Penyakit Aterosklerosis

5 min read

Penyakit Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah penyakit di mana plak (sejenis lilin) menumpuk di dalam arteri (pembuluh nadi) Anda.

Plak terdiri dari lemak, kolesterol, kalsium dan zat lain yang ditemukan di dalam darah. Seiring waktu, plak mengeras dan mempersempit arteri Anda. Ini membatasi aliran darah yang kaya oksigen ke organ Anda dan bagian lain dari tubuh Anda.

Aterosklerosis dapat menyebabkan masalah serius, termasuk serangan jantung, stroke atau bahkan kematian.

Tetapi kondisi ini sebagian besar dapat dicegah dengan gaya hidup sehat, dan pengobatan dapat membantu mengurangi risiko terjadinya masalah serius.

Pengobatan Aterosklerosis

Saat ini tidak ada pengobatan yang dapat membalikkan aterosklerosis, tetapi perubahan gaya hidup sehat yang disarankan di atas dapat membantu menghentikannya menjadi lebih buruk.

Terkadang perawatan tambahan untuk mengurangi risiko masalah seperti serangan jantung dan stroke juga dapat direkomendasikan, seperti:

  • statin untuk kolesterol tinggi – baca lebih lanjut tentang mengobati kolesterol tinggi.
  • obat untuk tekanan darah tinggi – baca lebih lanjut tentang mengobati tekanan darah tinggi.
  • obat-obatan untuk mengurangi risiko penggumpalan darah – seperti aspirin dosis rendah atau clopidogrel.
  • perubahan pola makan dan pengobatan diabetes – baca lebih lanjut tentang diabetes tipe 1 dan pengobatan diabetes tipe 2.
  • prosedur untuk memperlebar atau memotong arteri yang terkena – seperti angioplasti koroner, cangkok bypass arteri koroner, atau endarterektomi karotis.

Penyebab Aterosklerosis

Penyebab pasti dari aterosklerosis tidak diketahui. Namun, penelitian menunjukkan bahwa aterosklerosis adalah penyakit lambat dan kompleks yang mungkin dimulai pada masa kanak-kanak. Ini berkembang lebih cepat seiring bertambahnya usia.

Aterosklerosis dapat dimulai ketika faktor-faktor tertentu merusak lapisan dalam arteri. Faktor-faktor tersebut antara lain:

Merokok
Jumlah lemak dan kolesterol tertentu yang tinggi dalam darah
Tekanan darah tinggi
Jumlah gula yang tinggi dalam darah karena resistensi insulin atau diabetes
Plak mungkin mulai menumpuk di bagian arteri yang rusak. Seiring waktu, plak mengeras dan mempersempit arteri. Akhirnya, area plak bisa pecah (pecah terbuka).

Ketika ini terjadi, fragmen sel darah yang disebut platelet (PLATE-lets) menempel di lokasi cedera. Mereka mungkin menggumpal untuk membentuk gumpalan darah. Gumpalan semakin mempersempit arteri, membatasi aliran darah kaya oksigen ke tubuh Anda.

Bergantung pada arteri mana yang terpengaruh, pembekuan darah dapat memperburuk angina (nyeri dada) atau menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Diagnosis Aterosklerosis

Dokter Anda akan mendiagnosis aterosklerosis berdasarkan riwayat medis dan keluarga Anda, pemeriksaan fisik, dan hasil tes.

Dokter Spesialis

Jika Anda menderita aterosklerosis, dokter perawatan primer, seperti internis atau praktisi keluarga, dapat menangani perawatan Anda. Dokter Anda mungkin merekomendasikan spesialis perawatan kesehatan lain jika Anda membutuhkan perawatan ahli, seperti:

Seorang ahli jantung. Ini adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam mendiagnosis dan mengobati penyakit dan kondisi jantung. Anda dapat pergi ke ahli jantung jika Anda memiliki penyakit arteri perifer (PAD: peripheral artery disease) atau penyakit mikrovaskular koroner (MVD: microvascular disease).
Seorang spesialis vaskular. Ini adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam mendiagnosis dan mengobati masalah pembuluh darah. Anda dapat pergi ke spesialis vaskular jika Anda menderita P.A.D.
Seorang ahli saraf. Ini adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam mendiagnosis dan mengobati gangguan sistem saraf. Anda mungkin menemui ahli saraf jika Anda mengalami stroke akibat penyakit arteri karotis.
Seorang nephrologist. Ini adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam mendiagnosis dan mengobati penyakit dan kondisi ginjal. Anda bisa pergi ke nephrologist jika Anda memiliki penyakit ginjal kronis.

Ujian Fisik

Selama pemeriksaan fisik, dokter Anda mungkin mendengarkan arteri Anda untuk suara mendesing tidak normal yang disebut bruit (broo-E). Dokter Anda dapat mendengar bunyi bruit saat meletakkan stetoskop di atas arteri yang terkena. Bruit mungkin menunjukkan aliran darah yang buruk karena penumpukan plak.

Dokter Anda juga mungkin memeriksa apakah ada denyut nadi Anda (misalnya, di tungkai atau kaki) lemah atau tidak ada. Denyut nadi yang lemah atau tidak ada bisa menjadi tanda arteri yang tersumbat.

Tes Diagnostik

Dokter Anda mungkin merekomendasikan satu atau lebih tes untuk mendiagnosis aterosklerosis. Tes-tes ini juga dapat membantu dokter Anda mempelajari sejauh mana penyakit Anda dan merencanakan perawatan terbaik.

Tes darah

Tes darah memeriksa kadar lemak, kolesterol, gula, dan protein tertentu dalam darah Anda. Kadar yang tidak normal mungkin merupakan tanda bahwa Anda berisiko terkena aterosklerosis.

EKG (Elektrokardiogram)

EKG adalah tes sederhana tanpa rasa sakit yang mendeteksi dan mencatat aktivitas listrik jantung. Tes tersebut menunjukkan seberapa cepat jantung berdetak dan ritmenya (stabil atau tidak teratur). EKG juga mencatat kekuatan dan waktu sinyal listrik saat melewati jantung.

EKG dapat menunjukkan tanda-tanda kerusakan jantung yang disebabkan oleh PJK. Tes juga dapat menunjukkan tanda-tanda serangan jantung sebelumnya atau saat ini.

Dada X Ray

Rontgen dada mengambil gambar dari organ dan struktur di dalam dada Anda, seperti jantung, paru-paru, dan pembuluh darah. Rontgen dada dapat mengungkapkan tanda-tanda gagal jantung.

Indeks Pergelangan Kaki / Brakialis
Tes ini membandingkan tekanan darah di pergelangan kaki Anda dengan tekanan darah di lengan Anda untuk melihat seberapa baik darah Anda mengalir. Tes ini dapat membantu mendiagnosis P.A.D.

Ekokardiografi

Ekokardiografi (echo) menggunakan gelombang suara untuk membuat gambaran bergerak dari hati Anda. Tes ini memberikan informasi tentang ukuran dan bentuk jantung Anda serta seberapa baik ruang dan katup jantung Anda bekerja.

Echo juga dapat mengidentifikasi area aliran darah yang buruk ke jantung, area otot jantung yang tidak berkontraksi secara normal, dan cedera sebelumnya pada otot jantung yang disebabkan oleh aliran darah yang buruk.

Pemindaian Tomografi Terkomputasi

Pemindaian tomografi terkomputerisasi (CT) membuat gambar jantung, otak, atau area tubuh lainnya yang dihasilkan komputer. Tes dapat menunjukkan pengerasan dan penyempitan arteri besar.

CT scan jantung juga dapat menunjukkan apakah kalsium telah menumpuk di dinding arteri koroner (jantung). Ini mungkin tanda awal penyakit jantung koroner.

Pengujian Stres

Selama pengujian stres, Anda berolahraga untuk membuat jantung Anda bekerja keras dan berdetak kencang saat tes jantung selesai. Jika Anda tidak bisa berolahraga, Anda mungkin diberi obat untuk membuat jantung Anda bekerja keras dan berdetak kencang.

Saat jantung Anda bekerja keras, ia membutuhkan lebih banyak darah dan oksigen. Arteri yang menyempit plak tidak dapat memasok cukup darah kaya oksigen untuk memenuhi kebutuhan jantung Anda.

Tes stres dapat menunjukkan kemungkinan tanda dan gejala penyakit jantung koroner, seperti:

Perubahan abnormal pada detak jantung atau tekanan darah Anda
Sesak napas atau nyeri dada
Perubahan abnormal pada ritme jantung Anda atau aktivitas listrik jantung Anda
Sebagai bagian dari beberapa tes stres, gambar jantung Anda diambil saat Anda berolahraga dan saat Anda istirahat. Tes stres pencitraan ini dapat menunjukkan seberapa baik darah mengalir di berbagai bagian jantung Anda. Mereka juga dapat menunjukkan seberapa baik jantung Anda memompa darah saat berdetak.

Angiografi

Angiografi (an-jee-OG-ra-fee) adalah tes yang menggunakan pewarna dan sinar X khusus untuk menunjukkan bagian dalam arteri Anda. Tes ini dapat menunjukkan apakah plak menyumbat arteri Anda dan seberapa parah penyumbatannya.

Tabung tipis dan fleksibel yang disebut kateter dimasukkan ke dalam pembuluh darah di lengan, selangkangan (paha atas), atau leher Anda. Pewarna yang terlihat pada gambar x-ray disuntikkan melalui kateter ke dalam arteri. Dengan melihat gambar x-ray, dokter Anda dapat melihat aliran darah melalui arteri Anda.

Tes Lainnya

Tes lain sedang dipelajari untuk melihat apakah mereka dapat memberikan gambaran yang lebih baik tentang penumpukan plak di arteri. Contoh tes ini termasuk magnetic resonance imaging (MRI) dan positron emission tomography (PET).


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Penyakit Jantung

Detak Jantung Normal – Berapa Ukuran Denyut Nadi Normal? – Cara Menghitung

Denyut jantung adalah salah satu “tanda vital”, atau indikator penting kesehatan dalam tubuh manusia. Ini mengukur berapa kali per menit bahwa jantung berkontraksi atau berdetak. Berapa seharusnya detak jantung yang normal? Klik disini untuk membaca artikel ini lebih lanjut (akan membuka layar baru tanpa meninggalkan layar ini).

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kesehatan Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Sumber bacaan: NHBLI

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.