Aset Tetap Bersih (Net fixed Assets) – Rumus, Soal, Jawaban

Rumus Aset Tetap Bersih (Net fixed Assets)

Rumus Aset Tetap Bersih (Net fixed Assets):

Aset tetap bersih = Aset tetap bruto – Akumulasi penyusutan

atau

Banyak analis mengambil persamaan “aset tetap bersih” ini selangkah lebih maju dan menghapus kewajiban untuk jumlah bersih seperti ini:

Aset Tetap Bersih = (Total Harga Pembelian Aset Tetap + Perbaikan) – (Akumulasi Penyusutan + Liabilitas Aset Tetap)

Banyak pengusaha tidak memiliki pengetahuan yang jelas tentang nilai aset yang dimiliki perusahaan mereka, yang pada tahap selanjutnya dapat terbukti mahal bagi mereka; karena selalu penting untuk mengetahui nilai perusahaan sehingga keputusan di masa depan dapat diambil dengan baik. Dalam konteks ini, Aktiva Tetap Bersih menjadi sangat penting.

Penjelasan Aset Tetap Bersih

Aktiva tetap bersih adalah penilaian sistem atau standar pengukuran. yang mengukur nilai buku bersih semua aset tetap di neraca pada titik waktu tertentu yang dihitung dengan mengurangkan akumulasi penyusutan dari biaya historis aset.

Anda dapat menganggapnya sebagai harga pembelian semua aset tetap seperti peralatan, bangunan, kendaraan, mesin, dan perbaikan, dikurangi akumulasi penyusutan.

Baca juga 👉 Aset Tetap (Fixed Asset) –  Rasio Perputaran Aset atau Aktiva Tetap – Rumus, Soal, Jawaban

Apa Itu nilai aktiva bersih (NAB) dalam reksa dana?

Saat berinvestasi di reksa dana, Anda pasti sering mendengar istilah Nilai Aktiva Bersih (NAB). NAB pada dasarnya adalah nilai aset suatu reksa dana dikurangi nilai kewajiban (liability) dibagi dengan jumlah unit reksa dana. Dengan kata lain, NAB adalah nilai bersih setiap unit reksa dana. Ketika kamu ingin membeli unit reksa dana, harga yang harus dibayar untuk setiap unit adalah NAB. Jadi, kamu harus memiliki pemahaman yang baik tentang apa itu NAB.

Sebelum kita membahas NAB, mari kita ketahui dari mana skema reksa dana berasal. Awalnya, perusahaan aset manajemen meluncurkan penawaran dana baru atau yang disebut New Fund Offering (NFO). Dana baru ini memiliki tujuan investasi dalam instrumen tertentu – seperti ekuitas, utang, saham kapitalisasi besar atau kecil, saham sektoral – tergantung pada rencana investasi. Perusahaan aset manajemen lalu memasarkan dana tersebut, mengundang investor untuk berinvestasi. Kemudian, setelah perusahaan mengumpulkan dana dari para investor, dana tersebut digunakan untuk diinvestasikan sesuai dengan tujuan investasi.

Lalu, bagaimana angka NAB muncul? Setelah dana yang dikumpulkan diinvestasikan ke dalam, katakanlah, saham, NAB skema reksa dana akan muncul. NAB adalah harga pasar saham pada skema reksa dana dikurangi biaya administrasi (rasio pengeluaran). Karena harga saham mengalami perubahan setiap saat, NAB reksa juga ikut berubah. Kemudian, investor dapat mengukur keuntungan atau kerugian investasi dengan membandingkan NAB reksa dana saat ini dengan NAB awal ketika membeli unit reksa dana.

Sebagai contoh, katakanlah Anda berinvestasi pada sebuah unit reksa dana sebesar Rp.100.000,00 (NAB). Kemudian dalam jangka waktu enam bulan, unit reksa dana Anda meningkat ke angka Rp. 120.000,00. Ini berarti, reksa dana Anda mengalami peningkatan sebanyak 20 persen pada periode tersebut.

Baca juga 👉 SAK – Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia (GAAP Indonesia) – Jenis, PSAK dan ISAK yang berlaku & SAK Syariah

Bagaimana Cara Mudah Untuk Menganalisa Pendapatan?

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apa itu NAB, sebab NAB dapat digunakan sebagai tolak ukur pendapatan investasi. Dengan menggunakan NAB, Anda dapat melacak pendapatan setiap hari, bulanan atau setiap tiga bulan. Para pakar investasi merekomendasikan agar investor memeriksa NAB di setiap triwulan untuk benar-benar mengetahui kinerja reksa dana. Waktu lain yang tepat untuk memeriksa NAB adalah ketika ada peristiwa besar, seperti kenaikan di pasar saham, market crash, atau perubahan suku bunga.


