabuhan Labuan Bajo dijejali tempat makan yang asik, dengan ragam pilihan kuliner yang beragam.

Made in Italy menyajikan pizza yang luar biasa, Warung Mama mengkhususkan diri dengan masakan Indonesia, sedangkan Tree Top adalah tempat unik untuk menemukan makanan seafood yang berapi-api. Harapkan untuk membayar sekitar Rp75.000 per ekor.


Pusat menyelam (dive centers) terbaik di Labuan Bajo

Anda dapat memilih dari pusat menyelam berikut di Labuan bajo untuk menyelam di sekitar Kepulauan Komodo.

  • Reefseekers
  • Dive Komodo
  • Orca Dive Club
  • Wicked Diving Center
Keamanan Menyelam

Jika Anda merencanakan perjalanan menyelam yang akan datang atau bepergian ke Pulau Komodo, sebaiknya berinvestasi dalam asuransi perjalanan untuk scuba diving, karena Anda tidak pernah tahu apa yang bisa terjadi dan kapan Anda mungkin membutuhkannya (karena kecelakaan bisa saja terjadi!). Direkomendasikan Anda memiliki asuransi penyelaman ini karena mereka menawarkan perlindungan yang baik dan fokus pada penyediaan asuransi berkualitas dan layanan bantuan medis bagi penyelam scuba.


Spot Menyelam di Pulau Komodo

1. Batu Bolong

Batu bolong adalah situs menyelam kelas dunia! Di permukaan, kita hanya bisa melihat batu kecil dengan lubang di dalamnya, tetapi di bawah air itu adalah batu raksasa dengan kedalaman biru hingga 70m. Batuan ini penuh dengan segala jenis biota laut dengan tutupan karang keras dan lunak yang menakjubkan serta banyak retakan.

2. Castle Rock

Adalah situs menyelam yang menakjubkan di Kepulauan Komodo! Ini adalah puncak besar di bawah air dengan kedalaman 4 m. Karena situs ini berada di perairan terbuka, jarak pandang biasanya sangat baik tetapi berhati-hatilah dengan arus yang kuat! Anda dapat melihat hampir semua hal di situs penyelaman ini, dari pari Manta hingga hiu karang abu-abu, trevaly raksasa hingga sekolah tuna dan bahkan mungkin lumba-lumba 🙂

3. Langkoi Rock

Situs menyelam ini mungkin yang paling ekstrim dari Taman Nasional Komodo! Ini adalah puncak terendam yang terletak di tenggara Pulau Langkoi. Inilah tempat bagi hiu karena banyak hiu karang abu-abu, hiu whitetip dan ujung hitam, hiu martil, dan paus perunggu berkumpul di sana! Saat Anda menyelam di sana, turun langsung ke puncak dan ambil untuk menyaksikan aksi di sekitar Anda!

Perairannya sangat dalam di sekitar lokasi penyelaman dan arusnya kuat di daerah ini, sehingga situs ini hanya diperuntukkan bagi penyelam berpengalaman!

4. Tatawa Kecil

Adalah sebuah pulau kecil dan merupakan situs menyelam kelas dunia ajaib untuk drifting! Berhati-hatilah karena arus di sana bisa sangat kuat dan ini bukan situs penyelaman yang mudah.

Tidak ada tempat untuk penyelam yang belum berpengalaman! Situs penyelaman adalah campuran dari terumbu karang yang sangat bagus, formasi batuan dan gua-gua kecil. Airnya penuh dengan ikan dengan banyak pelagis dan hiu yang berpatroli di daerah tersebut.

5. Manta Alley

Ini adalah salah satu tempat menyelam terbaik di Taman Nasional Komodo. Ini adalah tempat terbaik untuk menyelam dengan pari manta. Dari September hingga Januari, tidak jarang untuk melihat hingga 20 dalam satu kali penyelaman!

Bahkan jika ikan pari manta tidak ada, penyelaman masih sangat bagus dengan banyak hiu karang, ikan wrass, dan kumpulan trevaly raksasa! Karang juga sangat indah dengan kehidupan invertebrata yang kaya. Terkadang airnya sedikit dingin dan arusnya cukup kuat, jadi berhati-hatilah.


Cara Pergi ke Labuan Bajo

1. Pesawat

Bandara Labuan Bajo Komodo (LBJ) berada tepat di luar kota dan menawarkan koneksi ke Jakarta setiap hari. Tarif taksi ke kota sekitar Rp 60.000.

2. Boat / Perahu feri

Feri adalah cara yang populer untuk mencapai Labuan Bajo, dan terdapat link ke Makassar, Lombok, dan Sape.

3. Mobil

Jika Anda berasal dari Flores Timur, ikuti jalan lintas alam Jl. Jalan raya Komodo.

4. Bis

Bus beroperasi ke Labuan Bajo dari semua kota besar di Flores, termasuk Ruteng, Kepoh dan Riung.


Cara Pergi ke Pulau Komodo

Dengan pesawat

Anda dapat menggunakan penerbangan ke Bandara Labuan Bajo (juga dikenal sebagai Bandara Komodo) dari Bali dan Jakarta dengan Garuda Indonesia, Lion Air, Batik, dan Nam Air (periksa SkyScanner untuk penawaran terbaru) – dengan beberapa rute lain yang menawarkan penerbangan lanjutan.

Dari bandara, taksi ke kota – yang terletak kurang dari 10 menit – biayanya tidak lebih dari Rp 50-60.000 dan harus dinegosiasikan sebelum masuk; atau perjalanan bisa ditempuh dalam 20-30 menit (menurun).

Dengan mobil

Tidak mungkin Anda dapat melakukan perjalanan ke Komodo sepenuhnya melalui jalan darat tetapi ada perjalanan bus darat dari Bali ke Komodo yang mencakup tiga penyeberangan feri, yaitu ke Lombok dari Bali, ke Sumbawa dari Lombok, dan ke Labuan Bajo dari Sumbawa.

Dengan kapal

Porsi terakhir perjalanan, dari Labuan Bajo (atau Maumere) ke Komodo hanya bisa dengan kapal feri. Perjalanan perahu dari Labuan Bajo ke Komodo memakan waktu sekitar 3 hingga 4 jam. Pelabuhan seperti itu belum ada di Pulau Komodo. Wisatawan harus turun dari kapal dan beralih ke kapal yang lebih kecil yang akan membawa mereka ke pulau tersebut.

Anda dapat menginap di resor di Labuan Bajo dan menjelajahi situs menyelam Komodo dengan liveaboard. Atau, Anda bisa naik perahu di Labuan Bajo dan pergi dengan kapal pesiar Anda sendiri untuk menjelajahi taman dan juga snorkeling untuk kepuasan Anda. Ada banyak agen perjalanan yang akan mengatur kapal pesiar seperti itu untuk Anda.


Sejarah Labuanbajo

Sejarah Labuanbajo dimulai dari kedatangan orang Bugis/Badjo di daratan Flores, tepatnya di pantai daerah Gorontalo. Selanjutnya, mereka menetap di tepi pantai membentuk kebudayaan maritime.

Menurut orang-orang Labuan Bajo, terjadi perselisihan daerah pemukiman dan akhirnya daerah pemukiman mulai bergeser dan berkembang di Labuan Bajo sekarang ini. Oleh karena itu, nama Bajo diambil dari kata Badjo yang merupakan suku pengembara lautan yang sudah cukup dikenal.


Kantor Taman Nasional Laut Komodo

Alamat: Jalan Kasimo Labuan Bajo, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur

Telepon : (0385) 41004

Website : www.komodonationalpark.org


Tempat Wisata Lainnya Dan Yang Harus Dikunjungi Di Indonesia Dan Luar Negeri

Segala sesuatu yang ada di daerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik agar orang-orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut. Panduan ini akan membuat Anda untuk tidak melewatkan tempat penting dan memberikan pengalaman wisata Anda ke tempat-tempat yang hebat!

Klik disini untuk melihat tempat-tempat lainnya, seperti di Bali, Jogja, Paris, Tokyo, Tibet, Bogor dan masih banyak lagi.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Wonderful Indonesia, Love and Road

NB: Harga dan jam buka atraksi dapat berubah-ubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.