Perbedaan Makhluk Hidup Dengan Benda Mati

3 min read

Perbedaan Makhluk Hidup Dengan Benda Mati

Perbedaan Makhluk Hidup Dengan Benda Mati

Benda hidup atau organisme berkembang biak dan menerima rangsangan. Tumbuh dan bergerak bukan kriteria ilmiah untuk membedakan benda hidup dari benda mati.
Tumbuhan dan hewan adalah benda hidup. Benda hidup memerlukan makanan dan minuman.Tanpa makanan dan minuman benda hidup akan mati. Benda hidup bernafas, bergerak dan membiak.
Benda bukan hidup adalah benda yang tidak pernah mengalami proses hidup. Benda bukan hidup tidak memerlukan makanan dan minuman. Benda bukan hidup tidak bernafas, tidak bergerak dan tidak membiak.

 

Ciri-ciri Makhluk Hidup

1. Bernapas dengan oksigen (O2).
2. Bergerak, yaitu makhluk hidup dapat bergerak baik pindah tempat maupun pergerakan dari bagian-bagian tubuhnya.
3. Memiliki sel. Sel adalah satuan terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup. Sel sendiri terdiri dari selaput (membran) plasma, protoplasma, inti sel (nukleus).
4. Melakukan metabolisme, yang meliputi: nutrisi, respirasi, sintesis, dan ekskresi.
5. Mempertahankan jenisnya / hidupnya, seperti regulasi, reproduksi, adaptasi dan evolusi.
6. Tanggap terhadap rangsang / iritabilitas, yaitu makhluk hidup mampu memberikan tanggapan terhadap rangsangan yang diterimanya. Contohnya seperti: panas, cahaya, lembab, tekanan, dan sebagainya, baik melalui kontak eksternal ataupun melalui kontak internal.

 

Perbedaan Makhluk Hidup Dengan Benda Mati

 

Ciri-ciri Benda Mati

1. Benda mati tidak bernapas.
2. Tidak dapat bergerak, kecuali kalau ada pengaruh luar.
2. Tidak mengadakan metabolisme.
3. Tidak mempertahankan jenisnya. Benda mati tidak dapat berlipat ganda. Sebutir batu yang ada di halaman kita, misalnya, tetap akan berupa sebutir batu.
4. Tidak ada tanggapan terhadap rangsang. Benda mati juga mengalami perubahan jika ada pengaruh dari luar, dan perubahan-perubahan itu yang disebut juga sebagai hasil reaksi, dapat diukur secara kuantitatif. Contoh: jika logam dipanasi akan berkembang, dan perkembangannya dapat diukur. Perubahan kuantitatif dapat diperhitungkan berdasarkan jenis dan ukuran logam, serta besarnya pengaruh.
5. Tidak memiliki sel. Benda mati seperti robot tidak memiliki sel. Robot memang mampu melakukan gerakan seperti yang dilakukan makhluk hidup, namun itu bukan karena robot disusun oleh sel, tapi disusun oleh rangkaian kabel, komponen elektronika dan program yang telah terinstal.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

                   

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.