Contoh Soal dan Jawaban Aset Tetap Bersih (Net fixed Assets)

1. Sebagai contoh, anda memiliki dana sebesar Rp5.000.000 untuk diinvestasikan pada Reksa Dana A yang memiliki NAB/UP sebesar Rp3.000. Maka, jumlah unit penyertaan yang akan anda dapatkan adalah sebagai berikut: Rp5.000.000 / Rp3.000 = 1.666,67 unit

Setelah jangka waktu tertentu, Anda dapat menjual kembali jumlah unit penyertaan tersebut atau menukarnya (mengalihkannya) dengan produk Reksa Dana lain. Seandainya setelah satu tahun anda berniat menjual kembali unit penyertaan Reksa Dana anda, dan NAB/UPnya pada saat itu adalah Rp4.500, hitung keuntungan Anda!

Jawaban:

Maka anda dapat menghitung keuntungan anda sebagai berikut:

Rp4.500 x 1.666,67 unit = Rp7.500.015
Keuntungan —> Rp7.500.015 – Rp5.000.000 = Rp2.500.015

2. Mexico Telecomm Company (MTC) ingin memperluas operasinya di wilayah baru yang saat ini ditempati oleh pesaing, Small Telephone. Daripada bersaing dengan perusahaan lain, MTC mencoba untuk menentukan apakah harus membeli Small Telephone atau tidak.

Karena industri utilitas sangat bergantung pada aset tetap dan peralatan, MTC tertarik dengan kondisi aset Small Telephone. Jika aset ini dalam kondisi baik, MTC tidak perlu membeli semua peralatan baru untuk memperbaiki wilayah baru.

Melihat neraca Small Telephone’s, MTC mencatat item baris berikut:
Total aset tetap: $ 2.000.000
Perbaikan leasehold: $ 800.000
Akumulasi penyusutan: $ 300.000
Total kewajiban atas aset tetap: $ 400.000
Berdasarkan informasi yang tersedia ini, hitung aktiva tetap bersih menggunakan rumus di atas dan ubah menjadi rasio aset tetap bersih!

Jawaban:

Persamaan Aktiva Tetap Bersih:

Aktiva tetap bersih = ($ 2.000.000 + $ 800.000) – ($ 300.000 + $ 400.000) = $ 2.100.000

Kita dapat mengambil langkah lebih jauh dan mengubahnya menjadi rasio seperti ini:

Rasio aktiva tetap bersih = $ 2,100,000 / $ 2,800,000 = 0,75 (atau 75%)

Metrik dan rasio ini menunjukkan kepada kita bahwa Small Telephone hanya mendepresiasi asetnya 25% dari biaya aslinya. Ini biasanya berarti bahwa aset tersebut tidak tua dan harus memiliki banyak kegunaan tersisa di dalamnya.

****

Anda berinvestasi sebesar Rp1.000.000 di sebuah reksa dana saham dengan NAB awal senilai Rp1.000 per Unit Penyertaan. Maka, jumlah unit yang Anda miliki bisa ditetapkan setelah dana Rp10.000.000,- tersebut dikurangi fee (biaya) yang ditetapkan oleh Manajer Investasi (MI) bersangkutan, lalu dibagi dengan NAB awal.

Sebagai contoh jika biaya MI sebesar 0,1%, maka nilai investasi bersih Anda adalah Rp9.990.000 (setelah dikurangi biaya MI Rp10.000,-). Dibagi dengan NAB awal senilai Rp1.000,- per Unit Penyertaan, maka unit yang Anda miliki adalah sebanyak 9.990 unit.

Setelah beberapa lama, NAB reksa dana Anda akan berubah karena berbagai faktor yang telah dijelaskan sebelumnya menjadi Rp1.100,- per Unit Penyertaan yang bisa diartikan bahwa dana investasi bertumbuh sebesar 10%.

Seandainya Anda ingin menjual unit pada periode ini, maka penghitungan dananya adalah jumlah unit yang dimiliki dikalikan dengan NAB/UP saat itu yaitu: 9.990 unit x Rp1.100,- = Rp10.989.000,-.

Namun, total harga penjualan ini masih harus dikurangi dengan biaya penjualan (jika diberlakukan). Sebagai contoh jika biaya penjualan sebesar 0.15%, maka nilai bersih dari hasil penjualan unit reksa dana adalah Rp10.972.516,5.


Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Wall Street Mojo, My Accounting Course

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-10-10T04:30:59+07:00 Oktober 9th, 2020|Akuntansi|0 Comments

Leave A Comment