fbpx

Daftar Hari Besar / Penting Di Indonesia – Dari Bulan Januari Sampai Desember

Daftar Hari Besar / Penting Di Indonesia

Hari-hari penting meliputi hari-hari besar nasional, hari-hari perayaan, hari-hari komunitas dan hari-hari besar keagamaan. Berikut adalah daftar hari penting dan hari besar:

Daftar Hari Besar Tersebut Dapat Merupakan Hari Libur Atau Bukan

Januari

Februari

Maret

 Prangko peringatan Hari Filateli Indonesia
  • 1 Maret: Hari Kehakiman Nasional
  • 1 Maret: Hari Peringatan Serangan Umum di Yogyakarta
  • 1 Maret: Hari Jadi Tentara Nasional Indonesia (Keppres Nomor 93 Tahun 1998)
  • 6 Maret: Hari Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad)
  • 6 Maret: Hari Strategi Konservasi Sedunia
  • 8 Maret: Hari Wanita/Perempuan Internasional
  • 9 Maret: Hari Musik Nasional (Keppres Nomor 10 Tahun 2013)
  • 10 Maret: Hari Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi)
  • 11 Maret: Hari Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar)
  • 20 Maret: Hari Kebahagiaan Internasional (PBB melihat kebahagiaan merupakan awal dari sebuah kesuksesan dan kesejahteraan secara global. Ditetapkan pada tahun 2012 dalam A/RES/66/281)
  • 20 Maret: Hari Kehutanan Sedunia
  • 21 Maret: Hari Sindrom Down (penyakit Down Sindrom)
  • 22 Maret: Hari Air Sedunia
  • 23 Maret: Hari Meteorologi Sedunia
  • 24 Maret: Hari Peringatan Bandung Lautan Api
  • 24 Maret: Hari TBC (Tuberkolosis) Sedunia
  • 27 Maret: Hari Klub Wanita Internasional (bahasa Inggris: Women International Club Day – WIC)
  • 29 Maret: Hari Filateli Indonesia
  • 30 Maret: Hari Film Nasional (Keppres Nomor 25 Tahun 1999)

April

 Prangko peringatan Konferensi Asia Afrika

Mei

Juni

Prangko peringatan Hari Anti Narkoba Sedunia

Juli

Prangko peringatan Hari Anak Nasional

Agustus

Prangko peringatan 100 Tahun Gerakan Kepanduan Prangko peringatan 100 Tahun Gerakan Kepanduan
Prangko peringatan 100 Tahun Gerakan Kepanduan

September

  • 1 September: Hari Polisi Wanita (Polwan)
  • 4 September: Hari Pelanggan Nasional
  • 8 September: Hari Aksara
  • 8 September: Hari Pamong Praja
  • 9 September: Hari Olahraga Nasional
  • 11 September: Hari Radio Republik Indonesia (RRI)
  • 11 September: Hari Peringatan Serangan 11 September 2001
  • 16 September: Hari Ozon Internasional
  • 17 September: Hari Palang Merah Indonesia
  • 17 September: Hari Perhubungan Nasional
  • 21 September: Hari Perdamaian Dunia
  • 24 September: Hari Tani
  • 26 September: Hari Statistik
  • 27 September: Hari Pos Telekomunikasi Telegraf (PTT)
  • 28 September: Hari Kereta Api (28 September 1945 terjadi pengambilalihan kekuasaan perkeretaapian oleh Angkatan Muda Kereta Api dari pihak Jepang)
  • 28 September: Hari Rabies Sedunia
  • 28 September: Hari Tunarungu Internasional
  • 29 September: Hari Sarjana Nasional
  • 29 September: Hari Jantung Sedunia
  • 30 September: Hari Peringatan Gerakan 30 September 1965 (GS30 PKI) (Dibentuk untuk memperingati wafatnya 6 pejabat militer Indonesia akibat serangan PKI)

Oktober

November

Prangko peringatan Hari Guru

Desember

Sumber bacaan: Sekretariat Kabinet Republik Indonesia


 

Hari Besar / Hari Raya Lainnya

Yang tidak tercantum tanggalnya berarti setiap tahun diperingati berubah-ubah tanggalnya.

Tahun Baru Imlek (kalender Tionghoa) – Hari Libur Nasional

Hari pertama bulan pertama pada kalender Imlek.

Kalender Imlek atau Kalender Tionghoa adalah kalender lunisolar yang dibentuk dengan menggabungkan kalender bulan dan kalender matahari.
Kalender Tionghoa sampai sekarang masih digunakan untuk memperingati berbagai hari perayaan tradisional Tionghoa dan memilih hari yang paling menguntungkan untuk perkawinan atau pembukaan usaha.

Nyepi / Tahun Baru Saka (Hindu) – Hari Libur Nasional

Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun Baru Saka. Hari ini jatuh pada hitungan Tilem Kesanga (IX) yang dipercayai merupakan hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera yang membawa intisari amerta air hidup. Untuk itu umat Hindu melakukan pemujaan suci terhadap mereka.

Kalender Saka adalah sebuah kalender yang berasal dari India. Kalender ini merupakan sebuah penanggalan syamsiah-kamariah (candra-surya) atau kalender luni-solar. Era Saka dimulai pada tahun 78 Masehi.

Jumat Agung / Wafat Yesus Kristus (Kristen) – Hari Libur Nasional

Tanggal bervariasi; hari ini jatuh pada Jumat sebelum minggu Paskah, yang merupakan hari Minggu pertama setelah Bulan Purnama Paskah pertama setelah vernal equinox resmi.

Kenaikan Isa Almasih / Kenaikan Yesus Kristus / Easter (Kristen) – Hari Libur Nasional

Tanggal bervariasi. Hari ke-40 setelah minggu dari Jumat Agung (Wafatnya Yesus Kristus). Jatuh pada hari Kamis dan tanggalnya bervariasi karena peringatan Jumat Agung tidak selalu pada tanggal yang sama dalam kalender Gregorian.

Waisak (Buddha) – Hari Libur Nasional

Tanggal bervariasi menurut kalender Buddha.

Dirayakan dalam bulan Mei pada waktu terang bulan (purnama sidhi) untuk memperingati 3 (tiga) peristiwa penting, yaitu :

  1. Lahirnya Pangeran Siddharta di Taman Lumbini pada tahun 623 S.M.,
  2. Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha di Buddha-Gaya (Bodh Gaya) pada usia 35 tahun pada tahun 588 S.M.
  3. Buddha Gautama Parinibbana (wafat) di Kusinara pada usia 80 tahun pada tahun 543 S.M.

27 Rajab: Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW (Islam) – Hari Libur Nasional

Tanggal bervariasi menurut kalender Islam.

Isra Mi’raj adalah bagian kedua dari perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa inilah dia mendapat perintah untuk menunaikan salat 5 waktu sehari semalam. Beberapa penggambaran tentang kejadian ini dapat dilihat di surah ke-17 di Al-Quran, yaitu Surah Al-Isra.

Menurut tradisi, perjalanan ini dikaitkan dengan Lailat al Mi’raj, sebagai salah satu tanggal paling penting dalam kalender Islam.

1 Syawal: Idul Fitri / Lebaran (Islam) – Hari Libur Nasional

Tanggal bervariasi menurut Kalender Islam.

Tradisi pada Idul Fitri, tanggal 1 Syawal mulai berakhirnya puasa pada bulan Ramadan (puasa), kemudian merayakan Idul Fitri. Awal pagi hari selalu dilaksanakan Salat Idul Fitri (Salat Id), disunnahkan melaksanakan salat Id di tanah lapang atau bahkan jalan raya (terutama di kota besar). Sebelum salat Id di lakukan imam mengingatkan siapa yang belum membayar zakat fitrah, sebab kalau selesai salat Id baru membayar zakatnya hukum nya sedekah biasa bukan zakat. Adapun hukum dari Salat Idul Fitri ini adalah sunnah mu’akkad. Di malam sebelum dan sesudah hari raya, umat muslim disunnahkan mengumandangkan takbir.

10 Dzulhijah: Idul Adha / Lebaran Haji (Islam) – Hari Libur Nasional

Tanggal bervariasi menurut Kalender Islam.

Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri. Hari ini juga beserta hari-hari Tasyrik diharamkan puasa bagi umat Islam.

Pusat perayaan Idul Adha adalah sebuah desa kecil di Arab Saudi yang bernama Mina, dekat Mekkah. Di sini ada 3 tiang batu yang melambangkan Iblis dan harus dilempari batu oleh umat Muslim yang sedang naik Haji.

Hari Idul Adha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Terkadang Idul Adha disebut juga sebagai Idul Qurban atau Lebaran Haji.

1 Muharram: Tahun Baru Hijriyah (Islam) – Hari Libur Nasional

Tanggal bervariasi menurut Kalender Islam.

Hari pertama bulan Muharram, awal tahun baru Islam. Tahun Baru Islam merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati penghijrahan Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

12 Rabiul Awal: Maulid Nabi Muhammad SAW / Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW (Islam) – Hari Libur Nasional

Adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad.

Kalender Hijriyah adalah kalender yang digunakan oleh umat Islam, termasuk dalam menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah, atau hari-hari penting lainnya. Kalender ini dinamakan Kalender Hijriyah, karena pada tahun pertama kalender ini adalah tahun di mana terjadi peristiwa Hijrah-nya Nabi Muhammad saw dari Makkah ke Madinah, yakni pada tahun 622 M).

Paskah (Kristen) – selalu bertepatan dengan hari Minggu

Paskah adalah perayaan terpenting dalam tahun liturgi gerejawi Kristen. Bagi umat Kristen, Paskah identik dengan Yesus, yang oleh Paulus disebut sebagai “anak domba Paskah”; jemaat Kristen hingga saat ini percaya bahwa Yesus disalibkan, mati dan dikuburkan.

Dan pada hari yang ketiga bangkit dari antara orang mati. Paskah merayakan hari kebangkitan tersebut dan merupakan perayaan yang terpenting karena memperingati peristiwa yang paling sakral dalam hidup Yesus, seperti yang tercatat di dalam keempat Injil di Perjanjian Baru. Perayaan ini juga dinamakan Minggu Paskah, Hari Kebangkitan atau Minggu Kebangkitan.

Galungan & Kuningan (Kemenangan Dharma melawan Adharma menurut agama Hindu)

Hari raya Galungan dirayakan oleh umat Hindu setiap 210 hari, dengan menggunakan perhitungan kalender Bali yaitu pada hari Budha Kliwon Dungulan (Rabu Kliwon wuku Dungulan) sebagai hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan).

Kalender Bali adalah sistem penanggalan yang digunakan oleh orang Hindu Bali di pulau Bali dan Lombok. Kalender Saka Bali tidak sama dengan Kalender Saka dari India, namun kalender Saka yang sudah dimodifikasi dan diberi tambahan elemen-elemen lokal.

Hari Suci Kuningan dirayakan umat dengan cara memasang tamiang, kolem dan endong.

Tamiang adalah simbol senjata Dewa Wisnu karena menyerupai Cakra, Kolem adalah simbol senjata Dewa Mahadewa. Sedangkan Endong tersebut adalah simbol kantong perbekalan yang dipakai oleh Para Dewata dan Leluhur kita saat berperang melawan Adharma. Tamiang kolem dipasang pada semua palinggih, bale dan pelangkiran, sedangkan endong dipasang hanya pada palinggih dan pelangkiran.


Hari Besar
 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

By | 2019-06-14T14:16:41+07:00 Mei 20th, 2015|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment