Star Wars Film Fiksi Ilmiah – Tema, Saga, Daftar Film

Star Wars

Adalah seri film epik, fiksi ilmiah (science fiction), opera antariksa Amerika Serikat. Dalam bahasa Indonesia, Star Wars berarti perang bintang. Cerita tentang Star Wars ini berlokasi di luar angkasa dan menggunakan motif-motif cerita arketip yang biasa dijumpai baik dalam cerita fiksi ilmiah (science fiction) maupun mitologi klasik. Star Wars adalah sebuah contoh bagus “opera antariksa” dan merupakan sebuah sub-genre fiksi ilmiah.

Star Wars merupakan seri yang unik, karena timelinenya tidak sesuai dengan urutan perilisan film.

 

Darth Vader

Darth Vader sebenarnya adalah Anakin Skywalker yang terhasut bujukan Palpatine/Darth Sidious untuk masuk ke dalam Dark Side. Sebagian besar badan Darth Vader adalah mesin karena sebelumnya Anakin terjatuh ke dalam lava ketika melawan Obi Wan Kenobi, karena itu untuk dapat membuatnya bertahan hidup, organ-organ tubuhnya yang rusak diganti dengan mesin. Dia juga salah satu pendiri Galactic Empire. Darth Vader meninggal pada akhir Episode VI, ketika beberapa saat setelah dia terkena Force Lightning Darth Sidious untuk menyelamatkan anaknya, dia memutuskan untuk membuka topengnya yang berarti akan membuatnya meninggal untuk melihat anaknya, Luke Skywalker, dengan matanya sendiri. Sumber foto: Pixabay

 

Tema Film Star Wars

Tema utama dalam Star Wars adalah sebuah perjuangan semesta yang bersifat abadi antara kebajikan dan kejahatan. Tema ini digambarkan sebagai sebuah keseimbangan antara mereka yang menggunakan kekuatan utama yang disebut “The Force” secara jahat atau baik.

Seri film ini berputar pada keluarga Skywalker yang telah diramal akan mengembalikan keseimbangan pada “The Force”. Akhirnya keseimbangan ini dilakukan oleh Luke Skywalker, anak Anakin Skywalker dan Padme Amidala.

 

Lightsaber biru

Lightsaber pedang laser biru.

 

3 Bagian Star Wars Saga

1. Original Trilogi

  • Episode IV: A New Hope (1977)
  • Episode V: The Empire Strikes Back (1980)
  • Episode VI: Return of the Jedi (1983)

2. Prequel Trilogi

Trilog ini menceritakan Anakin dari kecil, bertemu dengan Padme Amidala, serta gurunya Obi Wan-Kenobi dan juga Qui Gon Jin.

  • Episode I: The Phantom Menace (1999)
  • Episode II: Attack of the Clones (2002)
  • Episode III: Revenge of the Sith (2005)

3. Sequel Trilogi

Mengambil setting seekitar 30 tahun setelah kejadian di episode VI.

  • Episode VI: Return of the Jedi (1983)
  • Episode VII: The last Jedi (2017)
  • Episode IX: (2019)

 

Daftar film Star Wars

Star Wars Episode I: The Phantom Menace (1999)
Star Wars Episode II: Attack of the Clones (2002)
Star Wars Episode III: Revenge of the Sith (2005)
Star Wars Episode IV: A New Hope (1977)
Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back (1980)
Star Wars Episode VI: Return of the Jedi (1983)
The Clone Wars (2008)
The Force Awaken (2015)
Star Wars Episode VIII: The last Jedi (2017)
Star Wars Episode IX: (2019)

 

Star wars

 

Star Wars: Episode I – The Phantom Manace (1999)

Pertikaian dagang mengawal segalanya. Ada masalah pajak dan juga blokade dagang. Terdengar seperti pelajaran sekolah? Awalnya, dua ksatria Jedi Qui-Gon Jin (Liam Neeson) dan muridnya, Obi-Wan Kenobi (Ewan McGregor) menyusup blokade yang dilakukan Trade Federation pada planet Naboo. Keduanya diburu pasukan Federasi dan bertemu Jar Jar Binks, yang menjadi punakawan mereka, serta Ratu Padme Amidala (Natalie Portman) dari planet Naboo.

Sementara itu, ada pula kisah soal Anakin Skywalker kecil (diperani Jake Lloyd) ditemukan Qui-Gon Jin. Ia dibawa dari Planet Tatooine nan gersang untuk dilatih jadi kesatria Jedi. Di sini, Anakin juga bertemu Amidala. Anakin terpesona pada ratu jelita itu.

 

Star Wars: Episode II – Attack of the Clones (2002)

Anakin (Hayden Christensen) sudah jadi kesatria Jedi, dilatih murid Qui-Jon, Obi-Wan Kenobi (Ewan McGregor). Namun, sebagai Jedi, Anakin yang tak semestinya jatuh cinta malah menjalin kasih dengan Padme. Obi-Wan mendapati sebuah rencana jahat, tentara clone sedang disiapkan. Anakin tak bisa menyelamatkan ibunya. Ia membalas dendam. Sisi gelapnya mulai bangkit.

Di ujung cerita Anakin dan Padme menikah diam-diam cuma disaksikan robot R2-D2 dan C-3PO.

 

Star Wars: Episode III – Revenge of the Sith (2005)

Padme hamil. Namun, Anakin kerap dihantui kalau Padme bakal meninggal saat melahirkan. Kanselir Palpatine (Ian McDiarmid) yang ternyata Darth Sidious, pemimpin kelompok Sith yang jahat, berhasil merayu Anakin jadi jahat. Anakin membunuhi Jedi lain. Ia bertarung melawan Obi-Wan Kenobi di gunung berapi. Anakin kalah. Tubuhnya hancur, namun ia tak tewas.

Padme akhirnya meninggal saat melahirkan. Bayi kembar yang baru dilahirkannya, Luke dan Leia dipelihara terpisah biar tak diburu Kekaisaran Galactic Empire, pengganti Republic, pimpinan Darth Sidious dan muridnya, Anakin yang sudah berwujud Darth Vader.

 

Star Wars: Episode IV – A New Hope (1977)

Leia (Carrie Fisher) yang sudah tumbuh dewasa memimpin pemberontakan. Ia diburu Darth Vader karena mencuri rancangan Death Star, senjata pemusnah planet. R2-D2 dan C-3PO yang dikirim ke Tatooine bertemu Obi-Wan Kenobi (Alec Guiness).

Ia mengajak Luke (Mark Hamill) yang sudah dewasa dan penyulundup pemilik pesawat Millennium Falcon, Han Solo (Harrison Ford) memerangi Republik. Dalam sebuah pertarungan, Darth Vader membunuh Obi-Wan.

 

Star Wars: Episode V – The Empire Strikes Back (1980)

Kekaisaran Galactic Empire menyerang basis pemberontak di planet es. Atas pesan arwah Obi-Wan, Luke mendatangi Yoda, kesatria Jedi berumur 800 tahun di Planet rawa Dagobah buat dilatih jadi Jedi. Setelah merasa siap, ia bertarung dengan Darth Vader.

Saat bertarung, Vader membuat pengakuan mengejutkan, “Luke, aku ayahmu,” kata Vader. Di lain pihak, Han Solo dibekukan.

 

Star Wars: Episode VI – Return of the Jedi (1983)

Luke menyelamatkan Leia dan Han Solo yang ditawan Jabba the Hutt. Lalu, peperangan terakhir pemberontak melawan Kekaisaran Galactic Empire dimulai. Luke menemui takdirnya bertarung dengan ayahnya, Darth Vader. Di menit terakhir, Vader kembali ke kebaikan.

Ia membunuh Darth Sidious. Kekaisaran Galactic Empire runtuh. Para makhluk imut berbulu, Ewok berdansa. Kita melihat arwah para Jedi: Yoda, Obi-Wan, dan Anakin tersenyum pada Luke.

 

Star Wars: Episode VII – The Force Awakens (2015)

Sudah 30 tahun berlalu. First Order menjadi penerus kekaisaran Galactic yang lalim. Pihak baik diwakili kaum pemberontak Resistence. Luke Skywalker hilang. Ia lebih dianggap mitos daripada kenyataan. Kylo Ren (Adam Driver), pengagum Darth Vader memburunya. Potongan terakhir peta menuju keberadaannya tersembunyi berhasil diraih pilot pemberontak, Poe Domeron (Oscar Isaac) yang lalu menyembunyikannya ke droid BB 8.

Droid tersebut ditemukan Rey (Daisy Ridley), seorang gadis tangguh sang penjual besi bekas pesawat di planet gersang Jakku. Ia bertemu pula dengan Finn (John Boyega), bekas serdadu Stormtrooper yang memilih ke sisi baik.

Rey & John menggunakan pesawat Millennium Falcon untuk menghindari kejaran pesawat musuh. Keduanya lalu bertemu pemilik asli Millennium Falcon, Han Solo. Mereka lalu bergabung dengan pimpinan pemberontak, Leia yang kini bergelar jenderal. Mereka lalu melaksanakan misi terakhir, menyelamatkan galaksi dari Starkiller Base alias penghancur planet yang besarnya tak terkira dibanding Death Star.

 

Star Wars: Episode VIII – The Last Jedi (2017)

Ditulis dan disutradarai oleh Rian Johnson, The Last Jedi menggambarkan perlawanan kelompok Resistance melawan Supreme Leader Snoke yang mencoba menguasai galaksi.

Rey (Daisy Ridley) akhirnya berhasil menemukan ksatria legendaris Jedi, Luke Skywalker (Mark Hamill) di sebuah pulau dengan aura magis. Para pahlawan dari The Force Awakens diantaranya Leia, Finn dan Poe bergabung dengan sang legenda dalam sebuah petualangan epik, yang membuka misteri kuno The Force dimasa lalu yang mengejutkan.

 

Jedi Knights

Jedi karakter Qui-Gon Jinn (Liam Neeson) dan Obi-Wan Kenobi (Ewan McGregor) dalam film 1999 Star Wars: Episode I – The Phantom Menace. Sumber foto: Wikipedia

 

Star Wars: Episode VIII – The Last Jedi (2019)

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: WikipediaStarwars.com

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-04-29T13:14:32+07:00 Desember 13th, 2017|Lainnya|2 Comments

2 Comments

  1. Antony 13/12/2017 at 6:14 pm - Reply

    Iya nih, jadi ingin nonton The Last Jedi ⚡️

    • Pinter Pandai 13/12/2017 at 6:21 pm - Reply

      Iya Antony, film “The Last Jedi” resmi tayang di bioskop di Indonesia mulai Rabu (13/12/17).
      Selamat menonton 🙂 👍

Leave A Comment