Sejarah Singkat Rokok Sampoerna, Sejak Tahun 1913, Liem Seen Tee

2 min read

Sejarah Rokok Sampoerna

Sejarah Sampoerna

Sejarah Rokok Sampoerna dimulai pada tahun 1913, Liem Seeng Tee, seorang imigran asal Cina, mulai membuat dan menjual rokok kretek linting tangan di rumahnya di Surabaya, Indonesia.

Rokok

Perusahaan rokok kecilnya tersebut merupakan salah satu perusahaan pertama yang memproduksi dan memasarkan rokok kretek maupun rokok putih.

 

Logo Sampoerna

Bertuliskan dari bahasa sansekerta “Anggarda Paramita” yang berarti “Menuju Kesempurnaan”.  Di bagian atasnya terdapat 9 bintang.
MITOS ANGKA 9 BAGI LIEM SEENG TEE. Kenapa 9? Dikarenakan Liem Seeng Tee orang China dengan menganut kepercayaan bahwa angka 9 itu adalah angka keberuntungan sehingga dapat dilihat dari jumlah bintang dalam simbol.

Sejarah Rokok Sampoerna

 

Tahun 1930-an

Popularitas rokok kretek tumbuh dengan pesat. Pada awal 1930-an, Liem Seeng Tee mengganti nama keluarga sekaligus nama perusahaannya menjadi Sampoerna, yang berarti ”kesempurnaan”. Setelah usahanya berkembang cukup mapan, Liem Seeng Tee memindahkan tempat tinggal keluarga dan pabriknya ke sebuah kompleks bangunan yang terbengkalai di Surabaya yang kemudian direnovasi olehnya.


Putera Sampoerna – Generasi Ke-3

Generasi ketiga keluarga Sampoerna, Putera Sampoerna, mengambil alih kemudi perusahaan pada tahun 1978. Di bawah kendalinya, Sampoerna berkembang pesat dan menjadi perseroan publik pada tahun 1990 dengan struktur usaha modern, dan memulai masa investasi dan ekspansi. Selanjutnya Sampoerna berhasil memperkuat posisinya sebagai salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia.


Philippe Morris

Keberhasilan Sampoerna menarik perhatian Philip Morris International Inc. (“PMI”), salah satu perusahaan rokok terkemuka di dunia. Akhirnya pada bulan Mei 2005, PT Philip Morris Indonesia, afiliasi dari PMI, mengakuisisi kepemilikan mayoritas atas Sampoerna.


Bacaan Lainnya


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber: Sampoerna, Philip Morris International Inc.

       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya