Siapa Penemu Kalkulator Pertama?

2 min read

penemu kalkulator pertama

Siapa Penemu Kalkulator Pertama?

Tidak termasuk sempoa atau sipoa, kalkulator mekanik pertama diciptakan oleh penemu Perancis, Pascal Blaise pada tahun 1642, saat itu beliau masih berumur 18 tahun.

Mesin hitung atau kalkulator “moderen” ini bisa menambah atau mengurangi dua nomor atau membagi dan kalikan dengan sistem pengulangan, yang menggunakan roda yang diarahkan atau disebut juga sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator). Kalkulator ini berbentuk kotak persegi panjang yang terbuat dari bahan kuningan.


penemu kalkulator pertama

Kalkulator persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, alat ini menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga 8 digit.


Detail Dari Kalkulator Pertama Ini

Di atas ada enam dial yang melingkar (masing-masing bertuliskan angka 0 – 9), yang digunakan untuk menunjuk unit, puluhan, ratusan, dll. Untuk melakukan operasi tersebut, ia harus mengubah dial ke nomor yang diinginkan (seperti pada telephone kuno / lama).


Pascaline Top pandangan dan gambaran dari seluruh mekanisme
Pascaline Kalkulator. Pandangan dan gambaran dari seluruh mekanisme.


Pascal Blaise

Pascal Blaise adalah seorang ahli matematika. Lahir: 19 Juni 1623, Clermont-Ferrand. Meninggal: 19 Agustus 1662, Paris. Minat utamanya ialah filsafat dan agama, sedangkan hobinya yang lain adalah matematika dan geometri proyektif. Bersama dengan Pierre de Fermat menemukan teori tentang probabilitas.

Pascal Blaise
Potret Pascal Blaise.


penemu kalkulator pertama - detail


Bacaan Dan Tes Matematika “Aritmatika”

 

Sumber bacaan: Reference, Educalc.net

    

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.