Skizofrenia adalah penyakit mental yang memengaruhi bagaimana seseorang berpikir atau merasa

2 min read

Skizofrenia adalah penyakit mental yang memengaruhi bagaimana seseorang berpikir atau merasa

Penyakit Mental Skizofrenia 

Skizofrenia adalah penyakit mental yang memengaruhi bagaimana seseorang berpikir atau merasa. Penderitanya seringkali tidak bisa membedakan antara kenyataan dan sebaliknya.

Keadaan ini pada umumnya dimanifestasikan dalam bentuk halusinasi pendengaran, paranoid atau waham yang ganjil, atau cara berbicara dan berpikir yang kacau, dan disertai dengan disfungsi sosial dan pekerjaan yang signifikan.

Penyakit Mental (Gangguan Jiwa) | Daftar Penyakit Gangguan Psikologis | Macam-Macam Jenis Penyakit Mental dan Contohnya

Gejala Skizofrenia 

Ketika penyakit ini aktif, itu dapat ditandai dengan episode di mana pasien tidak dapat membedakan antara pengalaman nyata dan tidak nyata. Seperti halnya penyakit, keparahan, durasi dan frekuensi gejala dapat bervariasi.

Termasuk gejala psikotik positif: Halusinasi, seperti mendengar suara, delusi paranoid dan persepsi, kepercayaan, dan perilaku yang berlebihan atau menyimpang. Gejala negatif: Kehilangan atau penurunan kemampuan untuk memulai rencana, berbicara, mengekspresikan emosi atau menemukan kesenangan.  Selanjutnya baca: Gejala Skizofrenia Beserta Contohnya

Penyebab Skizofrenia

Suatu kombinasi dari faktor genetika dan faktor lingkungan memainkan peranan dalam perkembangan penyakit mental ini. Seseorang dengan sejarah dalam keluarga yang menderita psikosis transien atau pembatasan diri memiliki kemungkinan 20–40% untuk didiagnosis satu tahun kemudian.

Berikut adalah penyebab Skizofrenia: genetika, lingkungan, penyalahgunaan obat / narkoba, faktor seperti hipoksia dan infeksi, atau stres dan malagizi pada ibu hamil. Baca selanjutnya: Penyebab Skizofrenia Beserta Contohnya

5 Jenis Skizofrenia

Terdapat 5 jenis: paranoid, hebefrenik, katatonik, residual dan skizoafektif. Berikut jenis dan penjelasannya: Jenis Skizofrenia: Paranoid, Hebefrenik, Residual, Katatonik, Skizoafektif

Skizofrenia adalah penyakit mental yang memengaruhi bagaimana seseorang berpikir atau merasa
Skizofrenia adalah penyakit mental yang memengaruhi bagaimana seseorang berpikir atau merasa. Gambar yang menunjukkan area otak lebih aktif dalam kontrol daripada pada pasien skizofrenia selama tugas memori bekerja selama studi fMRI. Dua irisan otak ditampilkan. Sumber foto: Wikimedia Commons

Pengobatan Skizofrenia

Karena penyebabnya masih belum diketahui, perawatan berfokus pada menghilangkan gejala penyakit. Perawatan dan pengobatan skizofrenia termasuk: antipsikotik, perawatan psikososial, perawatan khusus terkoordinasi (CSC: Coordinated Specialty Care). Selanjutnya baca: Pengobatan Skizofrenia – Perawatan dan Terapi

Apakah penyakit ini bisa disembuhkan?

Skizofrenia adalah penyakit seperti diabetes, penyakit kronis jangka panjang. Penyakit ini membutuhkan pengobatan jangka panjang untuk sebagian besar pasien. Kita kemudian dapat mengalami remisi, jadi kita tidak berbicara tentang penyembuhan. Kami berbicara tentang penyembuhan ketika kami tidak lagi membutuhkan perawatan.

Hal terpenting adalah menciptakan hubungan dengan pasien, aliansi terapeutik, sehingga ia mengikuti pengobatan dan belajar memahami penyakitnya dan gejalanya. Kemudian, bisa ada pendekatan farmakologis, dengan neuroleptik dan antipsikotik yang memungkinkan untuk menyeimbangkan kembali konsentrasi neurotransmiter – termasuk dopamin – dan dengan demikian mengurangi gejala penyakit.

Sayangnya, perawatan farmakologis ini tidak terlalu efektif untuk apa yang disebut gejala “negatif”. Yang paling efektif adalah stimulasi emosi dan motivasi positif melalui perawatan psikoterapi.

Perawatan ini lebih efektif jika diterapkan dengan cepat. Intervensi dari episode psikotik pertama sangat penting untuk memperbaiki prognosis. Keterlambatan ini sebagian disebabkan oleh kurangnya pengetahuan tentang gejala, baik di sisi pasien maupun pada populasi umum, organisasi medis yang tidak terlalu efektif dalam mengidentifikasi mereka, dan stigmatisasi yang diderita pasien ini.

Apakah penderita skizofrenia berbahaya?

Kesalahpahaman yang tersebar luas adalah bahwa orang dengan skizofrenia bisa berbahaya bagi orang lain selama episode psikotik mereka. Sebagian besar dari mereka hanya berbahaya bagi diri mereka sendiri. Tetapi sekitar setengah dari pasien melakukan setidaknya satu percobaan bunuh diri.


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.

Bacaan Lainnya

Informasi penting tentang artikel kesehatan di PINTERpandai.com
Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.

Memahami Prinsip dan Operasi Utama dalam Perbankan Islam: Riba,…

Perbankan Islam mengikuti prinsip-prinsip syariah yang sesuai dengan ajaran Islam. Ini melibatkan larangan terhadap riba (bunga), mempromosikan berbagai bentuk transaksi yang adil, serta mengutamakan...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *