Bagaimana Cara Menjadi Terkenal Sampai 2000 Tahun Kemudian?

1 min read

Kuil Artemis

Bagaimana Cara Menjadi Terkenal Sampai 2000 Tahun Kemudian?

Herostratus, orang yang sengaja membakar Kuil Artemis (salah satu dari 7 keajaiban dunia),
mengklaim bahwa ia telah melakukan ini hanya untuk ketenaran, menemukan bahwa satu-satunya cara untuk menjadi terkenal. Efesus dibuang namanya tapi ia akhirnya ditranskrip oleh para sejarawan zaman dulu.

Namun dengan demikian, namanya telah menjadi metonimia (nama yang menjadi sebuah merek) untuk seseorang yang melakukan tindak pidana agar menjadi kondang.

Kapan Herostratus Membakar Kuil Artemis?

Pada tanggal 21 Juli, 356 SM, Herostratus dalam usahanya untuk ketenaran membakar ke Kuil Artemis. Candi ini dibangun dari marmer dan dianggap sebagai salah satu bangunan paling indah di dunia.

Herostratus menyadari bahwa ia tidak bisa berbuat banyak kerusakan pada marmer itu sendiri. Namun, jika ia bisa sampai ke perabotan kayu di dalam kuil, ia akan memiliki peluang besar untuk menjadi sukses. Bukannya dia pergi meninggalkan lokasi, tetapi Herostratus malah menyumbar tentang perbuatannya.

Kebanggaan

Herostratus bangga mengklaim kredit dalam upaya untuk mengabadikan namanya dalam sejarah. Ia menyerah kepada otoritas candi dan dipenjarakan.
Menghalangi mirip berpikiran ketenaran pencari, otoritas Ephesean tidak hanya dilaksanakan, tapi juga mengutuk dia untuk warisan ketidak jelasan dengan melarang penyebutan namanya di bawah hukuman mati.

Kuil Artemis
Model Kuil Artemis, di Miniaturk Park, Istanbul, Turki, mencoba untuk
menciptakan penampilan kemungkinan kuil Artemis pertama kali.

Literatur Klasik

Ini tidak menghalangi Herostratus untuk menjdi tenar, karena namanya masih dikenang dan tinggal di dalam literatur klasik. Sebagai sejarawan kuno bernama Theopompus, telah dicatat pembakaran Herostratus dalam bukunya Hellenics.

Nama pembakar yang Efesus telah mencoba untuk menghapus demikian telah diawetkan untuk hari ini. Referensi untuk Herostratus dan pembakaran nya telah muncul dalam karya-karya penulis terkenal seperti: Chaucer, Cervantes dan Sartre.
Namanya telah menjadi metonim untuk seseorang yang melakukan tindak pidana agar menjadi terkenal. Dalam bahasa modern, istilah “Herostratic Fame” berhubungan dengan seseorang yang melakukan tindak pidana untuk mendapatkan ketenaran.

Kota Ephesus Di Turkey

Jika Anda mengunjungi Ephesus hari ini, Anda hanya dapat melihat reruntuhan fondasi
pembangunan yang luar biasa ini dari era Helenistik, seluruhnya terbuat dari marmer dan penuh dengan poros-poros dan pahatan kolom-kolom. Sisa-sisa atau puing-puing yang paling indah dari kuil ini juga dipamerkan di British Museum London

Bacaan Lainnya

Sumber: Herostratus – WikipediaMessage to EagleThe Archaeology News Network

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tempat Terkenal di Gran Canaria Kepulauan Canary Spanyol dan…

Gran Canaria, Kepulauan Canary Spanyol Apakah Anda akan pergi ke Kepulauan Canary, ke “musim semi abadi”? Temukan hal-hal penting yang harus dilakukan saat mengunjungi...
PinterPandai
10 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *