fbpx

Mengapa Suhu Udara Lebih Dingin Saat Ketinggian Tempat Meningkat?

Suhu Udara

Semakin tinggi ketinggian disuatu tempat, suhu udaranya menjadi lebih dingin. Itu dikarenakan mendekati matahari. Paradoks ini sebenarnya terkait dengan fenomena fisika: udara yang tipis di ketinggian, tetap para pendaki pada khususnya untuk lebih sulit bernapas.

 

Udara

Mengapa Suhu Udara Lebih Dingin Saat Ketinggian Tempat Meningkat? Udara tidak tampak mata, tidak berbau & tidak ada rasanya. Kehadiran udara hanya dapat dilihat dari adanya angin yang menggerakan benda. Udara termasuk salah satu jenis sumber daya alam karena memiliki banyak fungsi bagi makhluk hidup.

Berat Udara

Udara juga memiliki berat & ber-kecenderungan untuk menekan udara di bawahnya. Akibatnya lokasi yang lebih rendah memiliki kerapatan molekul udara yang lebih tinggi. Intinya, molekul udara di dataran rendah menjadi lebih padat, sedangkan di dataran tinggi jadi lebih renggang.

Singkatnya, udara yang dimuat menjadi panas di permukaan tanah secara bertahap akan kehilangan densitasnya karena tekanan atmosfer berkurang dengan ketinggian. Dengan kata lain, tekanan udara makin kecil, energi kinetis makin kecil, gesekan antar molekul udara makin berkurang & suhunya juga semakin kecil.

 

Fakta Suhu Udara Lebih Dingin

Penurunan merkuri 1 °C setiap kali Anda naik sekitar seratus meter.
Misalnya, puncak Gunung Everest dengan 8.800 meter ketinggian, suhu rata-ratanya adalah -36 ° C, sehingga sampai dengan puncaknya suhu mencapai -60 °C.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


 

By | 2018-05-05T08:51:50+00:00 Desember 31st, 2016|IPA|0 Comments

Leave A Comment