PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

ROA (Return on Asset) | Pengembalian Atas Aset | Contoh Soal dan Jawaban

2 min read

ROA (Return on Asset) | Pengembalian atas aset

ROA (Return on assets) mengacu pada konsep ekonomi yang semakin banyak digunakan oleh para ekonom dan pemimpin bisnis. Ini mengukur rasio laba perusahaan terhadap total aset. Berkat hasil yang diperoleh, analis keuangan dapat memperkirakan tingkat pengembalian aset yang diinvestasikan (dan dengan demikian memverifikasi apakah profitabilitas perusahaan cukup untuk sumber dayanya). Jika pengembalian aset dapat dilakukan secara praktis untuk memastikan kesehatan keuangan perusahaan yang baik, beberapa peringatan tetap harus dipertimbangkan: tidak membedakan antara aset perusahaan yang berbeda dan sedikit memperhitungkan komitmen di luar neraca. Namun ROA tetap menjadi alat yang berharga dan indikator kesehatan yang baik dari aktivitas perusahaan.

Apakah ROA itu?

Tingkat pengembalian aset yang diinvestasikan
ROA digunakan untuk memeriksa profitabilitas perusahaan.
ROA memungkinkan untuk memverifikasi profitabilitas perusahaan.

Rumus ROA

ROA = hasil bersih / total aset

Bagaimana cara menghitung Return On Assets?

Jika Anda ingin tahu di mana mencarinya untuk menentukan Pengembalian Aset perusahaan, di sinilah kami menunjukkan proses yang harus diikuti:

  • Laba Bersih (Net Income): Laba Bersih ditemukan di bagian bawah Laporan Laba Rugi perusahaan, setelah Penghasilan Sebelum Pajak (“hasil saat ini sebelum pajak”) dan pajak. Laba Bersih tidak lain adalah laba yang dihasilkan perusahaan setelah membayar semua pengeluarannya (biaya produksi, OPEX, D&A, Bunga, biaya luar biasa, dan pajak) selama tahun buku.
  • Total Aset: Total Aset ditemukan di sisi aset neraca perusahaan.

Total Aset adalah semua aset bisnis, yaitu aset jangka panjang dan aset lancar.

Perbedaan antara ROCE dan ROA

ROCE (Pengembalian atas modal yang digunakan) berbeda dengan ROA. Ini mengungkapkan profitabilitas modal yang diinvestasikan perusahaan setelah pajak. Modal yang diinvestasikan mencakup jumlah aset tetap dan kebutuhan modal kerja.

Manfaat dan batasan ROA

Alat yang berharga, ROA tetap memiliki beberapa kelemahan:

  • Pertama, menempatkan semua aset pada bidang yang sama, meskipun risikonya seringkali berbeda tergantung pada jenis industri atau sektornya.
  • Kemudian, tidak banyak memperhitungkan komitmen off-balance sheet (penjaminan atau aktivitas pembiayaan yang mungkin tidak dimasukkan ke dalam rekening perusahaan).

Namun, ROA adalah indikator yang berharga. Sangat berguna untuk menempatkannya secara paralel dengan ROE, alat lain untuk menghitung hasil dengan memperhitungkan hutang, tidak seperti ROA:

  • Melihat 2 indikator ini berbeda terkadang merupakan pertanda buruk. Jadi ROE yang tinggi dan ROA yang rendah dapat berarti bahwa keuntungan dihasilkan dari leverage yang tinggi, sedangkan pengembalian aset tidak mencukupi.
  • Beberapa analis percaya bahwa perusahaan dengan ROA dan ROE yang tinggi dalam jangka waktu yang lama dapat dianggap stabil.

Bagaimana menginterpretasikan Return on Asset?

ROA yang baik tergantung pada perusahaan dan industri, tetapi 5% atau lebih tinggi dianggap baik.

ROE yang tinggi dan ROA yang rendah dapat berarti bahwa keuntungan dihasilkan dari tingkat hutang yang tinggi, sedangkan profitabilitas aset tidak mencukupi. Beberapa analis percaya bahwa perusahaan dengan ROA dan ROE yang tinggi dalam jangka waktu yang lama dapat dianggap stabil.

Contoh Soal dan Jawaban

1. PT ABC membukukan pendapatan bersih sebesar $10 juta dalam operasi saat ini, dan memiliki aset senilai $50 juta sesuai dengan neraca, berapa laba atas asetnya?

Jawaban

$10 juta dibagi $50 juta adalah 0,2, oleh karena itu ROA bisnis adalah 20%. Untuk setiap dolar aset yang diinvestasikan perusahaan, ia mengembalikan 20 sen dalam laba bersih per tahun.

2. Bisnis Maria

Laba bersih$ 4 500 000
Biaya hutang$ 102 000
Persentase pajak35%
Total aset$ 630 000

Jawaban:

ROA = 4500000/630000 = 7.14 (itu adalah 714%)

Dan sekarang dengan utang yang disesuaikan:

= (4500000+(102000*(1-35%)))/630000
= 4566300/630000
= 7.25 (soit 725%)

Katakanlah Maria dapat menghasilkan banyak uang dengan sedikit aset.

3. Jika sebuah bisnis mencatat laba bersih, laba bersih adalah komponen kunci tidak hanya dalam laporan laba rugi, tetapi dalam ketiga laporan keuangan dasar. Jika diperoleh melalui laporan laba rugi, laba bersih juga digunakan baik dalam neraca maupun laporan arus kas. dari $ 10 juta dalam operasi saat ini dan memiliki aset senilai $ 50 juta menurut Neraca (Neraca Neraca adalah salah satu dari tiga laporan keuangan mendasar). Pernyataan-pernyataan ini penting untuk pemodelan keuangan dan akuntansi. Neraca menampilkan total aset perusahaan dan bagaimana aset tersebut didanai, baik melalui utang atau ekuitas. Aset = Kewajiban + Ekuitas, berapa pengembalian asetnya?

Jawaban:

$10 juta dibagi $50 juta adalah 0.2, jadi ROA perusahaan adalah 20%. Untuk setiap dolar aset yang diinvestasikan perusahaan, ia menghasilkan laba bersih 20 sen per tahun.

4. Perbandingan dua bisnis. Marie meluncurkan toko kue dengan dekorasi klasik yang berorientasi untuk menawarkan harga murah dan terjangkau. Elodie meluncurkan toko kue dan menawarkan kue-kue kelas atas. Dia melakukan dekorasi interior konseptual karena itu berorientasi untuk pelanggan menengah dan atas. Bisnis yang mana lebih menguntungkan?

Jawaban:

Bisnis MarieBisnis Elodie
Laba bersih650 000€1 620 000€
Total aset1 500 000€5 400 000€
Return On Assets650000/1500000 = 43%1620000/5400000 = 30%

Oleh karena itu, kita dapat melihat bahwa bisnis Marie menghasilkan hasil yang lebih sedikit daripada bisnis Elodie tetapi lebih efisien.

Sumber bacaan: Cleverly SmartInvestopedia, Corporate Finance Institute, Business Insider

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

UU USA Undang-Undang Konstitusi (US Constitution) Legislatif, Eksekutif, Yudikatif

UU USA (US Constitution) / Hukum Tertinggi Negara UU USA atau Konstitusi Amerika Serikat, dengan kata-katanya sendiri, adalah “hukum tertinggi negara”. Diterima pada 17...
PinterPandai
8 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *