PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tabut Perjanjian | Asal-usul Alkitab yang Menarik dengan Makna Mistik

5 min read

Tabut perjanjian ark of the covenant

Tabut Perjanjian: Artefak Alkitab yang Menarik dengan Makna Mistik

Tabut Perjanjian adalah sebuah peti yang menurut Alkitab berisi Tabel Hukum (Sepuluh Perintah Allah) yang diberikan kepada Musa di Gunung Sinai.

Peti kayu lonjong atau wadah ini dilapisi emas, dipuja sebagai kediaman Yahweh (dewa atau Tuhan) di bumi. Itu diatapi oleh tutup pendamaian dan dua kerub, melambangkan signifikansinya sebagai tahta ilahi. Bertempat di ruang maha kudus di dalam Kuil Sulaiman, Tabut ini menjadi pusat tempat ibadah dan kepentingan spiritual.

10 Perintah Allah Protestan | The Ten Commandments (Bahasa Indonesia & Inggris)

Tabut (peti) Perjanjian memegang tempat yang mendalam dalam sejarah agama, memikat para sarjana, teolog, dan petualang dengan mistik dan signifikansinya. Disebutkan secara menonjol dalam Alkitab Ibrani, khususnya dalam Kitab Keluaran (Exodus), artefak legendaris ini diyakini telah dibuat dengan cermat di bawah bimbingan ilahi Musa.

10 Perintah Allah Katolik | The Ten Commandments (Bahasa Indonesia & Inggris)

Cathédrale d'Auch 20
Relief of an altar in the cathedral of Auch (France), representing the transport of the Ark of the Covenant. Vassil, Public domain, via Wikimedia Commons

Asal Usul dan Deskripsi Menurut Tradisi

Tabut Perjanjian, seperti yang dijelaskan dalam catatan alkitab, adalah peti suci dan hiasan yang dibangun oleh Musa dan orang Israel. Itu berfungsi sebagai bejana fisik untuk menyimpan loh batu bertuliskan Sepuluh Perintah, yang diberikan kepada Musa di Gunung Sinai. Tabut itu terbuat dari kayu akasia, bahan yang tahan lama dan berharga, dan dilapisi emas baik di dalam maupun di luar. Itu menampilkan tutup yang dikenal sebagai tutup pendamaian, yang dihiasi dengan dua kerub saling berhadapan, sayap mereka terentang.

Tabut Perjanjian akan digunakan untuk mengumpulkan Tabel Hukum yang dipercayakan kepada Musa di Gunung Sinai. Simbol kehadiran Tuhan di antara umat-Nya, dia akan banyak bepergian, terutama selama perjalanan orang-orang Yahudi di Mesir, sebelum dibawa ke Yerusalem oleh Raja Daud. Itu akan disimpan di Tempat Mahakudus di kuil Yerusalem dan tidak ada sumber, termasuk Alkitab, yang menyebutkannya setelah itu. Hancur dalam perang atau gempa bumi, tergerak untuk perlindungan? Tidak ada yang tahu.

Penghargaan apa yang harus diberikan kepada mitos ini yang mengklaim menjadikan Etiopia sebagai penjaga peninggalan Yudaisme yang paling suci dan bahkan dari tiga monoteisme?

Klaim ini dibenarkan oleh penduduk asli dengan manuskrip abad ke-13, Kebra Nagast, yang menceritakan bahwa kerajaan Sheba adalah Etiopia dan bahwa selama kunjungannya ke Sulaiman sang ratu hamil. Sekembalinya ke Ethiopia lahirlah Menelik, “anak orang bijak”, yang akan kembali ke ayahnya dari mana dia akan membawa kembali Tabut Perjanjian.

Kitab Keluaran (Exodus) Pasal 1-40

Simbol Perlindungan Ilahi (Kekuatan Mistik)

Tabut Perjanjian memiliki arti penting sebagai simbol perlindungan ilahi dan kekuatan mistik dalam berbagai tradisi keagamaan. Berikut adalah beberapa poin kunci untuk memahami kepentingan simbolisnya:

Kehadiran Ilahi

Tabut diyakini sebagai tempat tinggal kehadiran Tuhan di antara orang Israel. Itu mewakili hubungan nyata antara alam duniawi dan alam ilahi. Kursi pendamaian, dengan kerub di atasnya, menandakan tahta Tuhan dan berfungsi sebagai titik fokus untuk ibadah dan komunikasi dengan yang ilahi.

Kekuatan Spiritual

Tabut dikaitkan dengan kekuatan dan tindakan ajaib. Itu diyakini memiliki kemampuan untuk melakukan campur tangan dan perlindungan ilahi. Orang Israel membawa Tabut itu selama perjalanan mereka, dan Tabut itu dikatakan memimpin dan membimbing mereka di saat perang dan kesulitan.

Tabut juga dikaitkan dengan peristiwa ajaib. Misalnya, ketika Tabut dibawa ke kota Yerikho selama penaklukan Israel atas Kanaan, tembok kota secara ajaib runtuh, memungkinkan orang Israel merebut kota itu. Peristiwa ini, seperti yang dijelaskan dalam Kitab Yosua, menyoroti kepercayaan pada kekuatan supernatural Tabut dan kemampuannya untuk mewujudkan peristiwa luar biasa.

Pengingat Perjanjian

Tabut berfungsi sebagai pengingat visual tentang perjanjian antara Allah dan bangsa Israel. Itu memegang loh batu bertuliskan Sepuluh Perintah, yang mewakili hukum dan prinsip ilahi yang diharapkan untuk dijunjung oleh orang-orang. Kehadiran Tabut menekankan pentingnya kepatuhan dan kepatuhan terhadap perjanjian.

Signifikansi Ritual

Tabut memainkan peran sentral dalam ritual dan upacara keagamaan. Itu dibawa dalam prosesi selama acara-acara khusus, dan kehadirannya diyakini menyucikan dan memberkati orang-orang dan benda-benda suci yang terkait dengannya. Kehadiran Tabut selama festival dan pertemuan keagamaan menambah rasa hormat dan kagum.

Perisai Pelindung

Tabut dianggap sebagai sumber perlindungan ilahi terhadap musuh dan bencana. Diyakini bahwa selama Tabut itu bersama orang Israel, mereka akan dilindungi dari bahaya. Kisah-kisah dalam Alkitab menggambarkan contoh-contoh di mana Tabut diyakini membawa kemenangan dalam pertempuran dan menangkal bahaya.

Energi Spiritual

Tabut dianggap memancarkan energi spiritual atau kekuatan ilahi. Itu dianggap suci dan diperlakukan dengan sangat hormat dan hormat. Menyentuh atau salah menangani Tabut diyakini memiliki konsekuensi yang parah, karena hal itu mewakili interaksi langsung dengan alam dewa.

Secara keseluruhan, Tabut Perjanjian melambangkan kehadiran, perlindungan, dan kuasa Tuhan. Itu mewakili perjanjian suci antara yang ilahi dan manusia, berfungsi sebagai pengingat nyata akan iman, kepatuhan, dan bimbingan ilahi. Aura mistisnya dan keyakinan akan kemampuannya yang luar biasa telah membuatnya menjadi daya tarik dan intrik selama beberapa generasi.

Sejarah Penghilangannya

Nasib historis Tabut Perjanjian adalah subjek spekulasi dan misteri. Menurut catatan alkitab, Tabut itu disimpan di Ruang Mahakudus, ruang terdalam Kuil Sulaiman di Yerusalem. Namun, dengan penghancuran Kuil oleh Babilonia pada tahun 586 SM, keberadaan Tabut menjadi tidak diketahui. Satu teori menyatakan bahwa Tabut itu diambil oleh orang Babilonia sebagai rampasan perang, sementara yang lain menyatakan bahwa Tabut itu disembunyikan atau dipindahkan oleh orang Israel yang setia untuk mencegah penodaan.

Pada abad-abad berikutnya, berbagai legenda dan tradisi muncul mengenai kemungkinan lokasi Tabut. Misalnya, orang Kristen Ortodoks Ethiopia mengklaim memiliki Tabut, menyimpannya di Gereja St. Mary of Zion di Axum. Namun, klaim ini tidak dibuktikan dan tetap menjadi bahan perdebatan di antara para sarjana.

Hilangnya Tabut Perjanjian secara historis telah memesona para peneliti, penjelajah, dan peminat agama. Banyak yang telah melakukan pencarian dan ekspedisi untuk mengungkap nasibnya dan menemukan kembali artefak ikonik ini. Terlepas dari kurangnya bukti nyata, misteri abadi seputar Tabut terus memikat imajinasi dan tetap menjadi elemen penting sejarah alkitabiah dan cerita rakyat agama.

Arti Penting Tabut Perjanjian dalam Berbagai Agama

Tabut Perjanjian memegang makna mendalam dalam banyak tradisi keagamaan di seluruh dunia. Artefak suci ini dipuja karena simbolisme dan kepentingan spiritualnya. Dalam artikel ini, kami mengeksplorasi pentingnya Tabut Perjanjian dalam berbagai agama, menyoroti perannya sebagai simbol kehadiran ilahi, perjanjian, dan pengabdian spiritual.

Agama Yahudi

  • Dalam Yudaisme, Tabut Perjanjian dianggap sebagai benda paling suci, melambangkan perjanjian antara Tuhan dan bangsa Israel.
  • Itu menampung loh batu bertuliskan Sepuluh Perintah, melambangkan prinsip moral dan etika yang memandu kehidupan orang Yahudi.
  • Tabut itu ditempatkan di Ruang Mahakudus di dalam tabernakel dan kemudian di bagian dalam bait suci di Yerusalem.

Kekristenan

  • Tabut Perjanjian memiliki arti penting dalam teologi Kristen, di mana hal itu dilihat sebagai
  • bayangan dari Perjanjian Baru melalui Yesus Kristus.
  • Itu melambangkan kehadiran Tuhan dan penggenapan-Nya atas nubuatan Perjanjian Lama.
  • Dalam beberapa tradisi Kristen, Maria, ibu Yesus, disebut sebagai “Tabut Perjanjian Baru” karena perannya dalam mengandung Putra Allah.

Gereja Ortodoks Ethiopia

  • Di Gereja Ortodoks Ethiopia, Tabut Perjanjian dipercaya disimpan di Gereja St. Mary of Zion di Axum, Ethiopia.
  • Itu dianggap sebagai peninggalan agama yang paling penting, dan akses ke sana sangat terbatas hanya untuk beberapa anggota klerus terpilih.
  • Tabut dianggap sebagai simbol yang kuat dari perjanjian antara Tuhan dan orang-orang Etiopia.

Agama lain

  • Tabut Perjanjian disebutkan dalam kitab suci Islam dan Baha’i, di mana ia memiliki arti penting sebagai simbol bimbingan dan wahyu ilahi.
  • Dalam beberapa agama Afrika dan Afro-Karibia, unsur-unsur simbolisme dan kisah Tabut dimasukkan ke dalam praktik dan ritual spiritual mereka.

P1000484 Paris Ier Eglise Saint-Roch Chapelle Adoration Arche d'alliance reductwk
Tabut Perjanjian di Kapel Adorasi (Gereja Saint-Roch, Paris 1st district – France). Mbzt, CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

Di mana Tabut Perjanjian ini sekarang berada?

Lokasi Tabut Perjanjian saat ini masih belum pasti dan spekulatif.

Saat ini, itu akan disimpan di “Kapel Tabut Perjanjian”, yang terletak di kandang yang terpisah dari gereja Sainte-Marie-de-Sion, di bawah perlindungan wali yang ditunjuk seumur hidup oleh pendahulunya, yang merupakan hanya satu yang diizinkan untuk melihatnya dan yang tidak pernah meninggalkan kandang.

Kesimpulan

Tabut Perjanjian membawa makna yang sangat besar dalam berbagai tradisi keagamaan. Sebagai simbol kehadiran ilahi, perjanjian, dan pengabdian spiritual, itu mewakili hubungan yang mendalam antara manusia dan yang ilahi dalam konteks budaya yang berbeda. Penghormatan dan kepentingan yang dikaitkan dengan Tabut berfungsi sebagai bukti warisan abadi dan kemampuannya untuk menginspirasi iman dan pengabdian di antara orang-orang percaya di berbagai agama.

Ark of the Covenant church in Axum Ethiopia
The Chapel of the Tablet at the Church of Our Lady Mary of Zion in Axum allegedly houses the original Ark of the Covenant. Adam Cohn, CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

Menurut catatan alkitab, Tabut terakhir disebutkan sehubungan dengan pembangunan Kuil Sulaiman di Yerusalem. Namun, setelah penaklukan Babilonia atas Yerusalem pada tahun 586 SM, keberadaan Tabut tidak diketahui.

Ada beberapa teori dan legenda mengenai nasib Tabut. Beberapa menyarankan bahwa itu disembunyikan atau dibawa pergi untuk diamankan sebelum penghancuran Kuil, mungkin di ruang rahasia atau lokasi terpencil. Yang lain percaya bahwa itu dihancurkan atau hilang selama invasi Babilonia.

Selama berabad-abad, berbagai klaim telah dibuat tentang penemuan Tabut, tetapi tidak ada yang terbukti. Ada legenda dan teori yang mengaitkan Tabut dengan lokasi yang berbeda, termasuk Etiopia, Mesir, dan bahkan ruang tersembunyi di bawah Temple Mount di Yerusalem. Namun, klaim ini tidak memiliki bukti nyata.

Penting untuk dicatat bahwa pencarian Tabut Perjanjian terus memikat imajinasi banyak orang, tetapi keberadaannya yang sebenarnya masih belum diketahui. Hilangnya Tabut secara historis menambah misterinya dan terus memicu spekulasi dan eksplorasi di kalangan arkeologi dan agama.

Sumber bacaan: CleverlySmart, HistoryHit, National Geographic, Ancient Origins

Sumber foto: James Tissot, Public domain, via Wikimedia Commons.

Deskripsi foto: Musa dan Yosua membungkuk di depan Tabut (c. 1900) oleh James Tissot.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Doa Islam untuk Seseorang yang Ingin Hamil

Dalam doa Islam untuk seseorang yang Ingin hamil adalah sarana untuk memohon kepada Allah SWT, memohon anugerah keberkahan, dan diberikan keturunan yang dikaruniai-Nya. Berikut...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *