PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Toxoplasma gondii: manipulator otak kita | Apa itu? Semua tentang penyakit ini

2 min read

Toxoplasma gondii

Toksoplasmosis adalah infeksi parasit, terdapat di seluruh dunia, disebabkan oleh protozoa (organisme uniseluler) Toxoplasma gondii – dari bahasa Yunani toxon, “arc”, dan plasma, “bentuk” karena bentuknya –, yang hospes definitifnya adalah felid. Namun, selama siklus reproduksinya, parasit ini juga menginfeksi hewan berdarah panas lainnya, termasuk manusia. Sementara prevalensi toksoplasmosis rendah di Asia atau Amerika, 20 sampai 50% di Eropa selatan dan daerah lembab Afrika dan sampai 70% di Eropa barat. Parasit Toxoplasma gondii pertama kali dijelaskan pada tahun 1908 di Institut Pasteur di Tunis oleh dua dokter Prancis, Charles Nicolle dan Louis Herbert Manceaux.

Parasit ini dapat ditemukan dalam tiga bentuk:

  • bentuk vegetatif ketika sendirian dan sangat rentan;
  • bentuk kistik berukuran antara 50 dan 200μm, lebih tahan, dikelilingi oleh selaput tebal berbentuk bola yang dapat mengandung hingga beberapa ribu parasit;
  • dan dalam bentuk telur, sangat tahan bahkan terhadap pemutih, yang ditemukan di lingkungan luar dan dapat bertahan beberapa bulan di dalam tanah.

Infeksi oleh Toxoplasma gondii pada sebagian besar kasus tidak menunjukkan gejala tetapi selama kehamilan, itu merupakan risiko serius bagi janin.

Pada pasien immunocompromised (sistem kekebalan seseorang tidak sekuat dan seimbang sebagaimana mestinya)

Pada pasien immunocompromised, dapat berbentuk akut disertai demam dan dapat menimbulkan berbagai lesi (okular (mata), jantung, paru, bahkan neurologis). Dalam semua kasus, kista yang terbentuk tetap ada, terutama di jaringan otak. Selama kehamilan, risiko kontaminasi pada janin hanya terjadi jika ibu hamil tertular penyakit tersebut untuk pertama kali selama masa kehamilan. Infeksi oleh Toxoplasma gondii selama kehamilan dapat mencemari janin dan berdampak kuat pada sistem saraf pusat, menyebabkan keterlambatan psikomotor yang serius, kalsifikasi intrakranial, kejang, hidrosefalus atau sebaliknya mikrosefali, dilatasi ventrikel, modifikasi refleks, hipotonia atau hipertonia dan kerusakan mata.

Bisakah otak kita disandera oleh parasit tertentu?

Pertanyaannya diajukan! Sekarang diketahui bahwa sejumlah besar parasit memanipulasi perilaku inangnya dan fenomena ini sangat sering terjadi. Mengenai Toxoplasma gondii, ia juga mampu memodifikasi fungsi neuron untuk mempengaruhi perilaku inangnya. Memang, tim Ajai Vyas dari Stanford University mengungkapkan pada tahun 2007 bahwa Toxoplasma gondii bersarang di amigdala, area yang terlibat dalam ketakutan (lihat postingan “Predasi: masalah sirkuit saraf” oleh Antoine Besnard), dan memodifikasi reaksi tikus terhadap kucing; urin (kencing), yang bukannya kabur, malah masuk dan meningkatkan kemungkinan dimakan. Ini dapat memberikan keuntungan penting bagi parasit untuk meningkatkan peluangnya menginfeksi inangnya yang istimewa, kucing, dan dengan demikian bereproduksi dengan lebih efisien. Mekanisme seluler dan molekuler yang mendasari perubahan perilaku ini belum dijelaskan, tetapi tampaknya infeksi tersebut meningkatkan kadar dopamin di otak, yang dapat memicu pengambilan risiko yang lebih besar. Studi serupa yang dilakukan pada monyet dan manusia yang terinfeksi menunjukkan hasil yang serupa, yaitu penolakan yang kurang kuat atau bahkan daya tarik urin kucing. Pengamatan ini telah membuat sejumlah ilmuwan bertanya-tanya apa efek infeksi pada perilaku dan kepribadian manusia, terutama pada penyakit kejiwaan tertentu seperti depresi, gangguan bipolar, gangguan obsesif-kompulsif, kecanduan obat atau skizofrenia. Beberapa korelasi telah disorot antara adanya toksoplasmosis dan gangguan perilaku tertentu seperti peningkatan pengambilan risiko, reaksi yang melambat, dan perasaan tidak aman dan ragu. Namun demikian, penting untuk dicatat bahwa saat ini tidak ada bukti resmi dampak toksoplasmosis pada perilaku manusia. Dalam kasus skizofrenia, kemungkinan bahwa toksoplasmosis adalah salah satu penyebab penyakit telah dipelajari sejak tahun 1950. Perawatan penstabil mood tertentu, juga dikenal memiliki tindakan melawan toksoplasmosis, memberikan hasil yang lebih baik pada pasien skizofrenia yang terinfeksi Toxoplasma gondii. Oleh karena itu, para peneliti menyarankan dalam konteks gangguan kejiwaan tertentu untuk melakukan skrining toksoplasmosis untuk menyesuaikan pengobatan dengan lebih baik. Pada tahun 2006, sebuah artikel bahkan menyarankan bahwa prevalensi toksoplasmosis akan berdampak besar pada budaya suatu negara, cukup untuk menimbulkan pertanyaan tentang manipulasi otak kita oleh parasit tertentu!


Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan Anda lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan nasihat tentang kondisi medis.


Sumber bacaan: CleverlySmart, National Library of Medicine – National Institutes of Health, The University of Chicago Medical Center, eLife Sciences Publications Ltd

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Operasi Piring Terbang di Brazil (Operacao Prato), investigasi misteri…

Mengungkap Misteri: Kebenaran Dibalik Operasi UFO di Brasil (Operasi Piring Terbang) Menyelami inti dari salah satu operasi militer Brasil yang paling menarik dengan Investigasi...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *