Penyakit Jantung Bawaan | Cacat Jantung Sejak Lahir

5 min read

Penyakit Jantung Bawaan | Cacat Jantung Sejak Lahir

Penyakit Jantung Bawaan

Apa itu penyakit jantung bawaan? Penyakit jantung bawaan adalah kondisi cacat lahir pada jantung. Ini termasuk semua jenis kelainan jantung yang ada saat lahir dan dapat mempengaruhi:

  • Katup jantung.
  • Dinding interior jantung.
  • Arteri dan vena yang membawa darah ke dan dari jantung.

Dokter sering mengidentifikasi kelainan jantung sebelum lahir atau selama masa bayi dan masa kanak-kanak. Pasien anak-anak menerima pengobatan dan perawatan lanjutan serta observasi. Tapi mungkin saja kelainan jantung bawaan tidak diketahui sampai masa remaja atau dewasa.


Cacat jantung bawaan

Cacat jantung bawaan – cacat pada struktur jantung yang muncul saat lahir dan sering kali merupakan akibat dari perkembangan embriologis yang menyimpang. Cacat dapat berupa sindrom atau non-sindrom, yang kemudian berarti cacat yang terisolasi dan tidak ditemukan dalam pola (yaitu, sindrom).

Dua penyebab sindrom utama dari kelainan jantung bawaan adalah sindrom Noonan dan sindrom Down. Sindrom Down lebih umum daripada sindrom Noonan, tetapi memiliki insiden cacat jantung bawaan yang lebih rendah, yang menjadikan sindrom Noonan sebagai penyebab sindrom cacat jantung bawaan yang paling umum.

  • Defek septum atrium (ASD: Atrial septal defect) – Cacat pada septum interatrial yang memungkinkan aliran darah antar atrium, termasuk foramen ovale paten (PFO).
  • Katup aorta bikuspid – Pembentukan dua selebaran katup di katup aorta alih-alih tiga selebaran. Hal ini menyebabkan stenosis aorta karena katup mengalami kalsifikasi sebelum waktunya (dibandingkan dengan kalsifikasi katup trileflet).
  • Koarktasio aorta (CoA: Coarctation of the aorta) – Penyempitan aorta, biasanya pada lengkung aorta dan secara klasik ditemukan pada sindrom Turner. Koarksi “lengkap” disebut lengkung aorta yang terputus.
  • Cor triatriatum – Sebuah membran yang membagi salah satu hasil atrium di “tiga” atrium (maka “triatriatum”). Ini cenderung mempengaruhi atrium kiri lebih dari atrium kanan. Membran mungkin ada tanpa pembagian atrium yang lengkap. Ini menyajikan mirip dengan stenosis katup semilunar masing-masing (yaitu, stenosis trikuspid untuk atrium kanan).
  • Dextrocardia – Dextrocardia adalah suatu kondisi di mana puncak jantung berada di sisi kanan tubuh, bukan kiri. Ini bisa eksis secara terpisah atau sebagai bagian dari situs inversus di mana seluruh tubuh dicerminkan bukan hanya hati. Situs inversus dapat menjadi bagian dari diskinesia silia primer (alias sindrom Kartagener) yang memiliki infeksi saluran pernapasan berulang dan infertilitas pria. Xray dada sederhana sudah cukup untuk mendiagnosis dekstrokardia, asalkan hati-hati dalam menandai sisi radiografi yang benar.
  • Anomali Ebstein – Malformasi katup trikuspid (lihat di atas).
  • Cacat arteri besar – Ada beberapa kondisi yang mempengaruhi arteri besar (misalnya, lengkung aorta ganda, arteri subklavia menyimpang) yang sering mengakibatkan masalah dengan trakea dan pernapasan.
    Sindrom jantung kiri hipoplastik – Cacat dalam perkembangan jantung kiri sehingga hipoplastik (kurang berkembang).
  • Patent ductus arteriosus (PDA) – Kegagalan ductus arteriosus untuk menutup saat lahir.
  • Patent foramen ovale (PFO) – Cacat septum atrium di mana foramen ovale gagal menutup saat lahir.
  • Truncus arteriosus persisten – Cacat karena truncus arteriosus gagal membelah.
  • Stenosis katup pulmonal (PVS: Pulmonary Valve Stenosis) – Penyempitan katup pulmonal yang merupakan temuan kunci pada sindrom Noonan.
  • Tetralogy of Fallot (ToF) – Empat kelainan anatomis: stenosis pulmonal, overriding aorta, defek septum ventrikel, dan hipertrofi ventrikel kanan.
  • Transposition of the great vessel (TGV) – Pengaturan spasial abnormal dari pembuluh darah besar (vena cava superior, vena cava inferior, arteri pulmonalis, vena pulmonalis, dan aorta).
  • Anomali Uhl – Hilangnya sebagian atau total dinding ventrikel kanan.
    Defek septum ventrikel (VSD) – Cacat pada septum ventrikel yang memungkinkan aliran darah antar ventrikel.

Cacat Jantung Bawaan yang paling umum menyerang orang dewasa:

  • Cacat septum atrium (ASD).
  • Foramen ovale paten (PFO).
  • Tetralogy of Fallot (TOF).
  • Transposisi arteri besar.
  • Koarktasio aorta.
  • Duktus arteriosus paru (PDA).
  • Komplikasi yang bisa berkembang di masa dewasa
  • Masalah katup jantung.
  • Komplikasi dari perbaikan sebelumnya dilakukan sejak kecil.
  • Hipertensi paru.
  • Gagal jantung.
  • Stroke.

Gejala

Detak jantung tidak teratur (aritmia).
Perubahan warna kulit kebiruan atau keunguan (sianosis).
Sesak napas atau nyeri dada.
Kelelahan.
Retensi air (edema) yang menyebabkan pembengkakan.

Mendiagnosis penyakit jantung bawaan

Sebelum lahir dengan USG (gema janin).
Ultrasonografi jantung (ekokardiogram).
MRI jantung.
Pengujian genetik.
Mengobati penyakit jantung bawaan
Perbaikan bedah.
Perbaikan transkateter.
Manajemen medis.

Penyebab

Bilik (ruang) dan katup jantung
Ruang dan katup jantung, Buka kotak dialog pop-up
Peneliti tidak yakin apa yang menyebabkan sebagian besar jenis penyakit jantung bawaan. Beberapa penyakit jantung bawaan diturunkan melalui keluarga (diturunkan).

Untuk memahami penyakit jantung bawaan, ada baiknya mengetahui cara kerja jantung.

Jantung dibagi menjadi beberapa bilik (ventrikel) – dua di kanan dan dua di kiri.
Sisi kanan jantung memindahkan darah ke paru-paru melalui pembuluh darah (arteri pulmonalis).
Di paru-paru, darah mengambil oksigen dan kemudian kembali ke sisi kiri jantung Anda melalui vena pulmonalis.
Sisi kiri jantung kemudian memompa darah melalui aorta dan keluar ke seluruh tubuh.

Penyakit jantung bawaan dapat mempengaruhi salah satu struktur jantung ini, termasuk arteri, katup, bilik, dan dinding jaringan yang memisahkan bilik atau ruang (septum).

Pengobatan Penyakit Jantung Bawaan

Perawatan untuk kelainan jantung bawaan tergantung pada jenis dan tingkat keparahan kelainan tersebut. Beberapa bayi memiliki kelainan jantung ringan yang sembuh dengan sendirinya seiring waktu. Orang lain mungkin memiliki cacat parah yang membutuhkan perawatan ekstensif. Dalam kasus ini, perawatan mungkin termasuk yang berikut:

Pengobatan

Ada berbagai obat yang dapat membantu jantung bekerja lebih efisien. Beberapa juga dapat digunakan untuk mencegah pembekuan darah atau untuk mengontrol detak jantung yang tidak teratur.

Alat Jantung Implan

Beberapa komplikasi yang terkait dengan kelainan jantung bawaan dapat dicegah dengan penggunaan perangkat tertentu, termasuk alat pacu jantung dan defibrilator kardioverter implan (ICD). Alat pacu jantung dapat membantu mengatur detak jantung yang tidak normal, dan ICD dapat memperbaiki detak jantung tidak teratur yang mengancam jiwa.

Prosedur Kateter

Teknik kateterisasi memungkinkan dokter untuk memperbaiki kelainan jantung bawaan tertentu tanpa membuka dada dan jantung melalui pembedahan. Selama prosedur ini, dokter akan memasukkan selang tipis ke dalam pembuluh darah di kaki dan mengarahkannya ke jantung. Setelah kateter berada pada posisi yang benar, dokter akan menggunakan alat kecil yang dimasukkan melalui kateter untuk memperbaiki kerusakan.

Bedah Jantung Terbuka

Jenis operasi ini mungkin diperlukan jika prosedur kateter tidak cukup untuk memperbaiki kelainan jantung bawaan. Seorang ahli bedah dapat melakukan operasi jantung terbuka untuk menutup lubang di jantung, memperbaiki katup jantung, atau memperlebar pembuluh darah.

Transplantasi Hati

Dalam kasus yang jarang terjadi di mana kelainan jantung bawaan terlalu kompleks untuk diperbaiki, transplantasi jantung mungkin diperlukan. Selama prosedur ini, jantung anak diganti dengan jantung yang sehat dari donor.


Penyakit Jantung Bawaan pada Orang Dewasa

Tergantung pada defek, diagnosis dan pengobatan dapat dimulai segera setelah lahir, selama masa kanak-kanak, atau dewasa. Beberapa cacat tidak menimbulkan gejala apa pun sampai anak menjadi dewasa, sehingga diagnosis dan pengobatan mungkin tertunda. Dalam kasus ini, gejala kelainan jantung bawaan yang baru ditemukan mungkin termasuk:

  • sesak napas
  • nyeri dada
  • berkurangnya kemampuan untuk berolahraga
  • mudah lelah

Perawatan untuk penyakit jantung bawaan pada orang dewasa juga bisa berbeda-beda bergantung pada tingkat keparahan kelainan jantung. Beberapa orang mungkin hanya perlu memantau kondisinya dengan cermat, dan yang lain mungkin memerlukan obat-obatan dan operasi.

Dalam beberapa kasus, cacat yang mungkin telah dirawat di masa kanak-kanak dapat menimbulkan masalah lagi di masa dewasa. Perbaikan asli mungkin tidak lagi efektif atau kerusakan awal mungkin menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu. Jaringan parut yang berkembang di sekitar perbaikan awal juga dapat menyebabkan masalah, seperti aritmia jantung.

Terlepas dari situasi Anda, penting untuk terus mengunjungi dokter Anda untuk perawatan lanjutan. Perawatan mungkin tidak menyembuhkan kondisi Anda, tetapi dapat membantu Anda mempertahankan kehidupan yang aktif dan produktif. Ini juga akan mengurangi risiko komplikasi serius, seperti infeksi jantung, gagal jantung, dan stroke.


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Penyakit Jantung

Detak Jantung Normal – Berapa Ukuran Denyut Nadi Normal? – Cara Menghitung

Denyut jantung adalah salah satu “tanda vital”, atau indikator penting kesehatan dalam tubuh manusia. Ini mengukur berapa kali per menit bahwa jantung berkontraksi atau berdetak. Berapa seharusnya detak jantung yang normal? Klik disini untuk membaca artikel ini lebih lanjut (akan membuka layar baru tanpa meninggalkan layar ini).

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kesehatan Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Sumber bacaan: Mayo Clinic

Sumber foto: Wellcome Collection

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.