fbpx

Penemu Tangga Berjalan (eskalator) Nathan Ames

Penemu Tangga Eskalator / Tangga Berjalan

Nathan Ames dalah orang pertama yang mematenkan “eskalator” pada tahun 1859. Ia memiliki ide untuk “tangga bergulir.” Namun, ia tidak pernah membuat konsepnya tersebut.

30 Tahun kemudian (1889), Leamon Souder mematenkan 4 ide yang terpisah untuk perangkat seperti eskalator. Seperti milik Nathan Ames, meskipun, Leamon Souder pernah menciptakan model kerja dari setiap ide-idenya.

Akhirnya, pada tahun 1892, Jesse W. Reno mematenkan “Conveyor tanpa ujung atau Elevator.” Dia juga menghasilkan eskalator kerja pertama. Dia menyebutnya “Elevator miringdan memasangnya di sepanjang Old Iron Pier di Coney Island di New York City pada tahun 1896.

Lama kemudian, George A. Wheeler mematenkan ide sendiri untuk eskalator. Dia tidak pernah membangun model kerja apapun dari ide-idenya, tapi Charles Seeberger membeli paten & beberapa ide “Wheeler” digunakan di eskalator prototipe Seeberger yang dibangun oleh perusahaan Elevator bernama Otis pada tahun 1899.

Sekarang ini, Anda dapat menemukan segala macam jenis eskalator di berbagai lokasi. Mungkin salah satu sistem eskalator paling mengesankan di dunia adalah eskalator “Central-Mid-Levels” di Hong Kong. Sistem eskalator diluar ruangan ini adalah yang terpanjang di dunia dengan panjang total 800 meter!

 

Pintu masuk Central-Mid-Levels sistem eskalator, di Queen’s Road, berdekatan dengan gedung 100QRC.

 

Central-Mid-Levels eskalator dalam pembangunan di awal 1990-an


Definisi Tangga Berjalan

Tangga jalan adalah salah satu transportasi vertikal berupa konveyor untuk mengangkut orang, yang terdiri dari tangga terpisah yang dapat bergerak ke atas dan ke bawah mengikuti jalur yang berupa rail atau rantai yang digerakkan oleh motor.


Keuntungan Dari Eskalator

Keuntungan dari eskalator cukup banyak seperti mempunyai kapasitas memindahkan sejumlah orang dalam jumlah besar dan tidak ada interval waktu tunggu terutama di jam-jam sibuk dan mengarahkan orang ke tempat tertentu seperti ke pintu keluar, pertemuan khusus, dll.


Keselamatan Saat Berada Di Eskalator

  • Pastikan memijak 2 kaki Anda didalam kotak tangga yang sedang berjalan.
  • Jangan menginjak garis kuning yang berada di samping kanan dan kiri tangga,karena biasanya ada batas keamanan dari eskalator.
  • Berpegangan pada sandaran tangga (handrail) agar badan seimbang.
  • Jika membawa anak pastikan anak dalam lindungan kita, jangan biarkan anak bermain-main di eskalator, karena eskalator bukan tempat bermain yang aman.
  • Jika anda membawa bayi didalam kereta bayi, janganlah membawa kereta bayi keatas eskalator karena sangat berbahaya.
  • Usahakan pakaian jangan menempel atau terlalu dekat dengan sandaran tangga.
  • Ketika telah sampai di atas / dekat ujung anak tangga, angkatlah kaki kanan (kebiasaan) dan turunkan dilantai segeralah tarik kaki kiri.


Cara Kerja Tangga Berjalan (Eskalator)

Bagian utama Eskalator (tangga berjalan) adalah sepasang rantai yang berputar pada dua pasang gir yang digerakan oleh sebuah motor lisrik. Uumnya motor yang dipakai berkekuatan 100 tenaga kuda. Seluruh perangkat itu ditempatkan pada sebuah struktur metal yang dibentangkan antara dua lantai.

Setiap anak tangga pada eskalator memiliki 2 set roda yang berputar pada set yang terpisah, di atas dan di bawah. Set yang atas terhubung dengan rantai putar, sehingga dapat langsung ditarik oleh gir penarik pada bagian atas eskalator. Sementara set yang bawah tinggal berputar mengikuti saja.

Anak tangga memiliki bentuk mirip segitiga yang sudah didesain agar rata dan aman untuk dipijak. Namun saat mencapai puncak tangga, ia akan berputar 180” untuk menuju ke bawah. Celah-celah pada setiap anak tangga saling terkait rapat agar tidak berbahaya bagi pengguna.

Motor penggerak juga berfungsi untuk menarik pegangan tangan (handrails). Motor penggerak memiliki sabuk penghubung dengan sepasang roda penggerak yang bertugas menarik pegangan tangan. Sistem ini selain hanya membutuhkan satu motor penggerak, hasilnya kecepatan antara anak tangga dan pegangan tangan bisa sama.

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Sumber bacaan:  Wonderopolis, How Stuff Works

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-08-24T12:08:15+07:00 Juni 8th, 2015|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment